Senin, 14 Januari 2013

Salju Arab Yang Selalu Bikin Heboh

Salju Arab - Tiap Tahun Memang Selalu Bersalju
Sejak Jaman Dinosaurus - Lokasi : Sekitar Golan Height
Summer Akan Kembali Kering Dan Coklat


Pingin tahu rasanya diterjang badai salju di Arab ?.. Di Lebanon, Palestine/Israel, Syria dan sekitarnya, rasanya seperti kejatuhan kelereng. Disamping itu, anginnya sangat kencang dan bisa menerbangkan papan reklame. Kemungkinan karena bebas hambatan saat melewati laut Mediterania atau gurun pasir sehingga tiupan angin tak beraturan dan suaranya sangat mengerikan. Negara Lebanon, Palestina / Israel, Syria, Turkye, Jordan,  Saudi Arabia, Algeria, Marocco, Tunisia memang selalu bersalju setiap tahun pada daerah daerah tertentu yang elevasinya sangat tinggi dari permukaan laut. Hanya saat Musim Dingin, sekali lagi SAAT MUSIM DINGIN !!!!.


Terjebak Badai Salju Saat
Perjalanan Menuju Bekaa Valley
Kalau Summer Berwarna Coklat


Banyak orang Indonesia di tanah air yang tidak tahu kalau beberapa negara di Timur Tengah ada juga yang selalu rutin bersalju. Hal ini diperparah lagi karena umumnya wartawan di Indonesia selalu mendramatisir cerita, misalnya membuat judul Salju Ancam Warga Timur Tengah (Seolah olah mengancam seluruh negara di Timur Tengah yang jumlahnya lebih dari 30 negara), Salju Turun Di Padang Pasir Arab (Tidak semua negara Arab Padang Pasir, ada juga yang ijo royo royo), Arab Alami Badai Salju Terburuk (Arab sangat luas sekali dan tidak bisa digeneralisasi salah satu tempat di gunung bisa mewakili seluruh negara Arab). Ini betul betul parah dan bisa menipu pembaca.

Saat Badai Mulai Datang
Photo Ini Diatas Gunung - Winter, Diambil
Dari Dalam Mobil Saat Terjebak Badai Salju


Semua pembaca pasti berinterpretasi seolah olah semua negara Arab / Timur Tengah turun salju, padahal cuma negara negara kecil yang letaknya lebih utara dan punya gunung tinggi saja seperti Lebanon, Palestine / Israel, Syria dan Jordan). Sama seperti saya kalau membuat tulisan dengan judul Indonesia Dihantam Badai Salju, pasti pembaca akan teriak komat kamit “Allahu Akbar”, "Subhanallah", "MashaAllah" dll. Padahal saya bercerita sebenarnya tentang badai salju yang terjadi di Cartenz, Puncak Jaya Wijaya Papua, tetapi karena judul beritanya bombastis, seolah olah seluruh Indonesia kiamat.

Ini Pemandangan Dari Jendela Hotel Banyak Wartawan Dan Penulis Di
Indonesia Ngertinya Hanya Mekah  Dan  Madinah Saja Lalu Men'generalisasi'
Seolah Olah Semua Negara Arab Seperti Mekah Dan Madinah

Ada lagi judul bombastis, Dihantam Salju 4 Negara Liburkan Sekolah. Ini mah aya aya wae, dinegara manapun kalau turun salju lebat semua sekolah juga diliburkan. Emangnya ada orang tua atau guru yang tega melepas anak kedinginan dibawah hujan salju untuk berangkat sekolah. Pemakaian kata 'Negara' juga absurd, yang turun salju didesa atau kota diatas gunung seolah olah seluruh negara libur sekolah. Gelombang Dingin Tabuk Menjalar Ke Bahrain (Woow, Semua bumi belahan utara sedang musim dingin, bukan berasal dari Tabuk), 


Di Perbatasan Syria - Lebanon
Ini Bagian Kecil Dari Timur Tengah Yang Sangat Luas
Ada 30an Negara Di Arab, Ada Gunung Juga
Gunung Itu Bukan Hanya Di Indonesia Saja

Lokasi Salju Di Timur Tengah Dan Sahara
Dibawah ini tempat tempat bersalju di Timur Tengah dan Sahara yang tidak perlu diragukan lagi. Saya sudah sering sekali bermain salju disana sejak jaman dulu. Di Uludag Turkey ski resort diperkenalkan secara resmi tahun 1935. Sedangkan The Cedars di Lebanon sudah dibuka untuk ski resort jauh sebelum Turkey yaitu sejak tahun 1920.

