Kamis, 05 April 2012

Selir Nabi Dan Jamban Sorga

Toko Parfum - Banyak Terdapat
Di Sekitar Masjid Di Mekah

Orang Arab Saudi umumnya tidak secanggih Kuwait dalam hal berbahasa Inggris, tetapi mereka lebih lancar berbahasa Indonesia dibanding Arab lain dinegara sekitarnya. Perhatikan saja kalau anda datang ke Medinah atau Mekkah, dengan mudah anda akan mendengar :

'Mari ibu silahkan masuk harga murah...',
'Lima riyal dapat tiga murah murah...' atau
'Tidak boleh ibu, jangan ditawar lagi harga sudah paling murah ....'.

Semua Arab ditoko toko apapun di Madinah dan Mekkah sangat lancar mengucapkan bahasa Indonesia, terutama angka angka dan beberapa kata seperti diatas. Mantapkan saja kalau anda ingin berangkat ke Saudi, semua lancar berbahasa Indonesia.


Jemaah Umroh Indonesia
Ngantri Belanja Parfum

Tetapi saking banyaknya orang Indonesia yang datang ke Saudi, baik yang bekerja, umroh maupun haji, maka selalu saja ada yang iseng ngajari arab dengan kosa kata yang tidak benar. Saya cukup kaget ketika melintas disebuah toko di Mekah dan disapa dengan bahasa Jawa halus :

'Monggo Ndodok Bu....'

Sambil tangannya mempersilahkan masuk dengan gerak lembut ala kraton Solo. Setelah saya usut ternyata maksudnya 'Silahkan masuk ....' padahal arti sebenarnya 'Silahkan jongkok'. Langsung saya mampir sambil memberi penjelasan sedikit bahwa 'Monggo ndodok' hanya cocok diucapkan untuk remaja atau anak anak. Kalau berbicara dengan orang tua harus menggunakan bahasa Jawa 'Kromo Inggil' yang lebih halus lagi.

'Monggo Ndelosor Bu....' atau
'Monggo Ndelosor Pak.....'

Dan Arab tersebut mengingat sambil mengulang ulang kalimat baru tersebut berkali kali. Dia tidak tahu kalau arti sebenarnya 'Silahkan tiarap....'


'Malaikat Subuh'
Baunya Terlalu Keras

Di sebuah toko parfum didepan Masjidil Haram saya sempat mampir untuk membeli oleh oleh. Penjualnya ramah sekali meskipun brewokan seperti preman. Belum sempat berbasa basi, si penjual sudah mengeluarkan tester parfum dan mengoleskan ketangan saya.

'Ini harum bu, namanya Malaikat Subuh...'.

Hah...., siapa pula orang Indonesia yang ngajari nama nama aneh seperti ini. Karena kita sekeluarga suka wewangian yang berbau kayu, maka langsung saya tanya 'punya tidak yang berbau kayu ?. Jawabannya membuat saya tersenyum :

'Ada ... langka dan mahal...., nama Air Kayu Kuldi. Buah kuldi dimakan nabi Adam.....  kayu kuldi jadi parfum... tinggal satu botol....'.

Kalimat yang diucapkan cukup panjang, tetapi terlihat sekali menghapal.....


Ini Dia 'Jamban Sorga' Yang
Sangat Mahal

Ketika saya tanyakan yang berbau segar, langsung dikeluarkan 3 botol sekaligus dan namanya cukup kontroversial yaitu Harem Sultan Mandi, Selir Nabi dan Jamban Sorga. Siapa yang ngajari kosa kata tersebut tampaknya tidak perlu diusut. Dari namanya saja kita sudah tahu betapa harumnya Harem Sultan kalau baru keluar dari kamar mandi, dan juga tidak perlu diusut nabi mana yang punya selir berbau segar dan harum. Tetapi, parfum yang bernama Jamban Sorga benar benar mengganggu pikiran saya. Air Jambannya saja baunya harum bukan main apalagi sudut sudut sorga yang lain. Pantas saja banyak yang ingin masuk sorga. Akhirnya saya putuskan untuk membeli masing masing satu, 'Malaikat Subuh', 'Selir Nabi' dan 'Jamban Sorga'. Siapa tahu suatu saat nanti kesampaian masuk sorga  dan mengambil sendiri air jambannya meskipun saat ini baru bisa mencium baunya saja.


Baca Juga Cerita Cerita Sekitar Umroh Dibawah Ini :

13 komentar:

  1. hahaahahaah jamban sorga .... jamban neraka ada enggak bu ya ..coba tanya am premannya ..aneh-aneh kwkwkwkwwkw

    BalasHapus
  2. hahahhaha, lucu ya, jamban sorga, selir nabi, semoga suatu saat saya bisa menjalankan hajj seraya beli jamban sorga itu. :D

    BalasHapus
  3. Lama-lama bisa gila yak baca tulisan Ibu, cengengesan dewe, mesam-mesem dewe...

    BalasHapus
  4. bu....klo ane psan parfum jamban sorga bissa ndak bu ya???

    BalasHapus
  5. Ibuuu.. Ngakak abis baca blog nya. Bookmarks dulu ahhh

    BalasHapus
  6. Mba ceritanya lucu dan menyegarkan. Sala kenal dari flo di jakarya. Aku kesasar ke blog mba, sangat beruntung aku.

    BalasHapus
  7. Bunda, yg lucu, "ndlosor" nya itu loh, bunda termasuk oknum2 yg mblusukkan fellows2 brewok itu, bun, tanggung jawab, buuunn...

    BalasHapus
  8. Bener jadi ketawa ketiwi sendiri persis orgil... Lagi dong , buun...

    BalasHapus
  9. Ya ampunn.. asli bacanya pake ngakak gegulingan.. *lebay... huahahahha..

    BalasHapus
  10. Ada yg comment, lama2 bisa gila baca blognya Ardi's family stories ini, nguakak n cekikak cekikik dewe, Seruuu..

    BalasHapus
  11. asli... dari sekalian artikel posting ini yang bikin saya tertawa terbahak2

    jamban sorga

    LoL

    BalasHapus
  12. Ass, ada minyak malaikat subuh gak

    BalasHapus

Silahkan menuliskan komentar dengan bahasa yang jelas, sopan dan beradab.