Sabtu, 03 November 2012

Sewa Mobil Di Eropa

Banyak Pilihan Persewaan Mobil
Book Saja Melalui Internet, Semua Bayar Di Bandara

Bisa Deg Degan Kalau
Jalan Sepi Dan Masuk Hutan
Sewa mobil untuk perjalanan wisata di negara manapun punya banyak kelebihan dibandingkan dengan ikut paket wisata melalui travel biro. Dari segi biaya, jelas jauh lebih hemat apalagi kalau satu keluarga berjumlah 4 orang atau lebih. Kalau anda ikut paket wisata, biaya akan dihitung per kepala dan anda harus tertib waktu kalau tidak ingin ditinggal oleh rombongan. Pengaturan waktu kapan harus kembali ke bus dan kapan harus menyaksikan obyek wisata diatur sangat ketat sekali karena tujuan wisata yang lain masih banyak. 



Bisa Istirahat Dan Stretching
Dimana Terlihat Banyak Mobil Parkir, Berhenti Saja


 Bisa Isi Bensin Sendiri
Bingung Adalah Bagian Dari Wisata
Yang sering menggelikan kalau ikut Paket Tour adalah menyaksikan tingkah polah peserta. Sering kali Tour Guide menggiring masuk peserta tour agar segera masuk melalui pintu depan bus, tetapi selalu saja ada penumpang yang langsung turun melalui pintu belakang. Persis kayak petani di kampung ane saat menggiring bebek agar masuk kandang. Yang perlu anda siapkan sebenarnya sangat sederhana sekali, yaitu book online dan pilih mobil sesuai yang anda inginkan. Bandingkan tarif sewa per hari dan baca teliti batas asuransi kecelakaan yang bisa dicover. Nggak usah kuatir kartu ceredit anda akan dipotong langsung karena pembayaran dilakukan di airport atau agent persewaan mobil terdekat yang anda pilih. Yang perlu anda perhitungkan cuma satu saja, Credit Card anda harus punya dana cukup karena akan digesek sebesar minimum EUR 900 sebagai jaminan. 


Bisa Berhenti Dan Melihat Pemandangan
Yang Lain Sepanjang Jalan

Bisa Lewat Jalan Pintas
Naik Ferry Kalau Ngikuti GPS
Syarat utama yang diminta cuma International Driving License, tetapi kadang kadang juga tidak diminta dan cukup hanya menunjukkan Driving License dari negara kita saja. Umumnya persewaan mobil seperti Europcar, Avis, Hertz, Budget atau yang lainnya tidak mau dibayar tunai ditempat dan hanya menerima pembayaran dengan credit card. Mungkin maksudnya bisa langsung debit sebanyak mungkin kalau terjadi kecelakaan. Perlu diingat juga, sopir pengganti harus anda beritahukan di awal dan akan dikenakan biaya tambahan sekitar EUR 25.per sopir pengganti. Anda akan kesulitan claim asuransi seandainya terjadi kecelakaan tetapi ketahuan pengemudinya bukan anda.


Bisa Bawa Bekal Makanan
Dan Makan Bersama Di Pinggir Sungai

Bisa Dandan Dan Bedakan
Sopirpun Perlu Cantik Kan ?
Biaya lain yang kemungkinan bisa muncul saat anda sewa mobil diantaranya tambahan asuransi full risk, sewa GPS, sewa tempat tidur bayi dll. Anda bisa menolak kalau tidak menginginkan. Mobil sewa anda sudah dicover oleh asuransi tetapi terbatas hanya kerusakan minor saja dengan nilai kerusakan terbatas. Kalau sampai terjadi kerusakan fatal dengan nilai kerusakan lebih tinggi dari yang dicover asuransi, maka kelebihan biaya akan menjadi tanggung jawab anda. Oleh karena itu, nggak ada salahnya bayar biaya tambahan asuransi Full Risk untuk jaga jaga meskipun kita tidak menghendaki terjadi apa apa dengan mobil yang kita sewa.


