Rabu, 26 Februari 2014

Murah Meriah Mobil Baru 2014 Tanpa DP

Honda All New City 1.8  E A/T 2014
Di Indonesia Rp 294 Juta Di Kuwait hanya Rp 137 Juta
Kurs Feb 14 KD 1 = Rp 41.000

Saya dendam kesumat sampai saat ini. Beberapa tahun lalu saya dan suami mampir ke showroom mobil mewah di Pacific Place Jakarta. Suami saya sempat menanyakan berapa harga mobil yang warna kuning, staff marketing yang sedang berdiri didekat mobil tersebut dengan singkat menjawab 'Mahal....' setelah itu ngeloyor pergi entah kemana. 

"Mas, kalau tanya harga mobil basa basi dulu dong. Pura pura serius dan tertarik, lalu lihat lihat dulu dan setelah itu baru tanya harga. Jangan lewat lalu langsung tanya".

Honda CRV 2,4  L A/T 2014
Di Indonesia Rp 418 Juta Di Kuwait hanya Rp 265 Juta
Kurs Feb 2014 KD 1 = Rp 41.000

Di Kuwait, saya tidak pernah mengalami kejadian yang sama seperti di Indonesia. Contohnya saat saya jalan jalan di kawasan show room mobil di daerah Al-Rai Kuwait. Mulai dari showroom mobil China sampai showroom mobil super exclusive ada didaerah ini dan semua staff marketingnya berlomba lomba memikat konsumen tanpa melihat penampilan luar calon konsumennya. Tapi sebenarnya saya bisa maklum kenapa nasib saya seperti ini kalau di tanah air. Wajah dan penampilan saya dan suami memang 'Kere' dan sangat memprihatinkan.

Honda All New Civic 1.8  L A/T 2014
Di Indonesia Rp 372 Juta Di Kuwait hanya Rp 183 Juta
Kurs Feb 2014 KD 1 = Rp 41.000

Ada sebuah Mall besar didaerah tersebut, tepatnya di 4th Ring Road, Al Rai - Safat. Namanya Al-Ghanim Mall. Beda dengan Mall Mall lain yang pernah saya kunjungi, Mall ini 70 % berupa showroom mobil Honda, Chevrolet dan Cadillac. Sisanya yang 30 % seperti  Mall yang lain yaitu hanya berupa showroom barang elektronik, home furniture dan lain lain. Mari kita simak harga harga mobil di Kuwait dan kenapa 'Kere' bisa beli mobil 'super mewah' tanpa harus menjadi koruptor di Kuwait.

Honda Accord VTi 2,4  L A/T 2014 (4 Pintu)
Di Indonesia Rp 668 Juta Di Kuwait hanya Rp 247 Juta
Kurs Feb 2014 KD 1 = Rp 41.000

Seperti biasa saya jalan jalan di mall ini untuk cuci mata sambil buka dan tutup pintu mobil seperti pengunjung yang lain. Seorang staff langsung mendekati dan menceritakan kehebatan mesin dan design mobil Honda Accord Sport yang saya amat amati.

"Madame... kamu sangat cocok pakai mobil ini, modelnya sporty sangat cocok untuk ibu muda cantik seperti anda"

Blaik !!!, hidung saya langsung kembang kempis. Baru kali ini saya dipuji sebagai 'Ibu Muda cantik'. Rasanya langit seketika runtuh dan saya megap megap sesak napas dan ngos ngosan tertimbun dibawahnya.

"No, I just sight seeing. I don't have enough money to buy your car"

Honda Crosstour 4WD EX-V6 3.5   A/T 2014
Di Indonesia Nggak Ada Di Kuwait hanya Rp 348 Juta
Kurs Feb 2014 KD 1 = Rp 41.000

Rupanya, si staff marketing ini punya jurus rayuan maut yang lain. Saya disuruh duduk manis dan menunggu sebentar sambil diberi berbagai macam brosur warna warni.
"Don't worry madame. No need your money, no down payment, just sign this paper", sambil menyodorkan selembar kertas pemesanan. Kalau setuju dan mau tanda tangan pemesanan hari ini juga, mobil dan surat surat akan siap hanya dalam waktu dua hari kerja saja.
"What ????". 
Tentu saya pura pura kaget, padahal sebenarnya saya sudah tahu kalau proses ngutang di Kuwait sangat mudah sekali. Cukup menunjukkan Civil ID (KTP) dan Surat Keterangan Gaji dari perusahaan pemberi kerja (Salary Certificate) maka langsung bisa bergaya dengan mobil baru.

Honda Accord VTi 2,4  L A/T Sport 2014 (2 Pintu)
Di Indonesia Nggak Ada Di Kuwait hanya Rp 305 Juta
Kurs Feb 2014 KD 1 = Rp 41.000

Marketing Staff ini rupanya mencoba menjajaki kemampuan mengangsur konsumennya dan berusaha mencari tahu dengan pertanyaan pertanyaan menyelidik.

"What's your daily car madame"

Langsung suami saya turun tangan. Kunci mobil dinas kantor dikeluarkan dari kantong. Terbaca dengan jelas CHRISLER C300  digantungan kunci. Dan reaksi staff marketing langsung lain dan berubah.


"Oh, Mari ikuti saya..., Honda kurang bagus buat madame". 

Ternyata saya digiring ke showroom mobil Cadillac. Ternyata orang Arab juga plin plan, tadi mengatakan Honda bagus, tetapi setelah itu berubah jadi kurang bagus hanya karena melihat gantungan kunci.

