Jumat, 20 Januari 2017

Basa Basi Si Bule Inggris

Sungai Thames London


Saya pusingnya bukan main ngomong sama bule Inggris, apa yang diucapkan seringkali berbeda dengan apa yang saya tangkap. Orang Inggris kalau ngomong penuh basa basi dan sopan santun yang seringkali malah bikin pusing kepala. Kadang kadang terjadi salah pengertian dan seringkali terasa lucu dan menjengkelkan. Tapi kalau keseringan terjadi, ya jadinya puyeng terus menerus. 


London Bridge


Coba anda simak beberapa kalimat sehari hari dibawah ini.
  • I almost agree - Dalam pikiran saya pasti artinya 'Saya hampir setuju'. Tapi ternyata maksudnya 'Saya tidak setuju sama sekali'. Jederrr, kayak kesambar petir rasanya. Sopannya bukan main.
  • Very Interesting - Hmm, maksudnya pasti sedang memuji sesuatu yang saya tunjukkan, 'Sangat menarik'. Tapi ternyata maksudnya 'Ini jelas sekali nggak mungkin'. Modarrrr, udah terlanjur senyam senyum,  Ini mah sopan santun yang salah.
  • Quite good - Nah, dapat pujian 'lumayan bagus', tapi ternyata maksudnya 'Sedikit membingungkan'. Halaah, kampret betul nih orang. Kenapa nggak to the point aja.




Masih banyak lagi kalimat sehari hari yang bikin bingung dan kita saling petentengan karena salah mengerti. Coba simak yang dibawah ini.
  • With the greatest respect - Wah, keren, 'dia mau mendengarkan saya'. Ehh boro bore respect ucapan saya, maksudnya ternyata 'Saya pikir kamu goblok'. Wow, bisa gue gampar kalau terus terang ngatain gue goblok.
  • I hear what you say - Jelas nih bule ini mendengar dan ngerti apa yang saya katakan. Lhadalah, ternyata maksudnya 'Saya tidak setuju dan nggak mau ngomong lagi lebih lanjut'. Jiancuk, sopannya minta ampun.
  • I'm sure it's my fault - Bingung saya, kenapa dia mengatakan 'Saya yakin ini kesalahanku'. Eh ternyata maksud si bule Inggris 'Semua Ini kesalahanmu !!!'. Kamfrettttt, pfffff. Katanya kamu yang salah lha kok aku yang kamu tuding.

Orang Inggris Nyebutnya Cabs
Orang Amerika Cukup Taxi Saja


Masih mau lagi kata kata bule Inggris yang lain yang bikin kita GR ?
  • I only have a few minor comment - Horeee, cuma dikoreksi sedikit, paling cuma salah ketik dikit. Eh ternyata maksudnya  'Please rewrite completely', Kurang ajaaarrrrr !!!, ngasih kerjaan nggak tanggung tanggung.
  • You must come for dinner - Cihuiii, dapat undangan makan malam. Pakai 'must' pula yang artinya 'harus' datang. Eh, ternyata kalimat tersebut bukan berarti undangan, tapi cuma basa basi orang Inggris aja. Anjritttt, udah terlanjur ngiler bakalan makan enak.

Buckingham Palace

Celakanya lagi, udah nggak jadi diundang dinner, si bule Inggris ini nyletuk 'Are you eating for two ?' sambil memandang perut gendut saya. Gileee, nuduh saya makan jatah dua orang, kapan elo ngasih makan saya. Eh ternyata maksud sebenarnya cuma basa basi bertanya 'Kamu sedang hamil ?'


Blogger Tricks

Selasa, 17 Januari 2017

Kerlap Kerlip Heater Di Musim Dingin

Komplek Restaurant Al Bidaa

Bulan Desember - January adalah puncak musim dingin di Arab, khususnya Kuwait. Tetapi saat musim dingin seperti inilah dimana mana disegala penjuru kota, pemandangan terlihat sangat cantik dan menarik. Terutama malam hari, semua restaurant terlihat ramai dan indah karena kerlap kerlip cahaya dari Heater. Pengunjung restaurantpun juga terlihat ramai dan lebih banyak memilih meja diluar dibanding meja didalam gedung. Seluruh kota terasa berubah dibanding saat musim panas, dimana mana tampak geliat Restaurant Outdoor.