Bisa Bingung Cari Jalan
Kearah Windmollen


Jangan lupa, saat mengembalikan mobil mintalah kembali deposit yang digesek dari kartu kredit anda sebelumnya. Uang deposit akan dibayarkan kembali ke kartu kredit anda dalam waktu 2 x 24 jam. Selamat jalan jalan, ditanggung lebih menyenangkan dan hemat dibanding naik kereta api atau ikut paket wisata. Apalagi, kalau ngikut paket wisata seringkali bus berhenti ditoko souvenir yang jadi rekanan tour guide cukup lama. Udah berhentinya lama, tidak kita kehendaki lagi berhenti di toko toko yang harganya sangat mahal dibanding toko sejenis ditempat lain. Tour guidenya saja yang senang dapat komisi dari toko yang disinggahi.


Bisa Putar Balik Dan Kesasar
Kalau GPSnya Kehilangan Signal

Sebagai tambahan informasi, dengan menggunakan mobil sendiri anda bisa mengunjungi tidak kurang dari 10 negara di Eropa dalam waktu tidak lebih dari 2  minggu saja. Jangan bayangkan seperti negara kita Indonesia yang besar, negara negara di Eropa kebanyakan sangat kecil sekali dan setara dengan kecamatan / kabupaten kalau di Indonesia kecuali Jerman, Perancis dan Itali yang agak gedean (Sebesar propinsi kalau di Indonesia). Sehari perjalanan (sekitar 8 jam), anda bisa melintasi 4 negara lengkap dengan berhenti photo photoan, istirahat dan makan siang.


Bisa Bingung Kalau Bayar Parkir


Saya anjurkan untuk menyewa mobil kecil saja karena rata rata jalan di Eropa sempit dan tempat parkir berderet dipinggir jalan hanya cukup untuk mobil kecil. Tarif parkir ditengah kota sangat mahal sekali, saya parkir di Amsterdam bayar EUR 10 hanya satu jam saja. Bensin juga sangat mahal, kira kira dua kali lipat lebih harga bensin di Indonesia atau 10 kali lipat harga bensin Kuwait.


53 komentar:

  1. Wahhhh.. Seneng banget nemu blog ini.. Kebetulan aku lagi merencanakan road trip Eropa.. Ada saran kah mengenai rute yang bagus untuk ditempuh? Trus persiapan budget kira-kira berapa kah? *kalau boleh* Hehehehe.. Thanks in advance ^o^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tergantung dimana negara pertama yang anda kunjungi. Misal : Belanda (nginap 3 hari cukup) lalu lanjut ke Belgia, Luxemburg dan Paris (nginap di Paris 3 hari). Belgia dan Luxemburg cukup lewat saja dan photo photoan, negaranya sebesar kelurahan.

      Kalau mulai dari Frankfurt, bisa ke Austria, Czech dan kembali ke Germany (Berlin). atau Frankfurt, Switzerland dan Italy. Lihat google maps dan sebagai ancer ancer Belanda sebesar kabupaten, Belgia/Luxemburg/Austria/Czech sebesar kelurahan atau paling gede kecamatan. Germany dan Perancis saja yang besar.

      Hapus
  2. petualangan yang bener-bener mangstabzzzz :)

    BalasHapus
  3. Halo Pak, saya tertarik untuk ikutan europe trip pake mobil. Kebetulan sekarang saya lagi studi di belanda, kalau boleh tau Bapak dulu pake jasa sewa mobil dari perusahaan apa ya? Kemudian, perjalanan 2 minggu itu menghabiskan dana berapa euro pak untuk bensin?
    Terimakasih.

    Salam.
    Ririe

    BalasHapus
  4. PPI Belanda ya. Kenal Ayu Putri nggak ?, dia anak saya yang juga sekolah di Arnhem. Bensin sekitar EUR 1.585 - EUR 1.875 per liter. Satu tangki penuh sekitar 50 liter bisa keluar masuk banyak negara. Salam ya dengan Ayu kalau ketemu di acara PPI.

