Sabtu, 24 Juli 2010

Ke Turkey Dengan Visa On Arrival

Ini baru joss, mulai tanggal 26 Juni 2010 yang lalu pemegang passport Indonesia sudah bisa berkunjung ke Turkey dengan Visa On Arrival, demikian juga sebaliknya bagi warga Turkey yang mau berkunjung ke Indonesia juga tidak perlu rumit rumit, cukup berangkat dan visa bisa diproses di bandara kedatangan. Maksimum tinggal dengan Visa On Arrival ini adalah 30 hari. Persetujuan untuk membuka pintu kedua negara lebar lebar ini ditanda tangani oleh presiden Indonesia Susilo bambang Yudoyono dan presiden Turkey Abdullah Gul ini bertujuan untuk membuka seluas luasnya perdagangan dan pariwisata seperti yang ditulis dalam harian Hurriyet Daily News tanggal 29 Jun 2010.

Cukup menggembirakan, karena Turki terletak tidak terlalu jauh dari Kuwait dan merupakan tujuan wisata utama hampir sebagian besar penduduk Kuwait. Obyek wisata di Turki sangat banyak sekali, mulai dari ujung Antalya, Cappadocia, sampai Istanbul sangat bagus dan punya nilai sejarah tinggi. Yang sedang heboh sekarang adalah temuan kapal Nabi Nuh di gunung Ararat yang konon 99 % diakui kebenarannya.

Tetapi yang saya benar benar senang berkunjung ke Turki adalah bercampurnya budaya Asia dan Eropa, Bersalju dimusim dingin dan tidak sepanas Kuwait dimusim panas, dan banyaknya peninggalan sejarah Islam, Kristen, Romawi dan adanya bekas istana Constantinopel yang dulu saya ketahui hanya dari buku sejarah SD saja.

Ilustrasi yang ada ditulisan ini adalah bagian dalam Aya Sofya, sebuah bangunan bersejarah di Sultan Ahmet Istanbul yang benar benar mencatat sejarah pergantian kekuasaan mulai jamannya Byzantium, Constantinopel, Ottoman dan saat ini sebagai Museum. Awalnya adalah sebuah gereja tetapi kemudian sempat dijadikan Masjid sejalan dengan kejatuhan Constantinopel dan berkuasanya Usmaniyah (Ottoman). Baik lukisan lukisan kristen maupun tulisan tulisan ayat Quran didinding sampai saat ini masih terlihat dan dilestarikan. Yang membuat saya tertegun lama adalah saat melihat sebuah gentong air besar yang tampak sekali nilai sejarahnya karena pernah diubah ubah dari sekedar hiasan, pot bunga, dan sebagai padasan tempat air untuk berwudlu. Dan juga Mihrab menghadap Kiblat yang terletak diatas meja altar. Lihat gambar diatas.

Ada kemudahan lagi untuk jalan jalan wisata ke segala penjuru Turki. Mulai 17 April 2013, semua pemegang passport Indonesia bisa mengurus e-Visa online dan bisa selesai dalam waktu 24 jam saja. Baca link dibawah.

Baca Juga :

103 komentar:

  1. Dear Ardi,

    boleh tau ngak VoA ini syaratnya apa aja? Lebih aman mana, urus visa dr sini atau on arrival? Ada kemungkinan ditolak nggak?
    Dan ada persyaratan khusus misalnya harus muslim, dsb.

    Saya ada rencana ke Istanbul, tapi berhubung bukan muslim jadi agak takut ditolak. Mohon infonya yah..:)

    BalasHapus
  2. Syarat VOA sama saja dengan Visa kunjungan, misal bukti booking hotel di Turki, Tiket pulang pergi. Bawa juga pasphoto 4x6 kalau seandainya diminta. Visa tidak ada hubungannya dengan agama atau ras, jadi apapun ras dan agama anda tetap bisa masuk, kecuali untuk negara yang tidak punya hubungan diplomatik dengan Turki. Negara tertentu meminta Travel Insurance juga, setahu saya Turki belum minta travel insurance.

    BalasHapus
  3. nanya dong, berapa jumlah uang minimal yg harus kita bawa jika ke Turki? minta rekening koran ato bukti tabungan gak?

    BalasHapus
  4. Di negara manapun tidak ada imigrasi yang menanyakan status keuangan kita. Yang ditanya cuma berapa hari kunjungan, menginap dimana dengan bukti booking hotel, tiket pulang ada atau tidak dengan bukti. Kadang kadang ditanya travel insurance tetapi sering kali tidak. Jadi, nggak usah bawa uang tunai juga bisa, cukup credit card atau cash card.