2 Jam Terjebak Di Tengah Salju
Akhirnya Bantuan Datang

  • At Sea Level : 
    • Turkey Booking Peralatan Ski Dan Hotel silahkan klik : SkiingTurkey
      • Bolu Kartalkaya / Dorukaya Ski Resort ( 8 Ski Lift )
      • Bursa – Uludag Ski Resort  ( 15 Ski Lift )
      • Kaiseri Ski Resort ( 15 Ski Lift )
      • Palandoken Ski Resort ( 7 Ski Lift )
      • Konakli Ski Resort ( 7 Ski Lift )
      • Dan masih banyak lagi yang kecil kecil dengan ski lift kurang dari 7).
  • At Elevated Region : 
    • Irak : Erbil Kurdishtan, Suly : Gersang Namun Bersalju
    • Mesir : Jabal Katherina (St Catherine), Sinai. Di atas gunung ini terdapat St Catherine Monastery. Salju kurang begitu tebal sehingga rencana pembangunan Ski Resort selalu batal. 
    • Israel / Palestine (Golan Height / Mt Hermon Ski Resort( 9 Ski Lift)  atau sering disebut Jabal El Shaykh dan Mt Gilboa/Ski Gilboa - Bisa bermain Ski kapanpun - Artificial Ski Slope, tidak tergantung musim),
    • Lebanon
      Booking Peralatan Ski Dan Hotel silahkan klik : Skileb
    • Syria (Tempat bersalju di Syria masih satu pegunungan dengan Lebanon. Separuh pegunungan berada di wilayah Lebanon dan separuhnya lagi di wilayah Syria, Contohnya : Bludan dan Jebel Makdous)
    • Jordan (Terletak di ekor rangkaian pegunungan Lebanon, Syria atau Palestine dan elevasinya sangat tinggi. Salju tidak cukup banyak untuk dibuat Ski Resort karena letaknya lebih selatan dibanding Lebanon, Syria dan Turki dan juga Amman sampai Irbid kira kira elevasinya sama tinggi atau bahkan lebih rendah dibanding gunung di sekitar kota Jerusalem,
    • Algeria (semua daerah di Western Sahara yang dilalui Pegunungan Atlas selalu bersalju. Silahkan datang ke Chrea Ski Resort - 3 Ski Lift dan Tikjda Ski Resort di Mt Djundjura, North Algeria),
    • Morocco (semua daerah di Western Sahara yang dilalui Pegunungan Atlas selalu bersalju seperti Ifrane, Michilifen, Oukaimeden Ski Resort - 7 Ski Lift dan Azrou Ski Resort - 1 Ski Lift), Masih ada lagi yang lain seperti Djebel Bou Iblane dan Rif Gebirge tetapi saya tidak pernah kesana.
    • Tunisia (semua daerah di Western Sahara yang dilalui Pegunungan Atlas selalu bersalju seperti Tabarka, Ain Draham, Tela dll)
  • At Shopping Mall : United Arab Emirates (Ski Dubai didalam Dubai Mall).
  • Negara Persian atau non Arab seperti Iran, Pakistan, Indiapun juga punya Ski Resort. Yang terkenal Dizin Ski Resort di Iran.

Nancep Di Salju Arab
Diatas Gunung Saat Musim Dingin
Negara Arab Itu Ada Juga Yang Bergunung Tinggi
Salju Turun Saat Musim Dingin

Di Saudi ada nggak salju ? 
Jelas ada terutama di pegunungan Heejaz bagian utara. Kota Tabuk yang sering menghebohkan dunia jurnalistik di tanah air terletak di pegunungan Heejaz. Setiap musim dingin selalu turun salju di puncak gunung Heejaz di bagian paling utara ini. Tidak seperti negara negara diatas yang rutin turun salju, di pegunungan Heejaz, kelembaban udara tidak sebesar negara negara diatas sehingga salju terlalu sedikit untuk bisa dibuat Ski Resort. Kota Hail, Madinah sampai Mekkah juga di rangkaian Pegunungan Heejaz, elevasinya sangat tinggi dari permukaan laut meskipun rasanya datar. Karena letaknya lebih selatan dari Tabuk maka jarang / tidak selalu turun salju (Lihat Google Maps - Satelite Mode).