    BalasHapus
  5. bila sewa mobil berikut dengan drivernya, berapa ya tarif untuk drivernya?
    mohon infonya, terima kasih...
    salam,
    rachmad

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lihat sendiri websitenya langsung seperti europcar.com, hertz.com, avis.com, budget.com

      Hapus
  6. Salam Pak Ardi, saya ingin tanya seputar parkir. Saya berencana menyewa mobil di Jerman. Saya masih bingung soal parkir, dan karena baru pertama kali nyetir di luar Indonesia, jadi agak khawatir. Untuk di kota besar seperti Munich, apakah kita perlu mencari info utk tempat parkir dulu (parkhaus dan sejenisnya) atau bisa on the spot aja?
    dan untuk kota atau desa kecil seperti rothenburg, kira-kira berapa tarif parkirnya?
    terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Parkir bayar lumayan mahal itu kalau di pusat keramaian tengah kota saja. Di pinggir kota atau di sekitar perumahan banyak juga yang gratisan. Kota kecil banyak juga yg gratisan. Rasanya nggak perlu cari info khusus untuk tempat parkir, cuma jangan salah parkir saja. Dendanya mahalnya minta ampun. Letakkan karcis parkir didashboard yg terlihat dari kaca depan mobil

      Hapus
  7. boleh share itinerary supaya dapat 10 negara dalam kurang dari 2 minggu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ardi Dan Bunda Susy19 Februari 2016 09.40
      Buka map, mulai dari Netherland, Germany Pinggiran (Duseldorf), Belgium, Luxemburg, France. Nggak usah nginap Duseldorf atau di negara kecil spt Belgium atau Luxemburg. Berangkat jam 4 pagi nyampai Paris jam 8 malam sudah termasuk berhenti photo photoan di 3 negara tsb.

      Esok hari lanjutkan ke Switzerland, baik yanginap di Interlaken. Hari berikutnya bisa jalan ke negara kecil Austria, Hungary, Slovakia, Czech dan mobil ditinggal di Germany (Berlin Airport) kalau pegel nyopir ke Amsterdam. Terbang saja naik pesawat kembali ke Amsterdam

      Hapus

      Hapus
    2. Bisa juga mampir ke Milan, Venice di Italy sebelum naik ke atas Strasbourg Austria. Mobil tinggal saja di Airport negara terakhir tujuan. Ada biaya tambahan untuk mengembalikan mobil ke schipphol Amsterdam.

      Hapus
  8. pak punya info cari dimana sopir di amsterdam yang bisa berbahasa indonesia ya? juga info dong kalau ada local guide yg berbahasa indonesia di sana? tarifnya brp...thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Orang Indonesia banyak di Amsterdam. Jangankan orang Indonesia, bule Belanda saja sehari hari naik sepeda atau tram. Jangan coba coba sewa mobil dengan sopir yang sehari hari naik sepeda dan nggak pernah nyentuh setir mobil sama sekali. Bisa celaka anda.

      Hapus
  9. pak ardi, jadi di belanda harus punya international driving liscence? ato cukup sim mobil indonesia aja? kalo hrs punya buatnya dimana ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya di Korlantas dong.
      Baca nih :http://ardisfamily.blogspot.com/2012/07/jalan-berliku-menuju-milan.html

      Hapus
    2. pa ardi terima kasih tentang info Sim International. saya akan coba mengurusnya di korlantas. pada bulan augustus saya ingin melakukan perjalanan keliling eropa barat. semoga bermanfaat. trims

      Hapus
  10. Pak ardi..saya ada rencana ke amsterdam belgia luxemburg german paris swiss roma venice..apa bisa menyewa mobil setir sendiri..
    Brp wkt perjalanan yg diperlukan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa sewa mobil di airport, misal Schippoll Amsterdam. Lalu mobil ditinggal di negara lain. Tapi ada tambahan biaya pengambilan.
      Di Netherland 3 hari cukup. Belgia dan Luxemburg nggak perlu nginap. Sambil lewat saja saat menuju Paris. Nginap di Paris 3 malam cukup.
      Germannya mau kemana ? Nggak bisa ke German lalu ke Swiss dan Italy. YKe German berarti ke barat, kalau ke Swiss dan Italy berarti ke Selatan lewat Milan baru Venice.

      Kira kira perlu waktu 2 minggu lebih kalau mau nginap di Switzerland 3 malam dan Italy 5 malam.

      Hapus
  11. Kalo sopir sendiri di paris pusat kota, apa parkirnya tidak susah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada ring 1, 2,, 3 dst. Kalau di ring satu parkirnya muahal dan susah. Lebih bagus keliling kota naik hop on hop off bus saja. Mobilnya parkir saja di tempat yg gratisan di pinggiran kota.