    BalasHapus
  5. mau nanya,sy rencana ke turki desember ini
    untuk liburan,tapi tinggalx di tempat teman di fethiye,bisa urus voa tanpa bukti booking hotel ya..??
    makasih infox..^^

    BalasHapus
  6. Bisa, selama ini cukup antre di loket VOA di airport, tunjukkan passport dan distamp setelah anda diphoto langsung. Mengenai menginap dimana tidak harus dengan menunjukkan bukti booking hotel asal anda tahu benar alamat dan nomor telpon tempat tinggal anda. Tiket kembali juga kadang ditanya dan kadang tidak. Dalam persyaratan VOA tidak ada aturan tertulis harus dengan bukti.

    BalasHapus
  7. aku mau nanya, aku rencana mau berangkat ke turki tp mendadak, rencana nya aku berangkat 11 februari... aku br pertama kali ke luar negeri, kalau k turki naik pesawat yg langsung turkish airline atau yg bgus dan murah yg gmn ya? mohon masukan dan bantuan nya ka :))

    BalasHapus
  8. Cari saja pesawat yang langsung ke Turki misal Turkish Airways. Transit Dubai juga bisa kalau ada tiket yang lebih murah (Emirates atau Etihad). Hati hati, ada beberapa negara yang mengharuskan punya Transit Visa meskipun hanya berhenti beberapa jam saja di airport karena harus pindah terminal, misal semua negara Schengen di Eropa.

    BalasHapus
  9. Assalamualaikum, wr, wb
    Mas Ardi..Aku slalu up date blog ini..luar biasa..dari mulai aku dapat Job Offer di Equate sampai sekarang sudah kerja 1 bulan di Equate...Rencanaku udah dapat Civil ID kuwait mau bawa keluarga dari Indo ke Kuwait...Istriku rencananya ingin wisata ke Turki..
    Untuk Visa On Arrival ke turki berlakunya sampai tahun kapan ya?
    takutnya sampe bandara turki visa on arrivalnya (VOA) sudah di cabut pemerintah, di imigrasi Bandara kuwait di syaratnya apa?

    BalasHapus
  10. Sudah banyak rekan kita di Kuwait yang berangkat ke Turki dan mengurus VOA di Ataturk dan Sabiha Istanbul. VOA merupakan kerjasama bilateral dua negara untuk meningkatkan turisme dan perdagangan, jadi jangan kuatir, berangkat saja

    BalasHapus
  11. Mas Ardi, kalau ke Turkinya lagi 'Iedul Fitri,
    sulit nggak ya boooking hotel (di Istanbul-nya).
    Dan, bisa nggak kita pakai booking on-line secara mendadak sesaat begitu tiba di Airport Istanbul. Atau kapan sebaiknya kita booking? Mungkin ada referensi Hotel mana di Istanbul yang murah tapi nyaman mas...

    BalasHapus
  12. Hotel saya sarankan mencari di daerah Sultan Ahmet, tinggal jalan kaki ke Aya Sophia, Blue Mosque, Topkapi Palace, Grand Bazaar dll. Semua hotel diarea Sultan Ahmet umumnya kecil dan murah tapi bagus dan bersih. Kira kira setara Hotel Melati karena letaknya di kampung atau gang kecil.
    Silahkan memilih melalui Booking.Com

    BalasHapus
  13. pak,

    saya rencana mau stay dan kerja di turki. kebetulan ada teman dsana. apa bisa hanya memakai voa ? atau hrs pakai visa kerja lagi ??

    BalasHapus
  14. VOA untuk transit sementara, contohnya kunjungan wisata atau kunjungan keluarga. Bukan untuk kerja. itulah sebabnya masa berlakunya pendek.

    BalasHapus
  15. Infonya dong, apakah akbil itu bisa digunakan utk semua tranportasi di turki, dimana dan bagaimana cara mendapatkannya?

    BalasHapus
  16. Mas Ardi,
    Saya mau tanya nih,kalau ke turki apakah diperlukan visa lagi dan gak bisa on arrival visa?
    kenapa info nya kok simpang siur apakah sudah di cabut agreement INA-Turki? kami mau pergi bulan juli jadi 2011. mohon info nya Mas?Terimakasih.

    BalasHapus
  17. Kalau anda ragu, urus saja visa di embassy Turki terdekat. Sampai saat ini saya belum pernah tahu ada hubungan bilateral antar negara cuma beberapa bulan saja, jadi tidak mungkin VOA dicabut. Jadi, info yang anda dapat banyak bohongnya daripada benernya.