Heater Gas Di Sea View Restaurant Complex

Heater atau pemanas udara di Kuwait umumnya mirip Kompor Gas LPG dengan ukuran yang jauh lebih besar. Setiap ada pengunjung datang dan memilih meja outdoor, maka heater segera didekatkan ke meja dan pelayan restaurant terlihat sibuk menyalakan 'Kompor Gas' raksasa tersebut. Karena heater tersebut untuk diletakkan outdoor, maka bentuknya bermacam macam dan sangat artistik. Menambah indah pemandangan restaurant restaurant di Kuwait. 


Heater Menambah Suasana Restaurang Begitu
Syahdu Dan Romantis (Lokasi Sea View restaurant Complex
Kuwait memang akhir akhir ini banyak sekali berdiri komplek komplek restaurant. Di sepanjang pantai Arabian Gulf antara Fahaheel - Mahboula - Messila saja ada sekitar 10 komplek restaurant. Misal : Spoon, Light, Miral, Sea View, Sidra, The Village dll, masing masing terdiri dari 5 - 10 restaurant. Orang Kuwait memang suka belanja, njajan dan makan enak. Termasuk saya juga.


Sea View Restaurant
Heaternya Seperti Obor Raksasa

Di Souq Mubarakeeyah juga banyak restaurant tenda, sudah tentu outdoor. Kalau musim panas baling baling besar menyemprotkan kabut air. Tetapi kalau musim dingin seperti sekarang ini, setiap meja dipasangi heater pemanas. Bedanya, heater di pasar Mubarakeeyah ini bukan 'Kompor Gas' raksasa tapi Heater Listrik. Meskipun letaknya ditengah pasar, tapi kalau malam hari cahaya heater terlihat sangat romantis. Cuma, karena warung tenda tradisional, maka menu masakan di pasar Mubarakeeyah ini hanya Arabic Food.


Sea View Restaurant Complex
Ada Sekitar 7 Restaurant

Jadi, kalau anda punya kesempatan datang ke Kuwait saat musim dingin, sempatkan barang sejenak untuk menikmati pemandangan indah kerlap kerlip heater pemanas udara di berbagai macam restaurant outdoor dimanapun disegala penjuru Kuwait. Terutama disepanjang pantai Arabian Gulf antara Fahaheel, Mahboula, Messila sampai Kuwait City. Hanya bisa dinikmati saat musim dingin saja.


Heaternya Bagus Kan ?




Api Menyala Dari Heater
Bahan Bakarnya Gas


The Village Restaurant Complex
Mau Italian Resto, Turkish Resto, Lebanese Resto,
Burger Resto, Crepes Resto Semua Ada


Heater Gas Dibelakang Mati Sendiri
Kalau Suhu Udara Sudah Cukup Hangat



Heater Gas Di Komplek Restauran
The Village, Modelnya Beda Beda


Suasana Romantis Diterangi Cahaya Heater Listrik
Di Souq Mubarakeeyah



Heater Listrik Ini Panasnya Bukan Main
Kebab Dan Qobus Souq Mubarakeeyah Memang Enak



Suasana Tempat Makan Di Souq Mubarakeeyah
Satu Meja Satu Heater


Makan Malam Diterangi Sinar Dari Heater
Di Souq Mubarakeeyah Kuwait

Sabtu, 07 Januari 2017

Pijat Dan Nyalon Plus Plus Di Kuwait

Ada Tangan Lembut Cewek
Sedang Memijat .... Hmmmmmm Bisa Pijat Plus Plus

Paling enak itu memang hidup di Indonesia. Mau potong rambut, nyalon atau pijat bisa dimanapun dan tidak ada diskriminasi masalah gender. Mau cari salon dengan hair dresser laki laki, perempuan dan 'banci'pun ada di Indonesia. Salon khusus dengan pelayanan pijat plus juga ada. Cari salon yang karyawannya bisa 'take away' juga ada. Di Kuwait, mana ada salon yang bebas sebebas bebasnya seperti di Indonesia.


