Minggu, 15 Juni 2008

Prosedure Residency Permit

Kantor Imigrasi Lama Ahmadi
Sekarang Tidak Dipakai Lagu, Pindah
Ke Gedung Baru Yang Megah Dan Modern

Catatan : Informasi ini hanya sebagai petunjuk saja sebab prosedur bisa berubah tergantung siapa yang menangani. Secara umum perubahan yang mungkin terjadi kecil saja, jadi tenang dan sabar saja, ini sering terjadi dan sering membuat frustasi. Bagi Karyawan KOC, frustasi karena pengurusan administrasi seperti ini sudah dipotong 50 %, yang 50 % lagi dihadapi sendiri oleh staff passport office, tetapi tetap saja staff passport office akan memanggil anda kembali kalau ada masalah.

Photo diatas adalah kantor immigration Ahmadi. Butut. Anda nggak perlu mondar mandir kekantor tesebut karena sudah diurus KOC Passport Office. Biaya sengaja tidak saya laporkan tergantung dengan siapa anda memproses, pokoknya suka suka yang meminta, tetapi tidak jauh dengan biaya resmi, itung itung ongkos jerih payahnya lah.
  • Siapkan photo dengan latar belakang biru ukuran 4x6 dan 3x4. Jumlah tidak ingat lagi, lebih baik bawa saja sebanyak mungkin. Bagi yang berkacamata, siapkan juga photo yang tanpa kacamata. Aturannya photo tidak boleh berkaca mata, tetapi prakteknya tergantung selera petugas, biarkan saja mereka memilih sendiri.

  • Siapkan photocopy entry visa, passport, ijasah sarjana (akan ditranslate ke arabic kalau belum), akta nikah. Ingat, semua dokumen asli juga diminta, administratifnya sangat sembrono sekali sehingga kemungkinan hilang besar sekali. Perhatikan benar siapa yang membawa dokumen anda dan dibawa kemana. Selalu minta receipt atas dokumen asli yang telah anda serahkan. Kalau ijasah anda di'laminating', seringkali laminatingnya dicopot paksa sehingga ijasah rusak. Entah kenapa 'default' orang Kuwait kalau melihat ijasah di'laminating' kok selalu mencopotnya. Perhatikan benar jangan sampai ijasah anda distempel atau dicorat coret. Beberapa tahun lalu kita orang Indonesia memaksa agar ijasah tidak distempel atau diparaf apapun juga alasannya.

  • Siapkan photocopy contract kerja dengan KOC. Selanjutnya untuk pengurusan apapun kontrak kerja dan passport akan selalu ditanyakan.

  • Kontrak sewa apartment juga sering ditanyakan untuk memastikan alamat tinggal anda selama di Kuwait siapkan beberapa copy, tetapi staff passport office akan mencari jalan keluar kalau seandainya anda belum memiliki surat sewa apartment, biasanya alamat tinggal anda akan ditulis komplek perumahan KOC Ahmadi.


Kalau anda tidak punya guide berbahasa Arab akan terasa sekali mbuletnya urusan seperti ini di kantor pemerintah, untungnya KOC passport office sudah menangani semuanya.

  1. Staff Passport Office akan membimbing anda untuk pengambilan sidik jari termasuk menjemput anda di KOC Guest House. Lokasi di Sharq (dekat dengan BMW Showroom). Semua dokumen asli maupun photocopy dibawa oleh staff KOC, antrian sangat panjang tetapi 'wasta' KOC tersebut cukup ampuh untuk mem'bypass' antrian. Dengarkan saja orang ngedumel pakai bahasa masing masing. Anggap saja anda sedang mendengar bahasa 'allien'. Setelah selesai finger print, korbankan sapu tangan anda untuk membersihkan jari kalau anda tidak bawa tissue. Sabun dan air untuk cuci tangan sering tidak ada, kalau petugas tidak melihat usapkan saja jari anda ke tembok.

  2. Staff Passport office juga membimbing anda ke state medical. Semua dokumen dia yang bawa, antrian cukup panjang tetapi nggak usah ikut antrian tersebut, tahu tahu anda sudah disuruh ngantri paling depan. Dengarkan lagi suara gaduh dibelakang anda, ada 'Allien' sedang ngedumel dibelakang. Anda nggak akan tahu disuntik apa saat itu, begitu masuk langsung saja disuntik. Petugas state medical ini ada yang 'bencong', cantik dan cukup semlohe.

  3. Pengambilan Rontgen di state medical juga panjang antriannya. Anda langsung disisipkan di tengah atau depan oleh 'wasta' passport office. Baju dan kaos sudah harus dibuka meskipun kita masih ditengah tengah antrian. Semua campur, baik kuli bangunan, engineer dan manager. Kalau pas musim dinginya jelas terasa sekali dinginnya.

  4. Test telinga, golongan darah, Urine juga dilakukan di KOC Hospital sehari sebelum kita dibawa ke state medical ini. Jadi hanya dalam waktu dua hari tangan kita dicoblas coblos untuk pengambilan darah.

  5. Proses selesai, anda tidak perlu nunggu semua paperwork hasil test diatas. Tunggu saja panggilan dari passport office beberapa hari kemudian. Kalau nggak salah sekitar seminggu saja selesai dan pihak passport office langsung menguruskan Civil ID.
  6. Begitu juga untuk keluarga, semua proses diurus oleh passport office.

Semua dokumen sidik jari, state medical, aids test dipegang oleh passport office dan anda tidak akan punya copynya karena semuanya akan digunakan untuk mengurus civil id. Tanyakan kemungkinan anda mendapat copynya, syukur kalau bisa.
Yang bukan karyawan KOC bisa lihat prosesnya keluarga Pinot dibawah, pusing deh. ..Serba mbulet. (By: Ardi/susy)

Baca juga :