    BalasHapus
  18. Terima kasih Mas Ardi atas sarannya, saya cek kembali di website turki embassy disitu tertulis:ordinary passport holder may get entry visa upon on arrival in airport....
    Makasih banyak

    BalasHapus
  19. assalamualaikum..boleh nanya ya :D kemaren saya sempat apply visa untuk 3bulan tapi ga di accept sama turkish embassy padahal semua berkas yang diminta sudah saya lengkapi. Malah disaranin VOA aja, saya berangkat tanggal 26 juni dan tiket pulang 15 sept.. gimana caranya saya bisa perpanjang visa ya? apa saya mesti keluar dulu dari turki trus masuk lagi atau mungkin ada cara lain tanpa saya harus keluar dari turki? Mohon info… terima kasih

    BalasHapus
  20. Betul, karena sudah ada VOA maka embassy Turki tidak mau ngurus lagi. Masalahnya VOA hanya berlaku sebulan saja artinya anda harus keluar sebelum expired. Kalau anda datang atas nama perorangan tidak ada pilihan lain selain keluar, tetapi kalau atas undangan perusahaan, minta saja perusahaan yang memperpanjang karena harus ada paperwork dari perusahaan yang mengundang juga.

    BalasHapus
  21. dear ardi, saya kebetulan menemukan blog ini krn sedang mencari info ttg visa masuk ke Turki. Saya WNI dan tinggal di Bld berencana berlibur ke TUrki bln Sep yad. Blognya bagus sekali, informatif dan menarik... Slm kenal

    BalasHapus
  22. enaknya bisa mengunjungi banyak negara di timur tengah..hehe...itu negara-negaranya tetangga an yah?
    saya tertarik tentang tulisan tentang masjid qisas tadi..
    greatt !!

    BalasHapus
  23. Mas adi,maaf saya mau nanya ya..? saya belum pernah keluar negeri sama sekali tp saya sudah punya pasport. persyaratannya apa aja untuk mendapatkan Visa buat berkunjung ke turki..? Mohon dijelaskan sejelas jelasnya, makasaih

    BalasHapus
  24. oh yach mas, apakah saya perlu sponsor? karena saya diundang pacar untuk datang ke turki. Persyaratannya apa aja untuk jd sponsor saya. Apa yang harus dilakukan agar tidak ribet. Makasih

    BalasHapus
  25. Gaguk Is Stambul17 September 2011 09.00

    VOA hanya untuk tujuan wisata atau kunjungan singkat. Untuk longterm (menetap) harus punya ikatan keluarga dulu (surat nikah untuk istri dan akta lahir untuk anak). Untuk kasus anda tidak ada cara lain selain short term VOA.

    BalasHapus
  26. Mas Ardi sudah pernah nulis syarat VOA di link dibawah ini

    Syarat VOA

    BalasHapus
  27. thanks bangeeett ya infonya. saya rencana akan berkunjung ke turkey di awal mei 2012 . info yang sangat berarti.untuk hotel2 yg enaq dan murah dan di city center bolehh dong infonya

    BalasHapus
  28. Kalau senang melihat peninggalan sejarah seperti Aya Sophia, Blue Mosque, Topkapi Palace dan semua tempat tempat historic cukup dengan jalan kaki saja silahkan mencari hotel di Sultan Ahmet. Hotelnya kecil seperti losmen, bersih dan bagus untuk keluarga.

    Tetapi kalau suka shopping barang barang branded, saya sarankan sekitar Taksim.

    Silahkan melihat melalui booking.com

    BalasHapus
  29. Mas, saya baru pertama kali akan ke Turkey. mengenai VOA berapa ya biayanya?terus persyaratan lengkapnya apa saja ya? mahal mana ngurus VOA atau ngurus visa di Indo? mengenai pelayanan dari kantor imigrasinya, lebih ramah dan nyaman di Turki atw di indo ya? terima kasih sebelum dan sesudahnya ^^

    BalasHapus
  30. Turki : 30 days - Visa On Arival
    Visa On Arrival untuk warga Indonesia baru ditanda tangani oleh president Susilo Bambang Yudoyono dan Abdullah Gull pada 29 Juni 2010. Biaya sekitar USD 25 per pasport. Baca http://ardisfamily.blogspot.com/2008/12/pemegang-pasport-indonesia-bisa-kemana.html

    BalasHapus
  31. haii...aq mau nanya klo Turki mata uangnya pakai apa ya?? Lira Turki apa Euro?? makasih info nya yaa pak Ardi

    BalasHapus
  32. Baik Lira maupun Euro keduanya bisa dipakai. Old Lira sudah tidak bisa dipakai lagi. Beberapa tahun lalu Turki melakukan denomination, angka nol dalam mata uang old lira dikurangi sehingga saat ini new lira menjadi pecahan kecil. Old Lira seperti mata uang Rupiah sekarang, kebanyakan nol (ribuan atau jutaan).

