Senin, 04 Agustus 2008

Telephone Dan Internet

Jasa telephone dikelola oleh Ministry Of Communication. Sampai saat ini telephone/fax masih gratis selama pembicaraan masih didalam Kuwait (Local Telephone), cukup hanya mbayar biaya pemasangan saja, tetapi pembicaraan interlokal terasa sangat mahal sekali dan celakanya pada saat mendaftar sambungan baru diminta deposit KD 500 kalau diberi akses sambungan internasional. Alternative lain agar bisa sambungan international adalah membeli "interkey" atau "telecard", cukup memasukkan PIN langsung bisa akses international. Kartu ini banyak dijual di kios kios telephone di Fahaheel, Sultan Centre, Kantor Pos dengan harga KD 2.5 - KD 10 atau Gold Card yang dapat diisi ulang dengan menggunakan Kartu Kredit.

Wartel juga banyak tersebar dimana mana, dan umumnya menyediakan jasa sambungan international melalui internet (VOIP) juga, sehingga sangat murah sekali karena pakai VOIP. Tetapi awas, sama halnya seperti di Indonesia, VOIP juga dilarang di Kuwait. Jadi kalau anda datang ke Wartel, hati hati tanyakan layanan VOIP ini, biasanya anda langsung dibawa ke ruang tersendiri dibelakang. Wartel yang jelas jelas punya Wasta (semacam 'orang kuat' Kuwait yang membackup bisnis ilegal) saja yang berani terang terangan melayani VOIP. Kantor Pos juga punya layanan telephone umum international..

Biaya pemasangan telephone rumah sekitar KD 30 saja setahun. Tetapi lihat saja kantor telepon pada gambar diatas, disamping butut sangat susah sekali mencari petugas kalai kita mau pasang telpon. Gedung sebesar itu nggak ada petugasnya pada saat jam kerja, sehingga kita harus kuat kuatan nunggu di gedung tsb sampai petugas datang.tanpa rasa bersalah sama sekali. Jangan sakit hati atau marah kalau cuma nunggu 2 - 3 jam, anda akan dilayani juga meskipun harus nunggu. Ikuti saja kalau seandainya diminta datang keesokan harinya.

Kode untuk IDD di Kuwait adalah 00 dan kode negara Kuwait adalah 965. Untuk wilayah Salwa nomor telpon selalu diawali dengan 56, Fintas dan Mahboula 37, Ahmadi 39 dan Kuwait City 24. Kalau menginginkan sambungan internet melalui line telpon bisa berlangganan 'Hot Telephone' atau Net2Phone, tetapi petugas akan mengecek jaringan telephone kita dulu ke rumah untukmemastikan bisa 49.3 kbyte.

Buku telpon tidak ada dan anda tidak diberi pada saat ndaftar telpon, tetapi kalau anda ingin memiliki, bisa dicari di toko buku, misal Jarir Bookstore. Ada beberapa macam buku telpon ini, misal Kuwait Pocket Book. Operator telephone selular ada 3 saja yang saya ketahui yaitu MTC (Mobile Telecom Company) atau lebih dikenal dengan Zain, Wataniya dan Viva. Untuk berlangganan internet 3G melalui kedua operator ini diperlukan biaya sekita KD 70, dimana KD 15 dipakai untuk mbayar langganan bulan 1 dan sisanya untuk harga USB Modem. Eezee Card juga ada dan bisa juga dipakai untuk masuk airport lounge. Warung Internet banyak tersebar dimana mana dan biasanya selalu penuh. Biaya sewa internet di Warnet sekitar KD 1/jam. Operator wireless internet juga banyak seperti Qualitynet atau yang lainnya. (Ard)