"Jaman dulu belum ada internet / facebook dan TKI juga tidak sebanyak sekarang"

Jadi turunnya salju diatas pegunungan Heejaz tidak pernah terekspose dan bikin heboh tanah air. Jangan berasumsi salju baru ada mulai tahun 1990 keatas. Jelas ngawurnya. (Baca Juga : Musim Salju Di Arab Dan Sahara)


Peta Ini Buat Yang Suka Mbolos Pelajaran Geografi
Yang Warna abu abu - Hitam Berarti Dataran Tinggi
Tabuk, Madinah Dan Mekah Itu Di Dataran Tinggi
Semakin Keutara Semakin Dingin Apalagi Saat Winter

Masih nggak percaya di wilayah Utara Saudi Arabia (Tabuk) banyak gunung bersalju saat musim dingin dan sejak jaman Dinosaurus ? Kunjungi saja Jabal Al Lawz, Jabal Al Qolom, Jabal Huwad dan gunung gunung lain di sepanjang Pegunungan Heejaz paling utara saat musim dingin. Atau kunjungi website resmi pemerintah Saudi Arabia melalui link ini :





Website Resmi Saudi Tourism
This is the home of the sea, the snow, the magnificent
coastline, sunny islands with luxurious coral reefs.

Salju Di Jabal Al Lawz Saat Winter
Ini Dari Website Resmi Pemerintah Saudi Lho


Kalau ada photo orang Arab bergembira ria main lempar lemparan salju, ya jelas wajar. Di Saudi tidak ada hiburan sama sekali seperti Layar Tancep, Gedung Bioskop atau panggung musik live. Jadi, turunnya salju di Heejaz merupakan hiburan yang ditunggu tunggu setahun sekali. Kalau ada korban tewas saat badai salju, ya mungkin saja, dimanapun yang namanya badai bisa menerbangkan papan reklame. Di negara manapun kalau jalan raya tertutup salju sedikit pasti akan licin.  Dimanapun kalau diatas gunung bisa saja tertimpa salju longsor dari atas atau mobil terpeleset masuk jurang. Nanti saat salju diatas gunung mulai mencair, kota Tabuk akan digelontor banjir salju cair dari gunung. Banjir bandang terbesar terjadi sekitar tahun 2009.


Photonya Bener Tetapi Cerita Di Media/Internet
Bisa Menipu Pembaca
Lokasi Tabuk - Pegunungan Heejaz Tiap Tahun
Memang Bersalju Saat Musim Dingin Dan Di Gunung
Photo Source : Republika

Menjelang Musim Panas / Musim Dingin

Kalau musim panas jelas nggak mungkin ada salju. Saat musim panas temperatur di Timteng bisa 50 Deg C, tapi saat musim dingin bisa 0 Deg C dan bahkan lebih rendah lagi diatas gunung. Saat pergantian Musim Panas ke Musim Dingin atau sebaliknya Musim Dingin ke Musim Panas banyak terjadi Badai Gurun (Desert Storm/Sand Storm). Pasir membumbung tinggi sekali diterbangkan angin beserta papan reklame dan barang apa saja yang dilalui. Hujan dan petir ikut menerjang berkilatan ditengah tengah pusaran badai saat terjadi badai gurun. Temperatur yang sebenarnya masih cukup panas bisa tiba tiba dingin sesaat saat badai melintas bahkan seringkali air hujan berubah menyerupai es batu saat menerjang papan reklame. Tapi badai gurun hanya lewat sekitar satu atau dua jam saja setelah itu berangsur angsur udara bersih kembali. Baca :  Badai Gurun 25 Mar 2011 dan 15 Menit Yang Menegangkan.


Badai Pasir Selalu Terjadi Saat Pergantian Musim
Selalu Disertai Hujan Dan Petir Kadang Ada Es Juga
Hanya Melintas Sekitar 1 - 2 Jam Saja


Saat pergantian musim juga banyak hujan dan Pasti Banjir, sekali lagi Saya Jamin Pasti Banjir !!!. Karena di Arab relatif nggak ada sungai, selokan atau irigasi. Buat apa mbangun saluran irigasi, setahun paling hujan cuma seminggu saja. Semua air hujan pasti lewat jalan raya, permukaan tanah / gurun dan jalan tanpa arah pokok sesukanya cari jalan sendiri dan menerjang kiri kanan lewat manapun yang terendah. Inipun hanya beberapa jam saja setelah itu air meresap masuk ke pasir gurun.
Baca :  Wasmi Telah Tiba Di Kuwait dan Banjir, Apa Komentar Arab