    BalasHapus
  33. hi mas ardi, maaf aku mau tanya tentang visa ke turkey rencananya aku mau pergi pas idul fitri 2012,aku cari info ada yg blg udah bebas visa tp ada jg yg vov, aku jd bingung...tlg infonya donk n syarat" apa saja buat dptin visanya dan apa prlu bukti tabungan ? thanks

    BalasHapus
  34. Kalau ragu, datang saja ke embassy Turki dan buat Visa disana. Paling nggak sampai seminggu sudah jadi. VOA banyak dimanfaatkan orang indonesia yang sibuk atau terlalu malas ngurus ke embassy, bisa jadi dikotanya tidak ada konsulat atau embassy. Biaya dan syarat bisa dilihat dijawaban comment diatas

    BalasHapus
  35. Terima kasih banyak mas... Informasi dlm blog Mas Ardy & Family ini sangat berguna dan membantu saya sewaktu traveling ke Isntabul tgl 9 - 16 Feb kemarin. Sebelum ke Turki sempat kelimpungan juga nyari informasi yang akurat ttg Turki akirnya nemu blog Mas Ardy ini.

    BalasHapus
  36. Keluarga yg ideal...lutju...bahagia...

    BalasHapus
  37. salam. thanks pa ardi dan keluarga
    blog nya benefit others
    selamat berpuasa..
    saya dan istri mau ke turki dan albania..bernagkat insyaAllah tanggal 9 juli 2012..
    bingung nyari visa news di mbah google,,alhamdulilah ketemu blog njinengan..
    saya lagi ambil s3 di johor UTM
    tinggal di malaysia, nanti kalo main ke johor
    inform ya..
    terimakasih

    eusoff yendo afgani
    orang pagar alam dinegera ipin upin

    BalasHapus
  38. teman saya lagi disana sekarang,,,,saya pengen nyusul tapi belum waktunya.hehehe

    BalasHapus
  39. mas Ardi,
    apakah VOA ini berlaku hanya untuk passport dinas/diplomatik atau juga bisa untuk passport biasa?
    thanks atas infonya

    BalasHapus
  40. Mas Ardi,
    Saya Reza. dalam waktu dekat rencananya saya akan traveling ke kayseri(Turkey) dan menginap di tempat kenalan selama 35-40 hari. Menurut teman saya VOA bisa extended di Istanbul, apa benar?
    Trims atas responnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ribet dan buang energi ngurus perpanjangan dari dalam negara. Mending keluar Turki sebentar dan masuk lagi dengan VOA baru. Umumnya VOA hanya bisa 2 atau 3 kali setahun saja.

      Hapus
  41. salam mas Ardi...
    mohon informasinya mas mengenai kota Izmir
    kebetulan saya ada kegiatan pameran disana...
    informasinya mengenai akomodasi standart, sewa kendaraan, dan baiknya saya urus visa di jakarta atau VOA?
    terima kasih mas

    salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, jauh dari Istanbul, Ankara atau Antalya kira kira sekitar 500 - 600 Km (8 jam naik mobil). Saya nggak pernah ke Izmir. Proses saja Visa di embassy Turki Jakarta. Mungkin di airport Izmir tidak bisa VOA. Setahu saya VOA di airport Ankara dan Istanbul saja kecuali anda transit dulu di kedua airport tsb. Sewa kendaraan dan hotel bisa booking online melalui booking.com.

      Hapus
  42. pak Ardi, postnya bermanfaat sekali. Saya ingin tanya sedikit. saya sudah punya tiket Jkt-Turki PP untuk bulan depan, dan berencana mampir ke Eropa juga. Jadi saya masuk Turki 2 kali. apakah bisa dengan VoA? atau harus urus visa turki di Jakarta? mohon pencerahannya ya pak, terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak ada limit berapa kali dalam setahun bisa buat VOA. Yang jelas setiap buat VOA bayar. Lebih baik anda tanyakan saat buat VOA pertama kali supaya bisa distamp multiple entry daripada anda buang waktu ngantri. Biasanya VOA nggak bisa dipakai multiple entry.

      Hapus
  43. nice info mas..tp beneran mas,gak pake nunjukin bukti booking hotel n cuma tau alamat yg bakal buat stay disana udah cukup?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tiket pulang pergi wajib ditunjukkan untuk membuktikan bahwa anda tidak overstay. Booking hotel hanya untuk memastikan bahwa anda tidak tidur di masjid, kadang ditanya dan seringkali tidak tergantung petugasnya. Travel insurance juga sering tidak itanya sama sekali. Tapi kalau anda punya ketiga syarat diatas, maka anda bisa lebih tenang saat ngantri VOA di airport.