Honda Accord VTi 2,4  L A/T Sport 2014 (2 Pintu)
Di Indonesia Nggak Ada Di Kuwait hanya Rp 305 Juta
Kurs Feb 2014 KD 1 = Rp 41.000


Cara jual beli mobil di Kuwait sangat mudah sekali dicerna. Misal, kalau saya tertarik untuk membeli mobil yang berharga KD 5000 cash dan ingin beli dengan cara installment (mengangsur), maka mobil tersebut akan ditawarkan ke konsumen dengan harga (misal) KD 6000 (Keuntungan dealer KD 1000). Terserah mau diangsur satu tahun, dua tahun atau 5 tahun akan sama saja. Anggap saja kredit 60 bulan (5 tahun) maka angsuran cukup 6000/60 atau KD 100 per bulan (setara dengan Rp 4.1 Juta per bulan kalau kurs KD 1 = Rp 41000).



Honda Pilot V6 3.5  EX-L A/T  2014
Di Indonesia Nggak Ada Di Kuwait hanya Rp 411 Juta
Kurs Feb 2014 KD 1 = Rp 41.000

Berapa minimum gaji per bulan yang bisa untuk kredit mobil tanpa DP ?. Ternyata gampang sekali ngitungnya. Di Kuwait batas garis miskin (semacam UMR kalau di Indonesia) adalah KD 400. Untuk bisa dapat Driving License (SIM) gaji harus diatas KD 400. Artinya, selama gaji diatas KD 400 maka bisa untuk kredit mobil tanpa DP. Anggap saja gaji bulanan KD 1000, maka KD 1000 - KD 400 = KD 600 bisa digunakan untuk mengangsur mobil. Kalau mau mengangsur selama 5 tahun (60 bulan), maka berarti anda bisa beli mobil seharga KD 600 x 60 = KD 36000. Inilah harga mobil sekelas Porsche, Cadillac, Ferrari dan Lamborghini. Hebat kan, gaji cuma KD 1000 (41 jutaan) tunggangannya Cadillac, Ferrari, Lamborghini atau Porsche tanpa harus jadi koruptor.

Honda Accord  3,5  EX-L V6 A/T Sport 2014 (2 Pintu)
Di Indonesia Nggak Ada Di Kuwait hanya Rp 350 Juta
Kurs Feb 2014 KD 1 = Rp 41.000

Kalau gajinya pas pasan KD 400 juga nggak jadi masalah. 25 % dari gaji bisa digunakan untuk kredit mobil sedangkan 75 %nya untuk hidup di Kuwait. Artinya bisa disisihkan KD 100 per bulan untuk angsuran. Mobil apa yang angsurannya KD 100 per bulan ?. Gampang juga ngitungnya, KD 100 x 60 = KD 6000. Inilah harga mobil Honda Accord di Kuwait. Gimana, kira kira mobil apa yang paling pantes buat saya ?

Ramai
Beli Mobil kayak Beli Kacang Goreng


Cadillac Juga Murah
Nggak Perlu Jadi Koruptor Untuk Beli Caddila


Hwaduh... Nggak Punya Duit Nih
Bisa Nggak Saya Beli Caddilac ?
Yes, Madame...No need For Down Payment


Baca Juga :

12 komentar:

  1. mau tuker chevrolet cruze nya ya buk? hehe

    BalasHapus
  2. buk,berarti kalo dikuwait showroom mobil di dalam mall ya buk?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak semuanya didalam Mall. Mobil bekas showroomnya seringkali di trotoar, gurun, atau di perempatan jalan. Mobil baru showroomnya terbesar di Al Rai, kebanyakan hanya showroom. Hanya Al Ghanim yg berupa Mall

      Hapus
  3. Hadeeuh ngiler ya klo liat hrga mobil dikuwait, smpe blalak mata liatnya. Di Indo hrg sgitu cuma dpt mobil sejuta umat alias Avanza / Xenia. Yg jd pertanyaan sy knapa mobil dikuwait bisa murah ya?...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di indonesia kan kena pajak bea masuk, pajak barang mewah, pungutan ini dan itu, dll. Beberapa bulan lalu kurs kd 1 masih Rp 33000, jadi lebih murah lagi.

      Hapus
  4. yang saya sesalkan knp dolar kuwait mahal banget, kapan saya bisa jalan2 kesana mau main ke rumah bunda susy hehehehe

    BalasHapus
  5. wow saya jadi ingin ke kuwait nih, hehehe

    BalasHapus
  6. Klo beli mobil di kuwait, trs di bwa ke indonesia kena pajak berapa ya, plus mutasi nya?
    hhahaha

    BalasHapus
  7. mantap ulasannya madam,he he...saia pengen datsun go+ aja madam kira2 berapa di kuwait,tolong kirimin ke indon ntar saia cicil madam he he...peace....

    BalasHapus
  8. harga mobil disana pasti murah2 ya mbak?

    BalasHapus
  9. Boleh masukkannya Bu..
    Sekelas Engineer Aircraft, gaji rata-2 dalam KD berapa ya..?
    saya sedang itung-itung nih :)
    Dan apakah ada batasan umur untuk kerja expat ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Usia pensiun di Kuwait 60 tahun dan bisa diextend sampai 65 tahun selama kesehatan masih fit. Kalau dokter dan dosen sampai umur 70.
      Soal gaji tergantung pengalaman dan negosiasi.

      Hapus

Silahkan menuliskan komentar dengan bahasa yang jelas, sopan dan beradab.