      Hapus
  12. selamat pagi, wah seru yah. waktu itu sewa dimana yang dapet murah dan irit bensin? aku rencananya mau nyetir ke arah atas. dari amsterdam-bremen-hamburg-bilund legoland dan ke copenhagen. pulangnya pengen muter lewat polandia. tapi pengen juga muterin benelux sampe brussels kira2 cukup ga 2 minggu? terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pilih Dan book saja mobilnya online bisa pakai Europcar, Hearts, Avis, Budget dll. Nanti tinggal ambil di airport manapun.. Terserah mau pilih mobil yg ngirit juga bisa, Ada juga mobil yg otomatis mesin mati sendiri kalau berhenti, hemat.
      Perkirakan waktu tempuh dgn google map, 2 minggu cukup kalau jalan terus.

      Hapus
    2. boleh minta info spot2 di amsterdam yang bisa parkir gratis? aku rencananya mau ambil di Airport trus nginep di pinggiran amsterdam biar dapat parkir mobil. ada referensi ga hotel apa? makasi ya

      Hapus
    3. Di centrum bisa dipastikan nggak ada parkir gratisan. Parkir dihotel saja harus bayar. Kalau kota kecil masih mungkin ada parkir gratisan, coba cari hotel di Den Haag (Hague) yg ada parkir gratisnya.

      Hapus
  13. Pak, ada kendala buat left hand traffic buat nyetir di negara right hand traffic? Tujuannya rossglockner high alpine road & sekitaran innsburck.

    saya berencana keliling Austria nyetir, so far roadtrip saya semua negaranya LHT.

    Thanks buat trip & sarannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya pasti harus penyesuaian dulu. Paling jalan 25 Km sudah terbiasa. Nggak usah khawatir. Pindah negara aja tanda tanda traffick, cara parkir dll saja bisa beda kok. Jadi nikmati saja bingung internasional

      Hapus
    2. haha.. takut nabrak aja pak or mobil sebelah marah2 :D

      Hapus
  14. permisi Bu

    mau tanya nih

    saya berencana road trip Eropa (sewa mobil), 5 orang dewasa

    rutenya Amsterdam, Polandia, Austria, Swiss, Venice, Monaco, Milan

    APa memungkinkan ya ?

    apakah bisa menggunakan SIM A biasa dari Indonesia atau harus menggunakan sim internasional utk rute negara2 di atas

    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebelum bertanya atau pergi, mbok lihat dulu peta. Kan ada google map. Pikir sendiri, perjalanan anda itu dari kiri, kekanan, ke kiri lagi, neik, turun lalu naik lagi. Sebenarnya anda itu tahu nggak sih dimana letak venice, monaco, milan dan negara lain yang ingin anda tuju ?. Dari Amsterdam ke Poland lalu ke Austria dan Swiss itu nglewati negara mana saja ?

      SIM A jelas nggak laku, Setahu saya SIM A tidak ada yg bahasa inggris, jadi bule nggak tahu apakah itu Driving License atau kartu BPJS.

      Hapus
  15. Salam kenal pak Ardi,

    Jika dr Milan hendak ke Luzern, Titlis, Interlake dan kembali ke Milan lagi sebaiknya dengan mobil atau train? Dan apakah ada random check di perbatasan swiss?
    Kalau boleh tahu GPS yg bapak pakai apa ya? Cukup google map atau pakai Tomtom?
    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lebih bagus dengan mobil. Sepanjang perjalanan pemandangan sangat bagus.
      Nggak ada pos border lagi sekarang.
      GPS saya pakai Garmin dan pakai offline map IPhone HERE buat jalan kaki karena Garmin boros batery buat jalan kaki.