      Hapus
  44. Good info Pak Ardi. Tapi saya ada beberapa pertanyaan nih, boleh yah :)
    kl kerja di wilayah timur tengah atau lebih jelasnya Turki apa aman-aman sj ya bwt pekerja? mksudnya tindak kekerasan yg sring trjdi spt di negara Arab Saudi itu sering gak? Soalnya sy ada rencana mw krj di Turki.Trus untk krj disna gmn biar bisa dpt visa kerjanya? dan kehidupan pnduduk disn bagaimana, ramah aja ato gimna? thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tampaknya pengetahuan tentang Dimensi Ruang anda kurang sekali. Anda baca berita selalu berita yang serem serem. Yang namanya Negara itu luas, apalagi Timur Tengah. Contohnya berita tentang peristiwa Bom Bali di Indonesia. Kalau yang anda pikirkan Indonesia maka anda akan berasumsi seluruh Indonesia tidak aman, kalau pikiran anda Pulau Bali maka seluruh pulau tidak aman. Padahal kejadian sebenarnya hanya disebuah Cafe di salah satu jalan sempit di Kuta saja. Jadi, jangan percaya dengan berita. Saya ke negara manapun aman aman saja seperti Iraq, Bahrain, Lebanon, Syria. Kalau anda baca berita tentang Saudi tentang orang digebugi atau dihukum mati, mereka itu satu diantara jutaan penduduk yang kriminal. Di Jakarta saja banyak kenapa anda tenang tenag saja ?

      Hapus
  45. Tulisan yang meanrik.. :)
    Salam kenal pak Ardi, saya baru sebulan tinggal di Kuwait di daerah Free Trade Zone dan kerja di konsultan interior. Mau nanya nih utk ke Turki kalo sekitar 5 harian biaya akomodasi yang perlu disipain ( utk pesawat, public transport slama di turki, hotel dan makan) brp ya ? dan maskapai yg recommended apa? Soalnya planing liburan tahun depan mau kesana, so bs nabung dr sekarang.. mohon bantuannya.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang tahu selera pesawat,hotel, dan jenis restaurant kan anda sendiri. kalau selera anda Hilton - Penthouse Floor, Pesawat First Class, wisata saat Peak Season dan Tour Guide pakai Ladies Escort khusus, pasti anda bukan level backpacker seperti saya. Lihat saja di google banyak.

      Hapus
  46. Wah blog yang menarik dan membantu, saya InsyaAllah bulan June mau ke Turkey ...ni masih mau ngurus pasport dlu tapi hehe...kalo pasport yang 24 halaman bisa apa nggak masuk Turkey mas? apa harus yang 48 halaman?...thanks infonya

    BalasHapus
  47. Dear Pak Ardi,
    Sekedar ingin berbagi update, bahwa sekarang Turki sudah menawarkan visa elektronik ke Indonesia. Gampang, hanya perlu isi formulir lewat internet, bayar dgn kartu kredit, dan jadi dalam 24 jam!

    Sumber: http://www.turkindorus.com/visa-elektronik-turki-kemudahan-baru-untuk-warga-indonesia/

    BalasHapus
  48. Pengen jalan-jalan ke turkey.. moga Allah kasih rezeki buat kesana, makasih udah share artikel ny Gan...
    Wassalam

    BalasHapus
  49. Dear pak ardi,

    Pak ardi mau nanyak kalau pembuatan VOA IDR berapaan yah? sekalian mau nanya kalau untuk tiket pesawat yg murah ke sana maskapai apa? rencana aku mau bagpacker kesana selama 3 hari ajasi. Thanks yah mas ardi :)

    BalasHapus
  50. makasih infonya pak , saya rencana mau ke german tapi ribet ngurus visa ,,kira kira kalau lewat turkey naik kereta api ke paris atau german bisa ngga ya? perjalanan saya rencana cuma seminggu baru balik dgn kereta lagi ke istanbul ,saya pernah baca di salah satu blog di internet cara ke eropa tanpa visa sebaiknya lewat Turkey ,,, thanks mohon infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sangat bisa sekali kalau masuk perbatasan dimasukkan kardus atau koper apalagi kalau lewat cargo :). Monggo dicoba....

      Hapus
    2. He he, aneh aneh aja pergi keluar negeri dimasukkan kardus. Tapi menarik juga kalau ada yang mau mencoba, nanti saya tulis pengalamannya masuk kardus di blog ini deh.