Gym Dan Salon Berdampingan
Tukang Pijat Di Kuwait Ternyata Semua Laki Laki
Tiap Hari ngeGym Dan Angkat Barbel

Di Kuwait, wanita dan pria salonnya beda. Salon khusus wanita lokasinya ditempat tempat yang tersembunyi dan tertutup rapat. Beda kan dengan di Indonesia ? Kalau di Indonesia salon bisa untuk pria dan wanita dan banyak terdapat di Mall.  Kita bisa menyaksikan wanita maupun pria yang sedang nyalon. Kalau di Kuwait, hanya salon laki laki saja yang tampak terang benderang dan bisa kita saksikan aktifitasnya dari luar. Di Kuwait, nasib 'banci' sangat buruk sekali, nggak pernah saya menemukan satupun 'banci' yang kerja di salon seperti di Indonesia.


Tukang Potong Rambut Yang Kurus Seperti Ini
Lumayan Langka Di Kuwait


Uniknya, orang Kuwait senang sekali ngeGym. Olah tubuh biar badannya gempal dan berotot. Urusan ngeGym sih nggak jadi masalah karena semua orang juga pingin badannya sehat dan bugar. Yang jadi masalah, hampir semua Gym berdampingan atau dilengkapi dengan fasilitas salon dan pijat. Kalau lagi sepi nggak ada pasien di salonnya, si karyawan salon akan ngisi waktu angkat barbel dulu. 

Salon And Spa Di Kuwait Yang Khusus Laki Laki
Seperti Aquarium Dan Terletak Di Tempat Strategis


Potong rambut di Kuwait itu 'default' prosedurnya kramas, perawatan muka, bersihkan muka baru rambut dipotong dan lanjut ke pijat kalau mau (optional). Bisa kebayang kan, kalau tangannya saja segede 'gaban', ngeramasin rambut dan nyuci muka, kira kira kepala anda gedek gedek, manggut manggut atau bahkan semplok ?



Ngeri Lihat Tangannya Segede Gaban
Di Kuwait 'default' Potong Rambut Itu
Wajah Ditemploki Wax Dulu

Pijat juga sama saja. Cobalah kalau anda ke Kuwait, rasakan sensasi potong rambut dan pijat di salon salon Kuwait. Bisa remek badan karena hair dresser dan tukang pijatnya gempal semacam atlit body builder, angkat berat atau atlit gulat gaya bebas WWC.  Meskipun gambar gambar di etalase depan semuanya tangan lembut cewek yang terpampang, tapi kenyataannya yang melayani anda semacam atlit WWC yang siap memotong rambut dan memijat anda. 


Gilee 'Ulat Bulu Diatas Trailer'
Ini Bulu Bikin Cewek Ngiler'
Plus Ditemploki Aspal


Ya Ampunnnn
Diapain Lagi Ini


Tujuannya Potong Rambut
Tapi Standard Operating Prosedure Selalu
Kramas, Ditemploki Wax, Potong Rambut Dan Pijat


Gileee, Potong Rambut
Bisa Jadi Badut Di Kuwait


Haahhh
Ada Helikopter

Wuihhh, Kepala Goyang Kiri Kanan
Diobok Obok Atlit Gulat


Sabtu, 31 Desember 2016

Piknik Ke KOC Display Center

Namanya KOC Display Center
Lokasinya Di Ahmadi

Ini adalah aktifitas ibu ibu di Kuwait yang tergabung dalam organisasi PIKMI. Sebuah perkumpulan ibu ibu, keluarga besar Oil And Gas yang beranggotakan semua istri karyawan minyak. Anggotanya macam macam, ada yang dari perusahaan minyak nasional seperti KOC, KUFPEC, KNPC, KGOC dan ada juga yang bekerja di Service Company maupun perusahaan pendukungnya seperti Al-Khorayef, Weatherford, Novomet, Schlumberger, Halliburton, Eastern National, Baker Hughes , United Safety, KDC, GDMC dll.


