Kamis, 02 Februari 2012

Mudahnya Mengurus Visa Lebanon

Beirut - Paris Of Middle East

Pemandangan Beirut Sepanjang
Laut Mediterania
Siapa bilang mengurus Visa Lebanon sulit dan rumit. Ternyata sangat mudah sekali dan tidak perlu persyaratan yang neko neko. Cukup datang ke Kedutaan Lebonon terdekat den semuanya bisa diselesaikan hanya dalam beberapa jam saja. Tidak seperti pengurusan Visa di negara lain yang biasanya perlu waktu 4 hari sampai beberapa minggu, di Kedutaan Lebanon, khususnya Kedutaan Lebanon di Kuwait semuanya dibuat sesderhana mungkin. Lebanon memang memberi kemudahan untuk kunjungan wisata bagi siapapun juga dan tidak salah kalau Beirut dinobatkan sebagai Kota Tujuan Wisata Wajib Nomor Satu Versi New York Times 2009. Negara ini benar benar telah menggeliat kembali setelah dilanda perang saudara yang berkepanjangan beberapa tahun lalu.


Corniche Dari Kamar
Arjaan Rotana Hotel
Siapkan syarat syarat Visa sebagai berikut :

  1. Isi Form Aplikasi Visa Yang tersedia di Kedutaan Lebanon
  2. Serahkan Passport Asli
  3. Tunjukkan bukti Booking Pesawat pulang pergi atau booking Hotel di Lebanon
  4. Bayar biaya pemrosesan Visa sebesar KD 11 (kurang lebih Rp 350.000).
Untuk booking hotel, saya tidak memerlukan tour travel cukup booking langsung melalui Booking.com. Disamping praktis, pembayaran dilakukan pada saat check in di hotel dan juga bisa dibatalkan seandainya Visa ditolak.


Kehidupan Malam Beirut
Tunggu ditempat duduk yang tersedia sampai nama anda dipanggil. Passport anda akan distempel dihalaman kosong dan ditulisi bahasa Arab yang tidak saya ketahui artinya. Setelah itu dimintakan tanda tangan untuk persetujuan. Total waktu yang diperlukan tidak sampai 2 jam kalau antrian tidak panjang. Ini adalah One Day Service yang sebenar benarnya. Ambil brosur brosur tempat wisata Lebanon yang banyak tersedia di ruang tunggu kedutaan Lebanon untuk mengisi waktu daripada termenung menung nggak ada kerjaan.



Menuju Tripoli Dengan
Mobil Sewaan
Tidak usah kuatir tentang keamanan Lebanon. Negara ini aman tenteram meskipun suhu politik dengan negara tetangganya Israel sering hangat. Tidak usah takut dengan berita berita tentang masa lalu perang saudara di Lebanon, semuanya sekarang tinggal sejarah saja dan negara ini aman dan tenteram. Lebih aman di negara ini dibanding di Pasar Tanah Abang, Pasar Jatinegara atau Mangga Dua. Belum pernah saya melihat copet, tukang palak atau jambret dinegara ini. Kemana mana saya menggunakan mobil sewaan yang saya booking secara online. Agar tidak kesasar kemana mana, tentu andalan saya adalah GPS Garmin yang telah mengantar saya keliling dunia hampir 30 negara. 


Baca Juga :


26 komentar:

  1. Hai.... Saya sangat tertarik untuk berlibur dan mengunjungi teman di lebanon... Apakah pengurusan visa lebanon anda dilakukan di indonesia...? Mohon dapat di-share langkah2nya yaa... Kalau memang memungkinkan dan tidak mengganggu, saya dapat dikirimkan e-mail di sarisiahaan@yahoo.com... Terimakasih sekali yah atas bantuannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di embassy manapun syaratnya relatif sama. Baca petunjuk diatas dengan benar dan datangi embassy Lebanon di Kuningan Jakarta

      Hapus
  2. pak..mau tanya bisa gak kita beli Tourist Visa on Arrival di air port??? rencananya kami akan berangkat dari Bali dan kalau ke jakarta lagi akan butuh biaya dan tenaga. trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anda akan ditolak berangkat pada saat check in di airport Bali kalau passport anda tidak ada visa Lebanon. Gimana anda bisa memproses VOA di airport Beirut kalau di Bali saja anda ditahan / tidak diijinkan terbang petugas check in ticket dan petugas imigrasi. Siapa bilang Lebanon bisa VOA ?