      Hapus
  51. bagus sekali blognya pak Ardi,saya ada rencana ke turki bulan 12 ini tp sy ada di abudhabi dan ingin langsung ke turki lwt abudhabi apakah VOA masih tetap berlaku...di tunggu infonya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. VOA dan eVISA turki jelas masih valid sampai saat ini. Baca seluruh tulisan tentang turki melalui link category di atas. Emangnya ada negara yg buat aturan imigrasi untuk beberapa hari saja :)

      Hapus
  52. Assalamu'alaikum wr.wb

    Pak Ardi & Keluarga,insya Allah dalam waktu dekat bulan November kami ingin ke Turki dengan cara backpacker.Mohon maaf karena jika ikut travel ditawarkan sekitar 21 juta/orang selama 11 hari. Kami ingin backpacker saja berdua dengan isteri saya. Mohon penjelasannya,apakah jika ingin berlibur selama 4-5 hari,dari Indonesia,cukupkah dg biaya 35 juta? Kami sudah punya passport.Harga hotel dekat Sultan Ahmet apakah ada yang semalam kalau di Indonesia Rp 750.000?Jazaakumullah khairan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hotel pilih disekitar Sultan Ahmet, hotelnya kecil sekelas losmen tapi bagus dan bersih. Obyek wisata semua ngumpul di Sultan Ahmet. Nggak usah pakai tour guide, bawa GPS sendiri atau bawa peta wisata dari hotel. Cari sendiri hotelnya di booking.com atau semacamnya. Duit anda sebesar itu sangat cukup. Tiket pesawat saja pilih hari yg tepat dan bukan saat peak. Visa baca link diatas tentang evisa.

      Hapus
    2. Hotel pilih disekitar Sultan Ahmet, hotelnya kecil sekelas losmen tapi bagus dan bersih. Obyek wisata semua ngumpul di Sultan Ahmet. Nggak usah pakai tour guide, bawa GPS sendiri atau bawa peta wisata dari hotel. Cari sendiri hotelnya di booking.com atau semacamnya. Duit anda sebesar itu sangat cukup. Tiket pesawat saja pilih hari yg tepat dan bukan saat peak. Visa baca link diatas tentang evisa.

      Hapus
  53. saya mau tanya mas ardi....jika saya ingin ke turky dalam waktu 3 bulan dalam rangka kunjungan keluarga sebaiknya saya menggunakan visa apa? dan dimanakh harus mengurusnya...thank's before

    BalasHapus
    Balasan
    1. Visa turis. Bisa diurus online pakai eVisa, VOA atau diurus di embassy. Baca yang bener semua tulisan diatas dan linknya.

      Hapus
  54. salam kenal
    mohon informasinya, teman saya dari Iraq ingin berkunjung ke Indonesia, apakah bisa menggunakan VOA ? atau apakah bisa lewat Turkey untuk VOA nya? terima kasih atas Informasinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pertanyaannya nggak jelas. Yang dimaksud temannya warga negara apa, mau proses VOA masuk ke Indonesia atau masuk Turki ?.

      Hapus
    2. teman saya warga negara Iraq

      Hapus
  55. Dear Pak Ardi,
    Mohon sharingnya, ada beberapa hal yg saya mau tanyakan. Sebenarnya saya lebih senang jlan sendiri dibandingkan dengan tour, tp ibu saya ragu jika tidak dgn tour pergi ke Turki. Maunya biar ibu saya lbh yakin, jd mohon sharingnya.

    1. Apakah komunikasi bisa hanya dengan bahasa Inggris, dgn supir & pedagang?
    2. Dalam kota sebaiknya menggunakan bis ato alat transportasi lain?
    3.Jika mau pindah kota apakah sebaiknya menggunakan bis atau dengan transportasi lain?
    Terima kasih sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komunikasi bisa pakai bahasa Jawa http://ardisfamily.blogspot.com/2012/07/sopir-bus-istanbul-semua-bisa-bahasa.html
      Kalau tinggalnya di Sultan Ahmet cukup jalan kaki karena semua obyek wisata berada di daerah ini. Untuk ke tempat lain didalam kota Istanbul bisa pakai Metro, Trem, Bus Way atau Taxi.
      Pindah kota tergantung kotanya, bisa naik pesawat, bus, ferry atau kereta.
      Nggak usah pusing dengan tour guide, semua hotel ada desk tour jadi ikut rombongan bus saja kalau mau tour diluar kota Istanbul. Didalam kota, cukup jalan kaki dan naik trem kalau tinggalnya di lingkungan obyek wisata Sultan Ahmet

      Hapus
  56. mau tanya kalau sekarang kan katanya ke Turki pake e visa jadi yang visa on arrivalnya masih tetap bisa berlaku kalau mau ke Turki atau memang harus e visa?

    BalasHapus
  57. Pak saya mau tanya mengenai VOA apakah masih berlaku di Turki untuk WNI setelah e visa diberlakukan atau tetap harus menggunakan e visa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih berlaku. Kalau ada kemudahan e-Visa kenapa masih mau ngantri VOA di bandara ?. Tapi nggak apa apa, kadang orang sering aneh aneh.