Pemandangan Biasa Saat Banjir Karena Di Arab
Nggak Ada Selokan, Sungai Atau Irigasi
Tapi Sering Jadi Berita Heboh Di Indonesia


Kalau anda lihat video salju turun di Arab, badai gurun, hujan atau banjir melalui Youtube, akan terdengar suara suara orang yang menyaksikan atau yang membuat video dengan ucapan ucapan dramatis Astaghfirullah, Ya Allah, Masha Allah, Subhanallah, komat kamit baca doa / mantera dan lain lain dengan ekspresi wajah sangat sangat dramatis. Nggak usah kaget atau heran, orang Arab sehari hari memang selalu mengucapkan kata kata tersebut dimanapun juga baik yang Islam Sunni, Shiah, Kristen atau agama lain. Wong itu bahasanya sendiri sehari hari kalau mereka melihat sesuatu kejadian yang aneh atau lain daripada yang lain. Baca nih frekwensi mengucapkan kata Masha Allah orang Arab Vs orang Indonesia : Masha Allaah !!!. Kalau nggak percaya orang Arab selalu ngucapin kata kata tersebut setiap saat, silahkan ditest saja.
Baca nih : Cara Ngetest Orang Arab.

Ini Salah Satu Ski Resort Di Arab, Asli Bukan Photoshop
Banyak Sekali Ski Resort Di Negara Negara Arab Bergunung
Hari Gini Masih Nggak Tahu Iklim Cuaca Negara Arab


Kalau anda pernah ke Padang, Bengkulu atau Semarang, kira kira seperti itulah negara negara bersalju di Timur Tengah. Kota kotanya berbatasan dengan pantai tetapi berbatasan juga dengan pegunungan yang tinggi. Kota Padang atau Bengkulu  dengan pegunungan bukit Barisan dibelakangnya atau Kota Semarang dengan Ungaran dan gunung Merbabu dibelakangnya. Kira kira salju turun di daerah (Ski Resort) Ungaran dan karena ada badai maka salju nyampai juga di Simpang Lima (baca : Jerusalem) dan menutupi gedung Lawang Sewu (baca : Al Aqsa). Atau bisa juga salju turun di kawasan (Ski Resort) Bukittinggi dan karena ada badai maka salju sampai juga ke kota Padang (Baca Jerusalem).


Arab Yang Membantu Saya Mengeluarkan Mobil
Arab Gunung Beda Dengan Arab Gurun


Jadi kalau ada berita atau photo Al Aqsa turun salju, kota Jerusalem tertimbun salju, Amman dilanda badai salju atau anda melihat photo onta sedang jalan di salju atau orang berpakaian dishdasa dan abaya Arab bermain salju, ya biarkan saja nggak usah digubris atau dianggap serius. Pasti sedang berada di salah satu negara diatas dan sedang diatas gunung atau kota di lembah sekitar gunung saat musim dingin antara bulan November - February saja.

Raoche Rock Beirut Lebanon - Lihat Permukaan Air Laut
Dibawah, Tinggi Kan Elevasinya


NOTE :
Silahkan Buka Google Maps dan set tampilan Satelite, lalu cari kota Tabuk atau pegunungan Heejaz, pegunungan Atlas, pegunungan Lebanon, Golan Height, Bekaa Valley, Madinah, Mekkah dll. Perhatikan topografi permukaannya. Bergunung gunung atau datar ? Bisa bayangkan nggak, Arab itu bukan cuma Mekkah dan Madinah saja. 


Ski Resort - Banyak Di Turki, Lebanon,
Palestine / Israel,Marocco, Tunisia,Algeria, Suriah
Hanya Bersalju Saat Musim Dingin
PENUTUP

Akhir kata, saya tutup tulisan ini dengan Doa Iftitah. Doa yang selalu kita ucapkan setiap hari yang secara tersirat menjelaskan bahwa Salju itu sudah ada di Arab sejak dulu kala. Seandainya ada kekurangan dalam tulisan ini, InsyaAllah akan saya basuh semua kesalahan saya dengan SALJU (Klik link ini untuk mengetahui asal katanya dari bahasa Arab  ثلج atau 'Saljii').


ال‏لَّهُمَّ اغْسِلْ خَطايايَ بالمَاءِ والثَّلْجِ وَالبَرَدِ‏.

