Minggu, 06 April 2008

Rumah dan Apartemen Di Kuwait

Rumah-rumah Kuwaitis (sebutan untuk penduduk asli Kuwait)kebanyakan besar-besar dan didepan atau dibelakang rumah parkir berjajar 6 mobil mewah. Harga rumah di Kuwait berkisar antara 6 Milyar-an. Atau sama dengan sekitar KD 200.000. Memang Kuwait terkenal dengan negara kaya penghasil Minyak, maka penduduknya juga dimanjakan dengan berbagai kemudahan kepemilikan rumah, apartement, tempat usaha dan fasilitas lain termasuk mobil mewah.

Sedangkan pendatang, umumnya menyewa Apartment apartment yang banyak tersedia diseluruh penjuru Kuwait. Bisa dilihat di Fahaheel, Mangaf, Salmiya, Abu Halifah, Mahboulah, Riqqa, Jahra, Messila hingga Kuwait City semua penuh bangunan Apartment. Apartment ini milik Kuwaitis dan umumnya sebagai penghasilan sampingan diluar penghasilan normalnya di pemerintahan atau sektor lain. Dari sewa yang murah hingga yang mahal semua ada, tergantung keuangan masing-masing. Coba bayangkan penduduk Kuwaitis 1.008.090 dan Non - Kuwaitis 2.043.755 (data tahun 2006). Tidak heran seluruh pelosok Negara Kuwait dibangun Apartment. Karena pendatang lebih banyak daripada penduduk Kuwaitis sendiri.
.
Apartment di Indonesia dengan di Kuwait memang berbeda. Perbedaannya kalau di Jakarta yang membeli dan menempati Apartment masyarakat yang mempunyai pendapatan menengah hingga atas dan fasilitas lebih komplit, dari security 24 jam, lobby selalu kinclong, bersih dan selalu mengkilat, fasilitas kolam berenangnya sip..lah, Pusat kebugaran dan sauna, parkir mobil nyaman serta ditunjang adanya mini bar dan mini market. Yah...pokoknya penjual Apartment di Indonesia memberi fasilitas setara hotel bintang lima.

Fasilitas itu tampaknya memang sangat berbeda dengan yang ada di Kuwait. Tampak dari muka memang hebat dan bagus. Tetapi setelah kita masuk, wah jangan ditanya lagi . Kebersihan nomor kesekian. Yang penting laku disewa. Tidak mementingkan kebersihan dan keindahan, apalagi fasilitas. Kebanyakan Apartment di Kuwait hanya ada lift naik dan turun penghuni dan Haris (orang yang dipercaya untuk bertanggung jawab terhadap apartment). Bersih atau tidaknya apartement sangat tergantung Haris. (by: Susy)