Senin, 09 Juni 2014

Onta Dan Gajah Ramadhan

Hiasan Bedug Saat Ramadhan
Di  Ambarukmo Hotel Yogyakarta

Sebentar lagi memasuki bulan Ramadhan. Kalau di tanah air, suasana bulan Ramadhan sangat meriah sekali. Mall mall dan hotel hotel penuh dengan dekorasi ramadhan dan lebaran. Biasanya dekorasi didalam Mall mall dan hotel di Indonesia berupa bedug, ketupat, patung orang salaman dan terkadang Patung Onta juga.

Kalau Ada Onta Didalam Mall
Artinya Di Indonesia

Kayaknya sih biasa dan normal normal saja menyaksikan Onta saat ramadhan di Mall dan Hotel di tanah air. Untuk bedug, ketupat dan patung orang salaman sih nggak jadi masalah karena memang tradisi orang Indonesia saat ramadhan memang begitu, mukul bedug saat maghrib, makan opor ketupat saat lebaran dan salaman.

Onta Ramadhan Di Salah Satu Mall
Di Jakarta - Apa Hubungan Ramadhan Dengan Onta

Tapi, memasukkan Patung Onta kedalam Mall dan hotel saat ramadhan itu ide dari mana ??. Hampir 15 tahun saya tinggal di Timur Tengah nggak pernah saya melihat patung onta disangkut pautkan dengan Ramadhan. Apalagi naik pangkat dimasukkan Mall dan Hotel bintang 5. Apa hubungan Onta dengan Ramadhan ?.

Ini Di Kuwait - Apa Hubungannya
Ramadhan Dengan Gajah

Di Kuwait, suasana Ramadhan di mall mall dan hotel nggak ada bedanya dengan hari hari biasa. Nggak ada kemeriahan Ramadhan seperti di Indonesia. Bulan Ramadhan itu bukan bulan untuk bergembira ria, tapi untuk belajar prihatin dan berkumpul dengan keluarga. Sehingga saat bulan ramadhan kebanyakan penduduk asli Kuwait malah berada dirumah.

Gajah Ramadhan
Kenapa Orang Indonesia Nggak Meniru Arab Saja
Kan Gajah Dari Sumatra

'Marhaban Yaa Ramadhan' dan 'Minal Aidin Wal Faizin' juga tidak dikenal sama sekali di Arab. Dua kalimat yang sangat terkenal di Indonesia ini nggak ada satupun yang tahu maksudnya. Pernah saya mengucapkan dua kalimat terkenal tersebut ke orang orang Arab Kuwait, Mesir, Lebanon dll. Semuanya kompak menjawab :
'No...No...Not Arabi, 
'Just Say 'Ramadhan Mubarak' 
'Say Eid Mubarak, Finish !!!'.
Lah...lalu dari mana asal dua kalimat tersebut ?. Jangan jangan sama dengan Onta didalam Mall diatas. Hanya imajinasi orang Indonesia tentang suasana Ramadhan di Arab.

Bangga Bisa Photo Dengan Latar Belakang Gajah


Disini, yang sering terdengar adalah 'Ramadhan Kareem', 'Ramadhan Mubarak' atau 'Mubarak Alaikom Al-Shahar', bukan Marhaban Yaa Ramadhan. Yang paling umum dan paling sopan adalah 'Mubarak Alaikom Al-Shahar'. Sedangkan 'Min Alaideen Wa Alfayzeen' atau 'Minal Aidin Wal Faizin'  bisa dimengerti sebagian orang Arab meskipun pada mlongo dulu untuk mereka-reka maksudnya. Cukup katakan  'Eid Mubarak' saja sebagai ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri.

Photo Photoan Dengan Gajah Ramadhan
Bikin Macet Jalan Saja

Entah dapat ide dari mana orang orang Indonesia. Pokoknya kalau ramadhan semua dekorasi mall, hotel sampai kartu ucapan lebaran semuanya identik dengan Onta.