      Hapus
    2. Hi salam kenal,
      Saya menikah dengan lebanesse dan sy berencana pergi ke sana oktober 2013. Untuk persyaratan lebanon visa, perlukah kita menunjukan return ticket pesawat? Pada waktu sy membuat surat ijin menikah di kedutaan lebanon di kuningan (bln Agustus 2013)petugas disana bilang kalo utk indonesian agak susah dan perlu waktu lama dapatin visa Lebanon, apakah betul? Saya menetap di Malaysia, mungkinkah permohonan visa di Kuala Lumpur lebih mudah seperti anda bilang? Terima kasih jawabannya.

      Hapus
    3. Kalau menikah berarti visa anda bukan visa turis. Tapi recidency visa atau visa family. Yang ngurus bukan anda tapi orang lebanon yg menikahi anda. Anda tinggal nunggu visa datang saja.

      Hapus
  3. ok pak terimakasih atas infonya

    BalasHapus
  4. Kami sudah menikah di Indonesia. Tujuan sy kesana hanya mengunjungi keluarganya. Jadi sy hanya perlu social visa. Yg saya tanyakan apakah permohonan visa lebanon di Jakarta jg mudah seperti yg anda bilang? Sdg kan info anda yg anda buat pada 2012.
    Kalau dari Lebanon sy ingin berkunjung ke Italy, apakah sy perlu apply visa Italy juga?
    Terima kasih atas jawaban yg super cepat :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Urus saja visa turis. Kalau anda menyebut nyebut menikah dengan orang lebanon, dijamin malah semakin sulit karena surat nikah anda kemungkinan belum didaftarkan atau disahkan pemerintah Lebanon. Yang bisa melakukan itu ya jelas yang berwarga negara Lebanon, bukan anda. Kalau buat visa turis sangat cepat, syaratnya diam, tiket pp, booking hotel, passport. Tahu tahu anda sudah tiba disana dan suami anda pasti akan terkejut.

      Hapus
    2. Ya iyalah Lebanon dan italy itu negara yg berbeda, masak ke lebanon anda sibuk ngurus visa lalu masuk italy mau nggak pakai visa. Apa anda mau berenang ke italy untuk menghindari pemeriksaan di airport ?

      Hapus
  5. Untuk yang telah menikah dengan orang lebanon, akan lebih mudah. Jika pernikahan dilakukan di Indonesia, segera mendaftarkan ke kedutaan lebanon di Jakarta dengan membawa kedua buku nikah. Surat keterangan yang menyatakan proses pendaftaran pernikahan bole dijadikan bukti permohonan visa. Dan itu lebih mudah. Tapi sekali lagi bergantung pada sekretariat jenderal Lebanon. Karena saya menetap di Malaysia maka saya mohon visa di Kuala Lumpur, kita hanya perlu email dengan mengisi application form dan mereka akan menelpon kita apabila visa sudah di approve kan oleh secretariat Lebanon yang mengambil masa lebih kurang sebulan. Untuk keterangan lebih lanjut bisa menelpon kedutaan lebanon Di mana aja dijamin mereka akan menjelaskan dengan ramah. Untuk bapak Ardi, makasih infonya tentang diary perjalanan anda, sangat menarik dan bermanfaat. Terima kasih.

    BalasHapus
  6. Saya sngat menarik dengan blog anda.bagaimana boleh saya mohon visa pelajar