ALLOHUMMAGHSIL KHOTHOOYAAYA BILMAA-I WATS-SALJII WALBARODI.
Ya Alloh, basuhlah/cucilah kejelekan-kejelekan saya dengan air, salju dan embun.

(HR. Al-Bukhory no.702).


Orang Arab Gunung Kalau Musim Dingin
Kerjaannya Mbersihkan Salju Di Jalan Dan
Juga Ngasih Makan Onta Di Kandang


Kalau Musim Dingin Onta Dimasukkan Kandang
Peternak Onta Tahu Cara Menghangatkan Onta Saat Musim Dingin
Diatas Gunung Juga Ada Peternak Susu Onta


Baca Juga :

58 komentar:

  1. layak HL nih…
    saya baru tahu bahwa di saudi ada daerah yg bisa turu salju..pantas saja Nabi mengatakan bahwa salju itu air yang bisa untu bersuci..
    yang mengejutkan negara arab di afrika utara juga turun salju…
    yg saya penasaran sama iraq?..ap ad salju disana?
    klo di iran sdh pasti bukan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pertanyaan anda kira kira sama dengan “Di Indonesia apa ada salju”. Maka akan saya jawab “ADA” yaitu di Cartenz Puncak Jaya Wijaya.. Irak itu ldisebelah utara Kuwait, lebih dekat ke kutub. Kuwait saja hari ini 4 Deg C (14 Jan 13 - musim dingin) apalagi kalau di Irak di daerah yang bergunung. Iran, India, Pakistan juga ada salju dan ski resort. Nggak percaya, cari sendiri di google/wikipedia.

      Hapus
    2. laris lagi … artikel awal tahun 2013
      dibaca: 287X

      Hapus
  2. sejak jaman T-REX sudah bersalju? … mantelnya segede apa? :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jaman T-Rex tidak dijelaskan dalam hadis atau Al-Quran.
      dipikir pikir jaman dinosaurus itu ada bener apa gk?

      Hapus
    2. Jaman Nabi Mohammad SAW salju juga sudah ditemukan. Buktinya ada di doa iftitah.
      Allohumma aghsilnii min khotooyaya bil maa’i waSSALJI wal barood..
      artinya kurang lebih “ya Alloh bersihkanlah dosa-dosa kami dengan air dan salju dan….”

      Hapus
    3. Rumah Yesus di Jerusalem sampai sekarang diperingati umat kristen se Indonesia bahkan dunia dengan hiasan kapas sebagai simbol adanya salju disana. Yah paling tidak sejak jaman Itulah.

      Hapus
  3. baru tau diarab ada salju.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau ski resort saja dibangun tahun 1950an dan sampai saat ini jumlahnya hampir 50 artinya dari dulu memang bersalju kan ? Hilton saja mbangun hotel disana. Emangnya mbangun hotel hotel mewah dan ski resort bisa seperti mbangun candi Prambanan hanya semalam ?

      Hapus
  4. artikel yg mencerdaskan…
    thanks 4 sharing

    BalasHapus
    Balasan
    1. Moga moga berguna bagi saudara saudara saya di tanah air dan tidak ditipu terus menerus oleh wartawan copy paste yang selalu bikin judul bombastis. Kejadian di pegunungan diberitakan seluruh Timur Tengah. Greater Middle East itu buesaar dan terdiri dari 30 - 40 negara..

      Hapus
  5. Memang wartawan kadang suka membuat berita yg disertai bom, mungkin maksudnya agar bisa meledak ………….. beritanya yg meledak ! ……….heheheeee ………

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yah, boleh saja tapi mbok ya jangan keterlaluan. Kalau kejadiannya di Golan Height katakan saja Golan Height. Jangan katakan Timur Tengah yang luasnya dari Marocco di Afrika Utara sampai Bahrain di Asia. Terlalu !!!!!!

      Hapus
  6. Pantes di salah satu do’a iftitah ada kalimatnya:
    Allohumma aghsilnii min khotooyaya bil maa’i waSSALJI wal barood..
    artinya kurang lebih “ya Alloh bersihkanlah dosa-dosa kami dengan air dan salju dan….”
    ijin share ya mas..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan dishare ke siapa saja yang ingin tahu banyak ski resort di Timur Tengah

      Hapus
  7. Terima kasih, mencerdaskan, sudah saya cek di google maps memang bener semuanya diatas pegunungan Atlas, Mt Lebanon dan Pegunungan Heejaz. Bener juga iklim subtropik sangat dingin saat winter. Bisa hemat nggak perlu comment Allahu Akbar dan Subhanallah mulai hari ini kalau ada posting Salju Turun Di Tabuk. Thanks mas Ardi dan Bunda, salam kenal.

