Sabtu, 23 Desember 2017

Ketela Pohon Al Shaheed Park Kuwait

Al Shaheed Park Kuwait
Paru Paru Kota Ditengah Kuwait City

Sudah cukup lama saya tidak mengunjungi Al Shaheed Park, sebuah taman kota terbesar di Kuwait City. Taman ini terletak di Al Soor Street tepat didepan Tijaria Tower dengan luas sekitar 200.000 meter persegi (800 m x 2.5 Km). Taman kota ini sebenarnya sudah ada sejak tahun 1960an, tapi baru saja dilakukan renovasi total. Renovasi Tahap Pertama selesai December 2014 dan diresmikan atau dibuka untuk umum kembali tanggal 3 Mar 2015. 


Ada Restaurant Juga
Malam Hari Pengunjung Lebih Dominan Remaja

Al Shaheed Park ini merupakan sarana umum yang modern dan terintegrasi. Fasilitas umum yang ada di taman ini diantaranya jogging track, outdoor theater, Museum (The Remembrance dan The Habitat), Performance Center (sarana indoor untuk pertunjukan music, concert, tari, drama, pameran seni dan berbagai macam pertunjukan kebudayaan). Dan tentu saja ada beberapa restaurant yang cukup ramai saat malam hari. Sampai saat ini untuk masuk Al Shaheed Park tidak dipungut biaya dan bisa parkir mobil gratis ditempat parkir modern yang berada dibawah taman (Undeground Parking). Meskipun hanya sebuah taman kota, tetapi tempat parkirnya setara dengan Mall besar dengan escalator dan lift menuju taman diatasnya.

Dari Al Shaheed Restaurant Ini Bisa
Berphoto Dengan Latar Belakang Kuwait City

Al Shaheed Park Tahap II baru diresmikan April 2017 lalu isinya lebih kearah aktifitas 'Anak Muda' seperti Skateboard Park, Panjat Dinding, dan berbagai macam fasilitas Interactive Games dan juga Open Air Performance Center. Lebih gegap gempita dan berisik karena isinya anak anak muda semua. Baik Al Shaheed Park I maupun Al Shaheed Park II buka mulai jam 05:00 Pagi sampai jam 10:00 Malam. Kalau musim dingin ramai sepanjang hari tapi kalau musim panas hanya ramai malam hari saja.


Lantai Jogging Track Lebih Mirip Lantai Mall
Biaya Total USD 118 Juta (USD 703.33 per Meter Persegi)

Memasuki kedua taman ini anda tidak merasa sama sekali sedang di tanah Arab, tidak terlihat sama sekali tanah gurun yang kering coklat. Semua terlihat sangat hijau dengan pohon pohon rindang yang cukup lebat dan bangku bangku taman yang tertata apik. Patung patung karya seni seniman seniman Kuwait juga tertata dengan manisnya menambah sedap dipandang mata. Kesannya memang megah, mewah dengan lantai marmer yang katanya tidak panas kalau diinjak saat musim panas. Percaya saja, karena total biayanya konon mencapai USD 118 Juta atau USD 703.33 per meter persegi dan landscapenya USD 250 per meter persegi.

Patung Apa Ini
Ternyata Di Kuwait Banyak Seniman Juga

Patung Apa Ini, Ada Onta Tapi
Ada Sepeda Motor Juga

Tetapi tetap saja, kalau sedang puncak musim panas nggak ada sama sekali orang yang nekat jogging ditempat terbuka ini. Yang panas udaranya, mungkin benar lantainya nggak panas tapi saya nggak mau nekat membuktikan. Biasanya penggemar jogging di Kuwait akan pindah ke Avenue Mall  saat musim panas karena indoor jogging tracknya sangat panjang dan lebih seger karena bisa jogging sambil lihat lihat discount dan pilihat restaurant lebih banyak. 

Ada Kolam Air Dan Berbagai Macam Karya Seni


Saat saya berkunjung ke Al Shaheed Park kemarin, ada pemandangan yang berbeda dibanding dengan pemandangan musim dingin tahun lalu. Saat ini ada tanaman baru yang cukup menarik, yaitu pohon ketela. Saya nggak tahu, dapat ide darimana pengelola taman ini kok sempat sempatnya menanam pohon ketela. Barangkali, inilah pohon ketela yang paling mujur diseluruh dunia. Setiap hari dirawat oleh staff khusus seperti layaknya merawat tanaman mahal dan langka di Kebon Raya Bogor. Tukang kebun yang merawat pohon ketela tersebut didatangkan dari luar negeri, yaitu India dan Bangladesh.  Rrruar biasah, ketela memang bukan tanaman asli gurun jadi jangan sampai mati kekeringan.

Tijaria Tower Yang Paling Depan Sendiir

Banyak Patung Patung Bagus Dan Megah
Karya Seniman Kuwait Di Taman Ini

Bisa Melihat Sunrise Juga

Petunjuk Ke Museum, Ampitheater
Atau Restaurant Cukup Jelas

Kebun Ketela Dibelakang Masjid

Hanya Di Al Shaheed Park Ini Saja Pohon Ketela
Diawasi CCTV 24 Jam

Pohon Ketela Di Kuwait Ini Barangkali Termasuk
Pohon Paling Sejahtera, Punya Perawat Khusus
Disiram Air Setiap Jam Dan Diawasi CCTV

Pohon Ketela Ini Entah Didatangkan Dari Negara Mana

Karya Seni Dari Seniman Kuwait
Banyak Di Taman Ini

Ruang Parkir Ini Berada Di Bawah Al Shaheed Park
Bisa Menampung Mobil Sekitar 800-1000an

Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan menuliskan komentar dengan bahasa yang jelas, sopan dan beradab.