Sabtu, 16 Desember 2017

Truk Buah Dan Sayur Di Kuwait

Al Forda Fruit Vegetable Market
Kuwait

Kuwait itu negara kecil dengan penduduk tidak lebih dari 4 Juta orang saja. Hanya sepertiganya saja yang asli warga negara Kuwait sisanya expatriates dari berbagai macam negara. Semuanya butuh makan, dan sudah tentu tidak bisa dicukupi hanya dari local farm saja. Harap maklum, alamnya bergurun kering dan perlu biaya sangat mahal untuk menghasilkan bahan pangan dengan jumlah yang cukup. Farm atau perkebunan dan peternakan di Kuwait banyak terdapat di daerah Wafra dan Abdali.


Buesar Dan Luas
Ada Cold Storages Yang Banyak Dan Besar

Ada Beberapa Ruang Video Conference
Untuk Lelang Live Dengan Pasar Induk Di Luar Negeri

Meskipun hasil produksi bahan pangan sangat terbatas, tetapi Kuwait punya Pasar Induk yang cukup besar, megah dan canggih. Coba baca tulisan saya sebelumnya pada link ini. Pasar Induk Al Forda Kuwait. Di Pasar Induk Al Forda ini ada Auction Halls yang tersambung dengan pasar induk diluar negeri untuk memudahkan mengikuti Lelang sayur dan buah buahan bagi para pedagang di pasar ini tanpa harus datang sendiri ke negara lain.


Segala Macam Sayur Dan Buah Masih Segar
Harganya Murah Pula

Jangan kaget juga, cold storage truck yang mondar mandir keluar masuk dan juga yang sedang parkir di area pasar induk Al Forda ini plat nomornya bukan plat nomor Kuwait. Ada yang plat nomor Jerman, Netherland, Italy, Perancis, USA, Lebanon, India, Srilanka, Mesir dan lain lain. Buah dan sayur sayuran yang didatangkan dari luar negeri ini masih sangat segar meskipun menempuh perjalanan berhari hari karena dari negara asalnya diangkut dengan Cold Storage Truck yang dibuat khusus untuk perjalanan jauh.


Di Pasar Induk Al Forda Ini Beli Dalam Jumlah
Banyak Sangat Murah Sekali

Ada nggak Cold Storage Truck dari Indonesia ?. Selama ini saya belum pernah melihat sama sekali Cold Storage Truck dengan plat nomor Indonesia. Barangkali, pedagang atau exportir buah dan sayur di Indonesia lebih tertarik untuk demo berjilid jilid dibanding berdagang sampai ke Kuwait. Atau barangkali pedagang di tanah air saat ini lagi demen demennya update status facebook dan tweeter saja. Tapi, saya sering melihat Cold Storage Truck dari Philipine dan Thailand. Itulah sebabnya kenapa di Kuwait juga ada Cabe Keriting, Petai, Rambutan, Philipine Banana dan Durian Montong Thailand di pasar dan supermarket.


Semua Buah Dan Sayur Didatangkan Dari
Seluruh Penjuru Dunia

Ini Truk Dengan Plat Nomor Jerman

Yang Ini Truk Dengan Plat Nomor Perancis
Parkir Di Luar Area Pasar

Ini Cold Storage Truck Dari Eropa Juga
Ada Tanda Uni Europe Biru Disamping Plat Nomor

Ini Cold Storage Truck Dari Netherland

Dari Lebanon Buah Yang Jadi Andalan
Adalah Apricot

Dari Afrika Buah Yang Jadi Andalan Adalah
Apokat

Panjang Sekali Antrian Masuk Ke Bagian
Loading/Unloading Di Al Forda

Suasana Antrian Masuk Ke Cold Storage Store
Al Forda Kuwait

Baca Juga ;

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan menuliskan komentar dengan bahasa yang jelas, sopan dan beradab.