Saya jadi teringat juga Nasi Kebuli, makanan terkenal di kalangan warga keturunan Arab di Indonesia yang katanya khas Arab. Silahkan cari diseluruh penjuru Arab kalau bisa menemukannya. Di Arab sini nggak pernah saya menemukan makanan dengan nama Nasi Kebuli. Yang ada dan sangat mirip namanya Majabus, Mandi Lahm atau Biryani.

Dapat Ide Dari Mana Ramadhan Menghias
Mall Dengan Gajah

Sebenarnya yang aneh bukan orang Indonesia saja. Orang Arab juga cukup aneh dan bahkan kelewatan anehnya saat menyambut datangnya bulan Ramadhan. Kalau di Indonesia Onta jadi dekorasi utama Mall dan Hotel sepanjang bulan Ramadhan, di Kuwait dekorasinya cukup Patung Gajah saja. Tepatnya keluarga Gajah. Ada bapak Gajah yang paling besar sendiri, Ibu Gajah yang sangat gemuk dan dua anak anaknya yang lucu.

Habibie...Datanglah Ke Indonesia
Jangan Heran Melihat Onta Jadi Hiasan Ramadhan

Karena di Arab nggak ada Gajah sama sekali, sudah tentu semua orang nonton dan photo photoan dengan latar belakang patung Gajah saat melihat ada Patung Gajah didalam Mall. Bikin macet jalanan hanya gara gara ingin melihat Patung Gajah.

Ramadhan Sale - Mango Mania
Di Lulu Hypermart Qurain

Hebatnya lagi, gajah gajah tersebut digambarkan sedang makan mangga seolah olah makanan utamanya hanya Mangga saja. Yah, memang seperti itulah bayangan, imajinasi atau gambaran orang Arab tentang Ramadhan. Sekelompok Keluarga Gajah yang Sakinah dan Mawaddah terlihat begitu bahagia saat menyambut datangnya bulan Ramadhan.

Segala Macam Mangga Dari Srilanka, India
Thailand, Mesir, Brazil Dan Indonesia Didatangkan Untuk
Menyambut Datangnya Bulan Ramadhan

Ada Juga Mangga Golek Dari Indonesia

Baca Juga :

7 komentar:

  1. buk,klo pendapat saya,unta dengan bulam ramdhan sedikit banyaknya masih ada hubungannyalah ato masih sedikit nyambung,karena timur tengah ada unta,kota umat suci agama islam di mekkah kan.. tapi kalo datagnya bulan ramadhan saja gajah apa hubungannya??????????????nhahahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gimana lagi sudah turun temurun orang Indonesia menggambarkan suasana Ramadhan dengan dekorasi Bedug, Ketupat dan Onta. Padahal orang Arab sendiri nggak ada yang seperti itu, malah Gajah yang jadi hiasan :)

      Hapus
  2. Hehehe..
    Bener apa hubungannya coba?
    nice report, jadi kangen suasana ramadhan di negara arab sana…oh ya ramadhan ini 'Buka'nya sekitar jam 1/2 8 malem ya di kuwait?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iftar atau waktu berbuka di Kuwait sekitar jam 18:45an. Nggak ada apa apa saat Ramadhan malah jauh lebih sepi dibanding hari biasa karena penduduk asli cenderung didalam rumah bersama keluarga. Menjelang Ramadhan seperti saat ini yang cukup ramai.

      Hapus
  3. Bapak gajah yang paling besar, ibu gajah yang paling gemuk & dua anak gajah yg lucu-lucu. * koq seperti keluarga mbode Susy ya komposisinya* Ups keceplosan ^_^. lucu bude ceritanya wkwkwk....

    BalasHapus
  4. bagus banget deh ada onta dan gajah ramadhan lucu banget

    BalasHapus

Silahkan menuliskan komentar dengan bahasa yang jelas, sopan dan beradab.