      Hapus
    2. Pak Ardi, mohon pencerahan dan sarannya tentang sewa mobil dan tips trik menyetir di eropa karena sebenarnya rute kami adalah sbb:
      Jkt-Milan-Maranello-Pisa-Genoa-Monaco-Nice-Milan selama jumat sabtu minggu pertama. Lalu stay di Milan/Venice selama 5 hari utk training tugas kantor. Selanjutnya sabtu minggu kedua menuju Milan-Interlaken-Luzern-Titlis-Milan. Terakhir Milan-Roma dengan pesawat dan pulang ke Jkt dari Roma.
      Mohon saran tentang sewa mobil dan setir menyetir karena ini menjadi trip eropa kami yg ketiga kali tapi yang pertama dengan menyetir sendiri. Sebelumnya kami sewa mobil dan driver org Indonesia (di Belanda, Jerman). Soalnya ngebayanginnya kok ngeri2 sedap gitu nyetir di negri orang setir kiri hehehe

      Terima Kasih Pak Ardi

      Hapus
    3. Nyetir mah sama aja dan nggak ada yang khusus untuk diceritakan. Kalau mobil yang disewa jenis ecodrive, biasanya bingung karena mesin mati sendiri kalau berhenti di lampu merah.

      Paling bingung sebenarnya cari tempat parkir dan cara bayar parkir. Pastikan saja kalau anda parkir ditempat parkir umum, karcis parkirnya diletakkan di dashboard. Kalau parkir di gedung, pastikan anda tahu dimana mesin buat bayar parkir. Palang pintu umumnya tidak ada penjaganya, kalau anda belum bayar di mesin, alamat palang pintu nggak mau buka dan anda akan diklakson mobil mobil dibelakang anda.

      Hapus
  16. Salam kenal mas ardi

    Mau tanya, sy rencana mau sewa mobil di eropa utk 16hr. Pengambilan dan pengembalian di tmp yg sama. Cm wkt sy cek di website hertz dll ada tulisan max penggunaan 3600km. Ga ada opsi penambahan. Wkt itu mas ardi sewa bagaimana y? Lalu utk lintas antar negara bagaimana? Apakah hrs berhenti utk periksa paspor?

    Thanka

    BalasHapus
    Balasan
    1. 3600 Km itu buanyak sekali. Kalau tujuannya wisata, perjalanan sehari paling banter 200 Km. Amsterdam Berlin sekitar 600 Km, sampai di tujuan langsung tidur. Kira kira sehari 0 - 600 Km, rata rata 100-200 km krn masuk satu obyek wisata saja bisa 3 jam mobil parkir doang.

      Kalau anda sewa mobil cuma nyopir mulu, bagusnya displit 2, jadi 8 hari x 2.
      Misal 8 hari sewa di Amsterdam, mobil ditinggal di Austria setelah itu lanjut lagi sewa di Austria dan ngembalikan di Amsterdam. Mobilnya sama, tapi ada nambah ongkos.


      Hapus
  17. Salam mas ardi, saya dan keluarga berencana liburan ke eropa dan ingin road trip. Kira-kira rute yang baik supaya bisa keliling krg lebih 10 negara di eropa dalam 2 minggu bgmn ya mas? kami kemungkinan start road trip nya dari amsterdam/ frankfurt. Terima kasih mas sebelumnya, salam..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Negara yg besar itu cuma jerman dan France saja. Amsterdam berlin cuma 5-6 jam. Setelah itu anda bisa menuju negara negara Eropa Timur dan tidak perlu harus nginap disetiap negara. Coba buka google maps dan perkirakan jarak tempuhnya sesuai tujuan yg anda inginkan untuk menentukan dimana hrs menginap.
      Dari 5 negara eropa Timur tsb anda bisa ke Milan nglewati Austria. Nginap di Milan langsung lanjut ke Switzerland. Pulang ke Amsterdam tentukan rute sendiri, mau mampir ke Paris atau Frankfurt, nggak perlu nginap di negara kecamatan Luxemburg atau kelurahan Belgia.

      Hapus
  18. Maaf mas ada yang kelupaan ditulis, rutenya bgmn ya kira2 utk bs keliling kurang lebih 10 negara eropa jika start dari amsterdam/ frankfurt? dan apa bs rutenya utk mampir ke slovakia sebentar krn kebetulan ada keperluan? Terimakasih ya mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dari Amsterdam ke Berlin 5-6 jam, nginap. Setelah itu lanjut ke negara kecamatan Eropa Timur. Nginap di Slovakia nglewati Cheko. Dari Slovakia bisa puter puter di kecamatan Hungary, Slovenia dll. Lanjut ke Milan lewat Austria. Udah berapa kabupaten ?

