Jumat, 04 April 2008

Kuwait Selayang Pandang


Kuwait terletak di ujung Teluk Arab (Arabian Gulf), tepatnya pada posisi 28 sampai 30 Lintang Utara dan 46 sampai 48 Bujur Timur. Luas Area Kuwait kira kira sekitar 7,500 square miles, atau tidak jauh berbeda dengan luas Jakarta. Cuma disini tidak ada sungai, danau atau rawa. Negara ini berbatasan dengan Irak di bagian Barat dan Utara, di sebelah timur oleh Arabian Gulf and di Selatan berbatasan dengan Saudi Arabia. Ada 9 (sembilan) pulau, yang terbesar adalah Failaka, Bubiyan dan Warba, hampir semuanya gundul dan tandus.


Jumlah Populasi penduduk berdasarkan laporan dari Ministry Of Planning pada Juni 2001 adalah sekitar 2.3 juta saja dimana 37 % Kuwaitis dan sisanya adalah pendatang dari berbagai negara seperti India, Pakistan, Bangladesh, Lebanon, Mesir, Nepal, Philipine, Indonesia dan beberapa negara lain. Populasi dan komposisi penduduk terakhir bisa dilihat melalui PACI. Paling dominan selain dari India dan negara GCC sekitarnya adalah dari Philipine. Kepala negara dipimpin oleh Emir, dan Politik dan ketata negaraan dikendalikan oleh Menteri dan Parlemen seperti di Malaysia.


View Larger Map
Untuk administrative kenegaraan, negara dibagi menjadi lima wilayah governorate Kuwait City, Hawalli, Farwaniya, Jahra & Ahmadi, Kalau dilihat dari peta, penduduk Kuwait hanya menempati sekitar 20 % saja dari seluruh wnegara Kuwait, yaitu disepanjang wilayah yang berbatasan dengan pantai Arabian Gulf.

Sebagai contoh :
1. Kuwait City sampai batas 6th ring road,
2. Daerah Messilah sampai Ahmadi, dan
3. Jahra di bagian Barat dekat dengan perbatasan Arab Saudi

Baca Juga :