      Hapus
  58. Mas Ardi, boleh referensi simcard lokal yg oke utk berlibur di istanbul? Krn kami bergantung sekali pada google map, dan mohon info harganya.. kmd apakah di istanbul audah tersedia free wifi yg mudah di akses? Thx b4 atas informasinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wifi jelas ada dimana mana. Rwanda saja ada apalagi Turkye, emangnya Indonesia aja yang maju telekomunikasinya :). SIM Card bisa dibeli di airport, banyak.

      Hapus
  59. maaph pak saya mw tanya informaasi ini pertama kali say ke turki akhir bulan ini dalam kunjungan melihat pacar,,,mohon informasinya ini pertama kali saya keluar negri...
    1. bandara ngurah rai bali bisa melakukan VOA,dimana saya membuat visa dan apa saja syaratnya pak?saya membuat nya di terminal keberangkatan apa terminal kedatangan?

    2.saya menggunaka penerbangan qatar airways dan akan transit di singapore dan doha,,apakah kedua negara tersebut membutahkan visa transit pak?

    mohon infonya ya pak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. VOA jelas diurus di bandara Turki, bukan di Indonesia.
      Singapore dan Doha tidak perlu visa transit selama anda tidak keluar dari gate internasional.

      Hapus
    2. trimakasih pak,,syarat kita mengisi VOA di terminal Atatur Istanbul biasany apa saja yan diminta pak...sistem in i masih berlaku kan pak,,trimakasi

      Hapus
    3. Standard saja, passport, ticket pulang dan bukti tinggal di hotel mana (kadang nggak ditanya)

      Hapus
  60. Assalamuallaikum…salam kenal dengan keluarga ARDI , rencananya Desember ini kami sekeluarga ingin berlibur diTurky dengan menggunakan jatah tiket pesawat Garuda Airline namun GA tidak ada yang langsung ke Turky melainkan kami harus transit di Belanda baru kami ganti pesawat dengan turky air dari belanda ke istambul pertanyaan saya apakah kmi sekeluarga harus mengurus visa schengen walau hanya transit di schipol.Terimakasih infonya sangat membantu ohh yah satu lagi untuk tour city ke capadocia dan pakulele ada pilihan dan harga nya berapa kalau bisa yang murah .

    BalasHapus
    Balasan
    1. ANda harus keluar dulu karena ganti pesawat, artinya perlu Schengen Visa.

      TRANSIT NETHERLAND (NL)
      Visa required.
      TWOV (Transit Without Visa):
      Holders of onward tickets transiting by the same or first connecting aircraft:

      Tour banyak, cari saja brosur di lobby hotel atau tanyakan resepsionis

      Hapus
  61. Dear Mas Ardi

    Saya masuk melalui turki, rencana ingin ke Paris dan Venesia, amsing2 satu malam, sayangnya saya membeli tiket PP Turki. apakah ke 2 negara tersebut membuat Visa dari Indo atau VOA? rencana pakai pesawat atau kereta. Thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anda perlu Schengen Visa untuk masuk Perancis dan Italia. Lihat jarak kedua kota tujuan anda melalui google maps, mustahil naik kereta kalau masing masing cuma sehari. Pegel dijalan dan sampai di tujuan paling tidur.

      Hapus
  62. Salam kenal pak Ardi. mohon petunjuknya, saya bersama keluarga berencana mau umroh tanpa agent, kmdn lanjut perjalnan ke mesir dan turkey. apa yg hrs sy siapkn. selain tiket pp, akomodasi hotel, visa. denger2 ada hal2 yg ribet ya, apalagi saat musim lebaran. klo berkenan mau minta no telp pak Ardi. terima kasih banyak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selama visa sudah ditangan artinya anda nggak akan dapat masalah berarti. Di Jeddah setelah proses pemeriksaan passport di imigrasi kemungkinan akan dapat masalah karena anda datang sendiri. Passport anda harus di register oleh petugas berseragam putih hitam, maksudnya hanya untuk memastikan anda punya transportasi ke Mekah, disediakan bus. Tapi seringkali passport diumpetin atau dilemparkan dari tangan ke tangan lain dgn tujuan supaya anda mau mengeluarkan uang suap untuk menyerahkan passport kembali.

      Hapus
  63. Mas Ardi bagaimana prosedur yang harus dilakukan di bandara setelah check in bagi yang ingin menggunakan VOA? Apakah harus melapor lagi ke imigrasi atau bisa langsung berangkat? Saya hendak ke timur tengah untuk berlibur atas undangan teman. Jadi segala biaya dia yang akan menanggung. Apakah ini bisa disetujui atau saya harus memiliki uang sendiri?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Loket VOA selalu berada sebelum pemeriksaan imigrasi di bandara Turki. Di bandara Indonesia petugas check in cuma tanya mana Visa Turki. Jawab saja VOA di Turki airport. Jadi anda siap bawa USD untuk bayar VOA di airport Turki. Kalau mau gampang, urus saja e-VISA, lihat link BACA JUGA di bawah tulisan diatas. Moga moga teman anda bisa membuatkan E-VISA dan mbayari dari Turki.