      Hapus
  19. Mas, saya rencana mau keliling 10hari.itu sudah nanya di rental sixt. Dannkena sekitar 1600ero. Deposit 2x lipat. Deposit itu aman? Apakah kena baret dikit dll kenanya mahal ga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Deposit itu maksudnya credit card anda cuma di lock saja, bukan didebet. Jadi aman, paling 24 jam sudah normal kembali setelah mobil dikembalikan.

      Harga sewa tsb sdh termasuk asuransi standard, artinya untuk menala gi kerusakan minor tidak lebih dari EUR 200 (kira kira). Kalau kerusakan lebih dr itu anda tetap hrs bayar sisanya. Tetapi anda ditawari juga untuk nambah biaya asuransi full risk kalau mobil dicuri maling atau total damage.

      Hapus
  20. Wow.. anda sangat baik hati menjawab semua orang yang bertanya.
    Anda sangat luar biasa, saya tidak usa bertanya saja sudah dapat banyak info.

    Saya merasa di bless dgn ada nya pertanyaan dan jawaban.
    Semoga anda juga di bless oleh Tuhan.

    Thank you for info.

    BalasHapus
  21. Pak bagaimana dengan koneksi internet nya ?
    Bapak menggunakan apa ? Atau ada saran lain.

    Salam.

    BalasHapus
    Balasan
    1. GPS nggak perlu internet, anda bisa sewa GPS sekaligus saat sewa mobil.
      Kalau mau pakai internet di gadget anda, beli saja SIM Card pra bayar di mesin mesin yg ada di airport.

      Kalau nggak mau pakai keduanya, dowload aja Offline Map ke iphone anda. Saya pakai offline apps HERE

      Hapus
  22. Pak Ardi, bagaimana menyiasatinya kalau saya hanya 7 hari di paris tapi ingin jalan ke negara2 tetangganya dengan sewa mobil dr bandara tapi dalam syarat visa harus punya booking hotel padahal sudah diniatkan 6-7 hari itu maunya jalan terus keliling negara2 paling kalau capek berhenti di SPBU atau mini market sekedar istirahat sejenak ... apakah skenario itu memungkinkan? apakah saya harus tetap punya bookingan hotel selama 6 malam itu ? Tks.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya cari saja booking hotel yg free cancellation, misal pakai booking.com atau yg lainnya. Umumnya sehari sebelumnya masih bisa cancel. Cuma booking doang nggak bayar, Pembayaran hanya saat check in. Book sebulan sebelumnya dan gunakan buat ngurus visa.

      Hapus
  23. PAK ARDI,BAGAIMANA CARI PARKIR YG GRATIS?KR SY SDH PERNAH SETIR DILUARNEGRI.UJUNG2NYA PARKIRNNYA MAHAL SEKALI.BGMN MENYIASATI KL DIKOTA ITU TAK ADA FREE PARKIR?LALU EROPA ITU SETIR KEMUDI SAMA DG INDO ATAU DG USA?
    THX
    DINA

    BalasHapus
    Balasan
    1. Parkir gratis itu di pinggiran kota dan bisa juga di perumahan penduduk. Tapi tidak semua bisa grstis ada tempat tertentu yg nggak bayar.

      Kalau bisa dapat parkiran gratis, silahkan jalan kaki ke halte bus kota atau Tube Train (kalau ada yg dekat). Lalu bandingkan ongkos naik tube atau bus dgn biaya parkir. Nyaris nggak ada bedanya kan, kecuali pegel dan pening aja jalan kaki nyari stasiun.

      Hapus
  24. Wah dapet juga bacaan trip europe pakai mobil...pak, mau nanya yang di maksud supir pengganti itu bagaiamana? Harus ada atau jika bagaimana perlu hire/bayar supir pengganti?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau sewa mobil, mobil yang anda sewa itu diasuransikan atas nama penyewa yaitu anda sbg sopirnya. Tidak boleh ganti sopir karena semua klausul asuransi akan gugur kalau ternyata sopirnya orang lain.
      Jadi kalau dalam perjalanan istri/suami anda pingin nyopir juga, maka harus didaftarkan sebagai sopir kedua agar hak hak asuransi nggak hilang jika terjadi kecelakaan.

      Hapus

Silahkan menuliskan komentar dengan bahasa yang jelas, sopan dan beradab.