    BalasHapus
  7. saya kok kesulitan ya mendapatkan visa lebanon. saya berencana mengunjungi lebanon di bulan Maret 2014, pada bulan januari saya tlp ke kedutaan lebanon di jakarta dan petugas di bagian visa mengatakan bahwa saya tidak bisa apply visa turis karena pemerintah indonesia tidak mengizinkan perempuan Indonesia yang belum menikah untuk berkunjung ke Lebanon. Dia bilang kalo saya ingin berkunjung saya harus mendapat undangan resmi dari KBRI Lebanon. Lalu saya coba menghubungi travel agent dan mereka semua mengatakan belum pernah menangani visa Lebanon dan tidak ada kerjasama dengan embassy Lebanon. Saya jadi bingung, apakah saya harus pergi ke Malaysia atau Singapur hanya untuk mendapatka visa nya? Mohon informasinya kalau ada yang tau mengenai apply visa Lebanon dari Jakarta, Many thanks!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau wanita sendirian jelas tidak bisa karena indonesia telah mengeluarkan moratorium ke beberapa negara di Timur Tengah bbrp tahun lalu. Tujuannya supaya tidak ada lagi agen abal abal yang seenaknya saja kirim TKW. Kalau anda dapat undangan bisnis dari perusahaan di lebanon baru bisa. Wisata sendirian nggak akan mungkin.

      Hapus
  8. oohh gitu ya. Kebetulan undangan saya dari keluarga teman saya yang dulu sama ama kuliah di Australia. Apakah ini memungkinkan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Undangan pribadi atau perorangan kalau berupa surat biasa jelas nggak bisa. Yang bisa adalah teman/saudara anda tersebut membuatkan visa kunjungan untuk anda dari lebanon. Sering ini disebut dengan calling visa. Untuk bisa membuat calling visa teman anda tersebut harus residence di lebanon, bukan sedang nglencer ke lebanon.

      Hapus
  9. Wah syukur deh karena keluarga teman saya itu memang kebetulan warga negara Lebanon. Terima kasih banyak untuk infonya ya... sangat berguna :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ass mba, apa mba jadi ngurus visa ke lebanon untuk travel sendiri? apa saja syarat dan prosesnya mba, apakah visanya di approved oleh Lebanese embassy-nya? ditunggu feedbacknya mba. Terima kasih

      Hapus
  10. Kalo boleh tau berapa lama proses pembuatan visa kerja di lebanon?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semua syarat komplit nggak nyampai seminggu. Kalau pad sepi malah bisa dua hari kerja.

      Hapus
  11. Asslmkm
    Untuk visa belajar gimana ngurusnya?
    terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Acceptance letter dan surat pengantar lain dari university dibawa ke embassy beserta syarat yg lain spt photo, passport.

      Hapus
  12. Siapkan syarat syarat Visa sebagai berikut :

    Isi Form Aplikasi Visa Yang tersedia di Kedutaan Lebanon
    Serahkan Passport Asli
    Tunjukkan bukti Booking Pesawat pulang pergi atau booking Hotel di Lebanon
    Bayar biaya pemrosesan Visa sebesar KD 11 (kurang lebih Rp 350.000).

    Gak diminta asuransi perjalanan atau pun rek tabungan?? Visa valid berapa bulan?

    BalasHapus
  13. Nggak perlu travel insurance. Tapi lebih baik punya kalau anda keluar negeri.
    Rekening tabungan bisa diminta bisa juga tidak tergantung mood petugas di embassy. Tapi hrs anda siapkan.
    Visa valid kalau nggak salah 3 bulan

    BalasHapus
  14. terima kasih...isi blognya sangat membantu.
    saya berencana pergi ke Lebanon akhir tahun besok. dan kebetulan menghadapi masalah yang sama yaitu sulit mencari agent yang bisa membantu mengurus visanya.

    akhirnya saya menelpon pihak embassy untuk mengetahui persyaratan pembuatan visa di sana. Dan ternyata untuk liburan kesana mereka bilang saya harus punya letter of sponsor dari perusahaan saya yang menyatakan saya bekerja, dan juga rekening koran 3 bulan terakhir. Pertanyaannya adalah kira-kira berapa ya nominal minimum dalam rekening tersebut. sementara saya kesana hanya akan berkunjung selama 4 hari

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak ada patokan saldo minimum, yang jelas cukup untuk biaya hidup di negara tujuan selama anda disana. Total semua kebutuhan disana, tetmasuk tour, hotel, makan dll. Tiket pp dilampirkan kalau sudah beli.

      Hapus

Silahkan menuliskan komentar dengan bahasa yang jelas, sopan dan beradab.