    BalasHapus
  8. Thanks atas ulasannya. Mencerahkan

    BalasHapus
  9. "Badai Salju Menghantam Negara Tropis Asia Tenggara, 7 Orang Meninggal Tertimbun Salju". Emangnya salah kalau wartawan membuat reportase kejadian di Puncak Jaya Wijaya dengan judul seperti itu. Pembaca saja yang salah mengerti dan terlalu jauh imajinasinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya nggak salah salah amat sih, kalau pembacanya nggak pernah tahu Puncak Jaya dimana, tentu dalam pikirannya seluruh Asia Tenggara dilanda badai salju. Apalagi ada kata kata Tropis dalam judulnya, langsung deh secara spontan teriak Allah Akbar, Subhanallah dan komat kamit Cari cari ayat yang cocok dengan tanda tanda kiamat.

      Hapus
  10. hari ini , musim dingin Dec 13 Kompas menulis berita tentang salju turun di Israel/Palestine khususnya Jerusalem dengan bahasa dan judul yang baik tanpa dramatisasi yang berlebihan. Artinya wartawan kompas sudah lebih tahu keadaan alam disana . Tetapi kita tunggu saja Republika dan blogger dakwah lainnya. Mereka ini yang terdepan membuat sensasi dan menghubung hubungkan dengan kiamat, fenomena aneh langka, atau hal hal lain yang ngawur.
    http://internasional.kompas.com/read/2013/12/13/1601347/Jerusalem.Dihantam.Badai.Salju.Terkuat.Sepanjang.Sejarah

    BalasHapus
  11. Mohon maaf kepada semua wartawan, penulis dan pak ustad dunia maya yang telah bertahun tahun berdakwah membuat tulisan tentang “Fenomena Aneh Turunnya Salju Di Arab” atau judul semacamnya baik di media cetak atau internet. Bagi saya pribadi turunnya salju di Sahara dan Timur Tengah sangat tidak aneh karena salju turun saat musim dingin diatas gunung.
    Terima kasih juga bagi yang telah mengirim “email khusus” dan memberi salam ‘hangat’ Antek Yahudi, Setan atau Kafir kepada saya karena tulisan saya diatas benar benar berlawanan dengan keyakinan/tulisan anda yang telah tersebar di internet bertahun tahun. I just say the truth.
    Sebagai seorang muslim saya tetap percaya Kiamat Akan Datang, Tetapi saya percaya juga bahwa dari dulu memang salju ada di Arab seperti tertulis dalam HR. Al-Bukhari no. 744 dan Muslim no. 1353, dari Abu Hurairah z / do’a iftitah :
    Allohumma aghsilnii min khotooyaya bil maa’i waSSALJI wal barood..
    artinya kurang lebih “ya Alloh bersihkanlah dosa-dosa kami dengan air dan salju dan….”

    BalasHapus
    Balasan
    1. Akhirnya ada juga yg menulis dari sudut pandang nalar. Layak HL tulisan ini.
      Orang2 religius di Indonesia ini banyak yang senang dengan hal2 berbau mistis, karena mereka kbanyakan membangun fondasi dasar iman mereka dari sini, tanpa kajian akal budi.
      Smoga lebih banyak org2 beragama tapi berintelektual seperti anda.

      Hapus
    2. wah.. bisa kiamat nih mas, sebentar lagi gara2 fenomena salju
      Orang sini nggak mau banyak membaca dan mencari informasi sih mas. Galak doang digedein. Belajar kurang. Apalagi pergi kesana untuk lihat sendiri.

      Hapus
    3. “ustads2 facebook” sering share artikel misleading …. kalau dibantah/disanggah dg argument yg legit malah dapat sumpah serapah :)
      kan sudah jelas ayat pertama yg turun BACA!

