Sabtu, 25 Mei 2013

Demi Tuhaaaaaan !

Ngantri Check Fisik
Tidak Perlu Turun Dari Mobil

6 Tahun tinggal di Kuwait membuat saya benar benar mencintai tanah air Indonesia. Di Indonesia, pengurusan STNK sangat mudah sekali. Sambil tiduran atau leyeh leyeh di rumahpun STNK bisa jadi dalam beberapa jam saja. Tinggal telpon perusahaan jasa, tahu tahu STNK baru sudah nyampai kembali di rumah. Kalaupun harus datang ke kantor polisi, juga enak sekali. Baru saja masuk ke kantor polisi sudah disambut puluhan orang yang menawarkan jasa pengurusan STNK dan kita bisa duduk manis diruang tunggu. Di Kuwait, mana mungkin hidup enak dan nyaman seperti ini bisa terjadi. Semuanya harus dikerjakan sendiri.


Kiri Untuk Mobil Kecil
Kanan Untuk Mobil Besar

Beberapa hari lalu, saya dan suami mengurus perpanjangan STNK di kantor polisi lalu lintas di Ahmadi Kuwait. Beberapa kawan Arab mengatakan prosesnya sangat mudah sekali. Masak iya, beberapa kali saya berurusan dengan proses administratif di kantor kantor pemerintah, selalu ada saja masalah yang muncul. Langkah pertama yang disarankan seorang kawan adalah bayar asuransi mobil. Lancar, karena perusahaan jasa asuransi banyak terdapat di Fahaheel. dan pegawai perusahaan asuransi umumnya dari India dan lancar berbahasa Inggris. Si India juga menjelaskan langkah langkah proses di kantor polisi. Tetapi dasar suamiku, di depan orang India lagaknya sok tahu. "Jaga Image" katanya, 


Perlu 15 Menit Untuk
Ngantri

Di Kantor Polisi, dengan yakin suamiku langsung berdiri ngantri 15 menit sambil bawa surat dari asuransi. Tulisan cacing bahasa Arab tidak dibaca karena memang tidak tahu artinya. Ternyata salah, ngantrinya harus ditempat lain dan dengan membawa mobilnya karena harus dilakukan cek fisik dulu. Saat ngantri cek fisik, semuanya tampak lancar. Pak polisi membuka lembar demi lembar kertas asuransi yang saya bawa sambil memberi paraf dan stempel. Saya dan suami tidak harus turun dari mobil. Masalahnya, pak polisi melakukan tugas sambil disibukkan oleh 'IPhone'nya. Pak Polisi asyik nyanyi lagu Arab dengan menggunakan earphone sambil sesekali tepuk tangan berjoget arab.


Ada "Slonong Boy"
Dimarahi Petugas Karena
Nggak Mau Ngantri

Di Loket terakhir, saya sodorkan semua kertas yang telah di paraf dan stempel tadi. Tanpa berkata apa apa langsung semua berkas ditolak dan dikembalikan. 
"APA.....?!?!?!?!?!"
Ternyata ada kertas yang belum diparaf dan distempel. Akibatnya, mobil harus berputar dan ngantri kembali dari awal untuk bertemu kembali dengan pak polisi yang lagi asyik mendengarkan musik dari Iphonenya. Saya hitung sekitar 1 jam waktu terbuang percuma. Setelah proses check fisik selesai, kembali suami ngantri di kantor polisi untuk mendapatkan STNK baru. Kira kira 15 menit diperlukan oleh suamiku untuk mencapai loket. Begitu didepan loket, terlihat suami debat dan ngeyel dengan petugas. Kertasnya dioret oret dengan tulisan "4 O'Clock". besar. 

"Why ????". suamiku protes. 
"Philipino, 4 O'Clock"
"I'm Indonesian"
"No...!, Philiphino 4 O'Clock. Finish.. !!!"
"DEMI TUHAAAAAN !!!!"

Kenapa nggak malam hari sekalian saja. Akhirnya mau nggak mau terpaksa pulang juga, meskipun sudah teriak teriak gaya "Arya Wiguna Vs Eyang Subur", tetap saja nggak mempan. Kalau arab sudah mengucap "FINISH", usaha seperti apapun nggak ada gunanya. Di Kuwait, jumlah orang Philipine memang jauh lebih banyak dari Indonesia. Teriak teriak ngaku Indonesiapun sering nggak dipercaya karena wajah orang Philipine dan Indonesia memang nggak ada bedanya. Sama nggantengnya atau sama jeleknya.


Baca Juga :

5 komentar:

  1. tunggu...tunggu...tunggu bund...

    di indonesia kan dibudayakan biar rakyat enak-enakan. nah karena saking biasanya enak, terus lama-lama jadi malas, dan lahirlah generasi-generasi pemalas...
    kasian bener ya warga indonesia kita tercinta ini

    memang t.o.p banget kuwait...

    BalasHapus
  2. dikondhoni jeh ngeyel.. wong jowo ora oleh isuk2... bengi sisan ndak papa malah :) :)

    BalasHapus
  3. kadang suka sebal memang kalo dikira/dibilang 'kabayan/filipino' seenak jidat org2 itu baik org lokal maupun expats lainnya :(((( pulang indo berasa mau beli pin 'i love indonesia' & dipake kemana2 kalo pas di kuwait :D:D:D

    BalasHapus
  4. ternyata tag line arya vs subur 'DEMI TUHANNN' sampai juga ke Kuwait ya hehehe..

    BalasHapus
  5. Pas bngt bund DEMI TUHAN nya, hehe...
    O iy bund skdr info kan skrg dah bs di lakukan di satu tempat untk pembyrn asuransi,check fisik trus pengambilan suratnya.kt tinggal duduk manis 1 jam slsi dan sy udah pernah nyoba bund cuma ada extra charge aja 10 kd dan bs dilakukan kpn pun pd jam kerja.
    Nanti DEMI TUHAN nya berubah jd THANKS TUHAN, hehe...

    BalasHapus

Silahkan menuliskan komentar dengan bahasa yang jelas, sopan dan beradab.