      Hapus
    2. Terima kasih banyak atas informasinya mas Ardi. Oh iya bagaimana jika saya tiba di bandara turkey dan saya ingin menelpon teman saya? Apakah disana ada fasilitas telpon umum? Atau ada counter di bandara yang menyediakan pembelian kartu telpon yang bisa saya gunakan selama di Turkey?

      Hapus
    3. Ribet dan heboh amat. Ikuti prosedur standard. Minta dijemput di pintu kedatangan, beritahu nomor pesawat. Kalau berdalih macem macem nggak usah berangkat. Gitu aja kok repot.

      Hapus
  64. mas ardi salam knal saya arie.mas mau nanya kl pakai e visa bisa di pakai untuk inteview kerja disana gak?say cum 5 hari di turki,abis nya saya mengajukan visa interview tidak ada respon 3 minggu padahal senin tgl 6 april saya mau brkt,saya sudah di bookingin hotel dan tiket pp turkish airlines.mohon bantuan nya mas info nya.makasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau sudah masuk Turki terserah anda mau jungkir balik juga boleh. Nggak akan ada yang nanyain visa anda apa. Silahkan saja interview. Tapi kalau anda diterima kerja, anda harus pulang ke Indonedia dulu untuk melengkapi persyaratan visa kerja/permanent residence

      Hapus
  65. nyari nyari info tentang Visa On Arrival, hehe.. dapat disini. makasih banyak jadi lebih mantap mo nyoba Visa On Arrival

    BalasHapus
  66. Selamat Pagi Pak Ardi

    Saya rencana ke Eropa dgn Turkish Airlines,,tapi pesawatnya transit di Istanbul 3 jam pak sebelum terbang lagi ke Eropa. Kalau hanya transit saja di Turki dan tidak keluar airport,,apakah saya tetap harus bayar VOA? atau bagaimana pak ya? mohon penjelasannya pak,,terimakasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Istanbul ada dua bandara, Ataturk dan Sabiha Gokcen. Kalau transit anda pindah airport berarti anda harus buat visa karena perlu perjalanan sekitar 1 sampai 1.5 jam untuk ke bandara tsb.
      Tapi kalau transitnya nasih di bandara yg sama, anda bisa tidak keluar airport dan langsung menuju terminal keberangkatan.

      Hapus
  67. Ow begitu ya pak... Saya transitnya di Ataturk airport. Terimakasih banyak atas penjelasannya pak Ardi.

    BalasHapus
  68. Mas ardi rencananya tahun 2016 sy ini mau umroh, maksud sy 6 hr umroh sisanya 3 hr sy mau mampir ke Turki, yg sy tanyakan dari makkah ato Jeddah ke Turki naik apa ya? Kl pesawat yg low price apa ya? Lalu belinya saat sy di Indonesia ato saat di Jeddah bisa? Terimakasih,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bandingkan saja al-jazeera airways, kuwait airways, emirates, ittihad, air arabia, mea,gulfair dll. Semua pesawat ada penerbangan jeddah istanbul. Ada yg langsung ada yang transit. Belinya jelas jauh hari saat anda di indonesia. Kalau saat di jeddah jelas kehabisan tiket karena jalur padat.

      Hapus
  69. Mas Ardi, apa bisa saya mengurus visa holiday di Indonesia dulu nanti kalau sdh di Turki br di urus visa kerjanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anda bisa masuk pakai evisa atau voa turis dulu ke turki sekitar sebulan saja. Kalau anda langsung kerja berarti ilegal. Anda tetap harus mengurus visa kerja dari luar. Visa turis nggak bisa diconvert jadi visa kerja.

      Hapus
  70. Mas ardi tolong infonya kalo saya mau tinggal 6bulan atau 1tahun di istanbul visa apa yang harus saya gunakan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. nggak ada di Turkey. Bisa didenda nanti kalau overstay.

      Hapus
  71. mas ardy kalau visa kerja lama stay nya bisa berapa bulan ya di istanbul? mksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Entry visa untuk tinggal permanent atau kerja masa berkaku 3 bulan setelah itu anda hrs ngurus residency permit didalam dgn KTP tersebut berarti anda sdh sama dgn penduduk lain. Nggak ada sebenarnya istilah visa kerja, yg ada entry visa untuk kerja atau tinggal permanent. Umumnya residency permit bisa renewable

      Hapus

Silahkan menuliskan komentar dengan bahasa yang jelas, sopan dan beradab.