      Hapus
  12. nah ini dia…artikel yang sangat masuk akal…good job penulis…. :)

    BalasHapus
  13. Enaknya bermaen salju … uhui :)
    salam kenal Ardi dan Bunda Susy :)

    BalasHapus
  14. Nice share..
    Sebagai muslim, saya percaya akan terjadinya kiamat (baik kiamat kecil maupun kiamat besar). Soal kapan terjadinya, Wallahualam..
    Soal turunnya salju yg menjadi tanda kiamat itu, berdasarkan googling dengan keyword “salju di saudi”, ternyata tidak hanya baru-baru ini saja. Ternyata salju jg pernah turun di daerah Tabuk (ada nemu artikel tahun 2002 malah, dan jg tahun 2009 hingga 2012).
    Thanks sudah berbagi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jaman dulu kan nggak ada fb, blog dan bahkan internet. Jadi penulis tidak sebanyak sekarang. Tapi saljunya sendiri sudah ada sejak/sebelum Nabi Mohammad SAW seperti yg tertulis dalam doa Iftitah. Umat kristiani saja kalau merayakan natal selalu menghiasi pohon natal dan tempat lahir Yesus dengan potongan kapas sbg simbol adanya salju di Jerusalem.

      Hapus
  15. yaa artikel yang bikin pintar pembacanya
    tp tentu tdk untuk mengurangi dzikir dan istighfar kita…so makasih sekali infonya sangat bermanfaat

    BalasHapus
  16. kalau kejadian baru baru ini yang di mesir di daerah egypt itu gimana ? apakah daerah itu sudah sering diterpa salju atau tidak ? mohon penjelasanya , makasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya jalaskan secara science saja ya dan tolong dibuka juga peta atau globe. Perhatikan Garis Lintang 30 derajat, maka anda akan tahu semua daerah di garis lintang 30 derajat saat ini bersalju, termasuk Cairo. Memang cairo baru kali ini bersalju sejak 100 tahun terakhir, tetapi anda harus ingat putaran bumi itu porosnya juga tidak statis. Musim dingin dibelahan bumi utara artinya matahari sedang diselatan atau musim panas di selatan. Saat ini garis lintang 30 berada paling jauh dari matahari. Garis lintang 45 lebih jauh lagi, jadi Eropa lebih dingin dari tahun sebelumnya. Ingat pelajaran SMP, poros bumi juga bergarak seperti gasing. Jelas Oom, kalau belum jelas buka pelajaran ilmu buminya,

      Hapus
    2. Tambahan informasi, faktor faktor yang menyebabkan terjadinya salju iti selain jarak garis lintang dari posisi matahari juga kelembapan udara, elevasi dari permukaan laut dan juga kecepatan angin. Salju di Vietnam karena elevasinya tinggi dan dibelahan bumi utara yg sedang jauh dari matahari. Poros bumi bergerak berputar secara vertikal dan radial.. Moga moga lebih jelas.

      Hapus
  17. wow..mencerahkan. speechless saya baca artikel ini. kuat sekali deskripsi dan argumennya…salam kenal dar nagoya….:)

    BalasHapus
  18. …….nyampe juga di Simpang Lima (baca: Jerussalem) dan menutupi gedung Lawang Sewu (baca: Al-Aqsa)……

    paling suka. :)

    BalasHapus
  19. wah, baru tahu ada backlink blog saya di sini. makasih, mbak. salam kenal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, masih di Irak mbak ? Tulis lagi dong musim dingin dan salju disana. Banyak orang yang nggak tahu kalau Irak juga ada tempat yang bersalju juga semua orang ngertinya semua tempat di Irak perang mulu. Kangen bisa ke Erbil lagi nih..

      Hapus
  20. tulisan yg bagus mas... wajar klo jd HL... hmmm saya setuju klo pemberitaan di Indonesia sedikit melebih-lebihkan... karena saya alami sendiri...
    kebetulan sudah 2 tahun terakhir saya tinggal di amman jordan dan baru desember 2013 kemarin orang tua saya dibuat khawatir karena pemberitaan media yg memberitakan amman cuaca ekstrim kena badai salju alexa... kesannya ekstrim banget dan seperti badai yg serem gitu padahal ya kayak biasa aja klo sedang turun salju... malah saya sendiri ga tau klo terkena badai... karena kejadiannya ga seseram pemberitaan... #just share... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harap dimaklumi, penulis di Indonesia tidak tahu sama sekali kontur permukaan bumi di daerah yang turun salju itu diatas gunung atau bukan, males buka google maps pula. Lebih celaka lagi, ski resortnya diabaikan biar kelihatan dramatis. Kan nggak lucu kalau ditulis 'Badai Salju Menghantam Daerah Ski Resort Di Arab' :)

