Sabtu, 13 September 2008

Kehidupan Beragama

Gereja Ahmadi
Tanpa Lonceng Tanpa Salib

Meskipun Kuwait adalah sebuah negara Islam, tidak seperti Saudi Arabia, Kuwait jauh lebih tolerant terhadap agama atau kepercayaan lain. Hal ini seperti terlihat adanya beberapa gereja Kristen Protestan maupun Katolik dibeberapa tempat. Beberapa gereja yang saya ketahui diantaranya adalah Anglican, St. Paul’s Church, Presbyterian, National Evangelical Church, Roman Catholic, Church of the Holy Family, Church of our Lady of Arabia. Bedanya dengan di Indonesia, gereja gereja tersebut mempunyai bentuk bangunan yang tidak jauh berbeda dengan bangunan disekitarnya, dan terasa sekali sangat menghargai lingkungan sekitarnya yang mayoritas Islam, misal tidak memasang tanda salib atau atribut agama lain diluar gedung atau di atap bangunan gereja, tidak terdengar suara gaduh sound systemnya dan aktifitasnya nampaknya telah dimodifikasi sedemikian rupa sehingga tidak terlihat ada aktifitas pada hari Minggu karena hari Minggu adalah hari Kerja di Kuwait. Salah satu yang sering saya perhatikan adalah gereja di dalam komplek KOC di Ahmadi (lihat gambar atas), nampak banyak yang ke gereja terutama sore dan hari Sabtu saja.

Masjidnya Bagus Bagus
 Karena di Kuwait banyak sekali pendatang dari India, sudah tentu yang beragama Hindu juga dominan meskipun India yang datang ke Kuwait juga banyak yang beragama Islam, terutama dari daerah Kerala. Sampai saat ini saya masih belum bisa melacak keberadaan pura pura Hindu di Kuwait, tetapi perkiraan saya mereka melakukan aktifitas keagamaan di rumah rumah. Atau barangkali saking menghargai mayoritas lingkungannya maka pura agama Hindu juga tanpa plang nama dan atribut Hindu Juga.

Masjid Al Khabir
Masjid Agung Kuwait

Kalau masjid, jumlahnya luar biasa banyak, hampir setiap 100 meter ada masjid. Dan semuanya bisa dikategorikan lux kalau dibanding dengan di Indonesia. Tempat wudhu bersih dan semuanya dilapisi karpet berbulu tebal. Tampaknya masjid disini 100 % didanai oleh pemerintah Kuwait, terlihat sekali pada bulan May 2008 sampai Aug 2008 ini hampir semua masjid di renovasi, tidak peduli masjid dan karpet masih bagus, pokoknya semua diganti baru. Exterior juga berubah lebih kinclong sekarang dan tampaknya dana dari pemerintah turun secara serentak ke hampir semua masjid di Kuwait.

Masjid Paling Unik Di Kuwait
Dekat Scientific Center
Mengenai orang yang datang ke Masjid, wah hampir selalu penuh dan macam macam misal India, Pakistan, Lebanon, Mesir dan masih banyak sekali warga negara GCC atau afrika berkulit hitam, dan sesekali terlihat bule berkulit putih juga ikut sholat. Tampaknya yang sholat dari berbagai macam aliran juga, ada yang dengan grakan tangan digoyang goyangkan waktu sholat dan entah apa lagi dan hebatnya mereka semua jauh lebih rukun dan menghargai perbedaan dan lebih mengutamakan persamaan dari yang di Indonesia. Sampai saat ini belum pernah saya mendengar ada cerita berantem seperti di Indonesia yang secara umum sangat mencemarkan agama Islam sendiri. (susy/Ard )


Baca Juga :