Dua Bus Khusus Untuk Wisata Ke Display Center
Satu Bus Untuk Yang Tinggal Di Kuwait City
Satu Bus Lagi Untuk Yang Tinggal Di Mangaf Dan Fahaheel

Murni perkumpulan orang orang Indonesia yang bertujuan untuk menyatukan semua keluarga perminyakan yang barangkali sehari hari susah sekali bertemu dan bersilaturahmi. Jangan bertanya, PIKMI itu ada nggak kantor pusatnya di Indonesia ?. Jawabnya jelas nggak ada. Ini organisasi buat seneng seneng doang. Aktifitasnya Bikin Baju, Makan Makan, Piknik dan Shopping. Kebetulan anak anak sedang liburan sekolah bulan Desember ini sehingga ibu ibunya sibuk mencarikan kegiatan positif buat si anak. 


Sambutan Ramah Staff KOC

Kali ini tujuan piknik adalah ke KOC Display Center. Sebuah museum perminyakan baru milik Kuwait Oil Company yang belum dibuka untuk umum. Lokasinya di Ahmadi, persis diseberang Ahmadi Governorate. Menurut rencana, bulan February 2017 nanti bertepatan dengan Liberation Day, museum ini baru dibuka untuk umum. Tentu nggak gratis lagi karena saya perhatikan ada loket loket buat beli ticket.


Counter Ticket Di Belakang Sudah Siap
Rencana February 2017 Dibuka Untuk Umum

Isi museum sangat lengkap dan modern. Ada layar melengkung yang sangat lebar sekali untuk menampilkan semua aktifitas perminyakan. Rasanya kita sedang berjalan jalan di lapangan minyak, masuk ke gathering center, berada di control room, naik keatas rig, dan berada di kapal tanker. Kita jadi ikut merasakan suasana kerja di perusahaan minyak.


Photo Bersama
Sekitar 60 Orang Bisa Bergabung

Ada juga gallery History Of Kuwait Oil Company, Oil Discovery, Geology, Reservoir, Drilling, Safety, Fire, Marine Export dan lain lain.  Sangat lengkap dan mudah dipahami oleh anak anak dan siapapun yang tidak tahu sama sekali tentang dunia perminyakan. Apalagi, banyak alat alat yang bisa disentuh dan diaktifkan atau dikendalikan oleh penonton. Contohnya, ada koridor dengan lantai yang kalau diinjak bisa memunculkan informasi tertentu. Nah, ini koridor yang paling gaduh sendiri karena semua pengunjung melompat lompat kesana kemari berusaha menginjak nginjak tombol cahaya warna warni di lantai..


Serasa Berjalan Jalan Ke Seluruh Lapangan Minyak

Piknik ke KOC Display Center ini kurang lebih cuma 2 jam saja sudah tuntas untuk jumlah rombongan sekitar 60 orang. Tetapi prosesnya cukup panjang karena fasilitas baru ini belum dibuka untuk umum. Kira kira tiga minggu baru ada jawaban dan keputusan dari KOC. Belum ada staff tetap yang bertugas untuk menjaga setiap gallery.  Tidak mudah untuk mencari karyawan museum yang tahu dunia Perminyakan dan mau. 


Anak Anak Jadi Tahu Kerja Bapaknya


Seperti Nyata Bisa
Keluar Masuk Fasilitas Perminyakan


Bisa Belajar Sejarah Perminyakan Di Kuwait


Anak Anak Belajar Reservoir Dan Geology
Ooooh, Bapakku Kerjanya Begini Toh 


Interaktif, Diinjak Langsung Keluar Penjelasan
Tentang Reservoir, Geology, Drilling, Production Operation
Safety, Fire, Marine Export Dll


Anak Anak Belajar mengenal
Sumur Minyak

Interaktif
Staff Yang Menjelaskan Sangat Sabar
Dapat Pertanyaan Lucu Lucu


Viewing Gallery


Siapa Pingin Jadi Petroleum Engineer ?
Semua Anak Ngacung


Drilling Engineering Section


Fire Department Section


Marine Export Section

Senyum Ramah Menyambut Rombongan PIKMI

Terakhir, Salam Buat Cagub No 2 : Koh Ahok
Dari Staff Dan Karyawan KOC Kwa Ka Ka

Baca Juga :