      Hapus
  21. ini memang benar pak ardi ...
    salju turun uda sejak jaman dinosaurus ...
    hanya orang-orang sok tau yg selalu mengklaim timur tengah adalah panas sepanas jahannam...
    tanpa mengunjungi langsung ke tempatnya ....

    minta ijin share
    salam :D

    BalasHapus
  22. makasih ya gan untuk infonya semoga bertambah sukses

    BalasHapus
  23. terima kasih dengan informasinya yang akurat karena mlihat langsung di tempat kejadian, minta izin utk menjadi salah satu narasumber berita dari tulisan buku saya. jazakallah
    khairon katsiro

    BalasHapus
  24. Terima kasih sudah berbagi pengetahuan, insyaalloh bermanfaat. Saya ijin share postingannya ya mas :)

    BalasHapus
  25. Orang yang sudah yakin tanpa difikir sebelumnya akan sulit diajak berfikir, karena takut kalau berfikir apalagi diberikan bukti akan goyah keyakinannya. Sebaliknya orang yang berfikir sebelum yakin mungkin menjadi percaya jika diberikan bukti, karena tidak hanya percaya pada "omongan" orang. Ada pesan leluhur kita (bangsa Indonesia):: Aja gumunan lan gampang percaya, ning ya aja maido apan sing durung kok ngerteni, goleko bukti ora mung ngandel omongan liyan.

    BalasHapus
  26. Mantap. Benar benar pakai nalar, smart dan super death ulasannya mencerahkan kebodohan kita selama ini.

    BalasHapus
  27. Briliant n real news
    Smga mnjd ilmu yg bermanfaat bgi yg membaca artikel bang ardi n bunda susy

    BalasHapus
  28. Secara geografis ..Arab memang masuk wilayah subtropis yg memiliki 4 musim..tentu saja wilayah2 tertentu ada yg bersalju saat musim dingin..tapi karena gersang maka perbedaan suhunya sangat extrim..panas di musim panas

    BalasHapus
  29. Tapi yg bikin heboh sekarang kan madinah yg turun salju

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buka Google Map, set as Satelite. Lihat topografi permukaan bumi. Yang namanya Pegunungan Heejaz itu membentang dari Utara sampai Selatan. Madinah itu di ekor pegunungan Heejaz. Artinya elevasi Madinah itu sangat tinggi diatas permuksan laut. Jadi sangat sangat mungkin turun salju saat puncak musim dingin. Apalagi kalau pas ada Storm.

      Hapus
  30. mantaafff bahasannya super lengkaaap makassiih, yaa haturnuhun, thankyou lah ;)

    BalasHapus
  31. Sombong banget lu, kayak lo aja yg tau salju ada di arab..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah akhirnya muncul juga Ustad dunia maya yg sering nulis ngaco hubungan Salju dan Banjir di Arab dengan Tanda Kiamat

      Hapus
    2. Tisna Amelis7 Maret 2016 16.11

      Jiah... anonym ngeles nih pura pura udah tahu. Padahal baru tahu di Arab banyak salju setelah baca blog ini, kwa ka ka.
      Boro boro pergi ke Arab, ke Bali aja kagak pernah ������

      Hapus
  32. Tulisan yang menarik...sangat sayang memang, kaum agamis Indonesia kurang pengetahuan umum... Tidak pernah pergi kemana kemana dan kurang tau apa2 hanya menghapal tanpa mengkaji... :)

    BalasHapus
  33. Emang Turki itu arab ya? Hahha.. Mungkin penulis harus bnyak2 belajar lg..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Secara geographic Turkey adalah Middle East. Baca wikipedia.

      https://en.m.wikipedia.org/wiki/Middle_East

      Tapi mayoritash penduduk tidak berbahasa Arab. Secara ras, mereka campuran Arab Eropa.
      Secara budaya mereka Islam, sejak jaman usmaniyah.

      Tulisan diatas tentang salju di middle east dan sahara sdh tentu mengacu kepada geographic bukan agama.

      Hapus
    2. Si Anonym nggak baca.
      Udah jelas ada kata 'Dibawah ini tempat tempat bersalju di Timur Tengah dan Sahara yang tidak perlu diragukan lagi' kok masih tanya Turki itu Arab bukan ?.

      Turki itu separuh di Timteng dan separuh di Eropa

      Hapus
  34. Menakjubkan ..
    Ijin Share dl mas

    BalasHapus

Silahkan menuliskan komentar dengan bahasa yang jelas, sopan dan beradab.