Selasa, 20 Maret 2018

Cerita Seram Pemandian Air Suci Galta Ji

Galta Ji Temple Jaipur

Namanya Galta Ji Temple. Tempat ini merupakan sekumpulan bangunan tempat ibadah orang India yang terletak diantara tebing batu cadas Aravali Hill. Lokasi tepatnya di Khania Balaji, sekitar 10 Km dari kota Jaipur, Rajasthan, India. Sering juga orang menyebut dengan nama Monkey Temple (Khole Ke Hanuman Ji) karena komplek bangunan ini dihuni banyak sekali monyet yang dikeramatkan. Salah satu kuil monyet ditempat ini namanya Galwar Bagh. Sebenarnya nggak cuma monyet saja yang dikeramatkan di tempat ini, tapi sapipun juga dibuat hidupnya enak, nyaman dan mulia disini.

Tempat Yang Disucikan Orang India Ini Sangat
Ramai Saat Hari Keagamaan Tertentu

Sebagai tempat suci warga India, sudah tentu banyak sekali benda yang dikeramatkan selain monyet dan sapi. Yang sangat terkenal dan menjadi tujuan para pengunjung adalah kolam besar berisi 'Air Suci' yang katanya berasal dari mata air yang mengalir dari bukit bukit disekitarnya. Pada hari hari besar keagamaan tertentu, semua orang India tumplek blek datang dan mensucikan diri di kolam ini. Kalau nggak salah ada tujuh kolam pemandian besar berundak dari yang paling Maha'suci' sendiri terletak diatas dan paling bawah sendiri dengan kwalitas ke'suci'annya masuk kategori 'pas pasan'. 

Pemandangannya Sangat Bagus
Apalagi Saat Rintik Rintik Hujan Seperti Ini

Yang jelas warna airnya hijau - hijau tua seperti berlumut, dan katanya nggak pernah kering dari jaman dulu. Gimana bisa kering, dikuras dan dibersihkan saja sepertinya nggak pernah dan itu terlihat dari warna airnya yang hijau dekil. Monyet monyet yang menghuni bangunan  kuil disekitar kolam inipun terlihat juga ikut ikutan gembira ria nyemplung dan mandi di kolam ini. Sapi katanya juga dimandikan di kolam ini, tapi saya tidak melihat sendiri saat itu.

Ini Tempat Ibadah Orang India
Penuh Ukiran/Lukisan Bergambar Monyet

Saat saya datang, kolam pemandian yang paling atas sedang dibuka untuk umum sedangkan kolam lainnya ditutup. Nama kolamnya Galta Kund. Kolam ini katanya kolam yang paling suci dan nggak pernah kering. Baik laki laki maupun perempuan mandi bareng ditempat yang sama, nggak ada pemisah sama sekali tetapi yang perempuan mengelompok sendiri di kolam sebelah kiri. Mungkin risih kalau membaur dengan yang laki laki.

Monyetnya Banyak Dan Jinak
Tapi Jangan Jahil Dan Mengganggu Ya

Cukup lama saya mengamati orang India sedang mandi dan saya langsung bisa menyimpulkan. Ternyata, sebagian besar lelaki India itu celana dalamnya cuma cawet atau kolor. Bahannya semacam kain karung tepung terigu seperti yang sering dipakai kakek saya waktu jaman perjuangan 1945. Jarang yang terlihat ada laki laki yang memakai celana dalam modern merk Rider, Hings, GTMan atau Speedo. Mungkin ini pengaruh dari Mahatma Gandhi yang selalu menganjurkan memakai produk tenun buatan sendiri.

Bangunan Kuno Tempat Ibadah
Ada Monyet Dan Juga Sapi Yang Dikeramatkan

Yang wanita ternyata juga sama saja. Dibalik kain Saree yang menutupi tubuhnya, tidak ada satupun yang terlihat memakai Bra Modern merk Triump, Sorella, Victoria Secret atau semacamnya. Begitu kain Saree dibuka ternyata yang terlihat Bra model kuno seperti rompi warna warni dan celana dalamnya juga mirip celana pendek kolor tepung terigu yang sering dipakai nenek nenek jaman baheula. Bra-nya sebenarnya sama dengan baju biasa sedada tanpa busa padding atau bahan elastis yang kencang. Sepertinya wanita India juga patuh mengikuti anjuran Mahatma Gandhi untuk menjahit dan menenun sendiri pakaian dalamnya.

Menuju Kolam Teratas Bisa Ketemu Monyet

Kalau anda sering nonton film Bollywood, tentu anda kenal dengan artis cantik Priyanka Chopra dan aktor ngganteng Shahrukh Khan. Nah, meskipun mereka cantik dan ngganteng, percayalah bahwa pakaian dalamnya pasti hasil tenun lokal dari bahan kain katun seperti karung tepung terigu. Bikini sexy yang dipakai Priyanka Chopra di film-film Bollywood itu hanyalah iklan promosi dari perusahaan bikini Eropa / Amerika yang ingin menembus pasar India. Susah memang menembus pasar India kalau penduduknya sudah terlanjur cinta produk dan design dalam negeri sejak jaman kolonial. Percayalah .... atau buktikan sendiri di Galta Ji Temple Jaipur.

Naik Tinggi Sekali Menuju
Kolam Paling Suci Galwar Bagh

Warna Airnya Hijau Tua Dan Cenderung Hitam
Sepertinya Kok Kotor Dan Dekil

Warna Airnya Hijau Seperti Berlumut
Monyet Juga Ikutan Nyemplung Dan Mandi Di Air Suci

Wanita India Nggak Ada Yang Pakai Bra Modern
Modelnya Seperti Rompi Dan Langsung Ditutup Kain Saree

Jarang Yang Memakai Celana Renang Modern
Speedo Atau Merk Lainnya, Umumnya Made  In India

MasyaAllah, Yang Mandi Emak Emak Dan Nenek Nenek
Kenapa Bisa Begini ?

Celana Kolor Kain Tenun
Yang Juga Dipakai Oleh Mahatma Gandhi
Baca Juga :

9 komentar:

  1. Ha,,ha,,lucu banget ngamatinya celana kolornya jgn lama lama ya agak nampak,,he,,he

    BalasHapus
  2. keren narasinya .. foto2 juga ciamik

    BalasHapus
  3. Hebat. Saya menanti cerita berkelanjutan. Salam hangat.

    BalasHapus
  4. Keren, ditunggu kelanjutannya ttg laporan perjalanan lainnya di India Mas.
    Salam Kenal

    BalasHapus
  5. Salfok 😀😀😀

    BalasHapus
  6. Semoga Banyak Cerita yang menarik Lagi Ok// Tank Mbak Susi Mas Ardyanto.

    BalasHapus
  7. Wah...menarik ceritanya...sip...

    BalasHapus

Silahkan menuliskan komentar dengan bahasa yang jelas, sopan dan beradab.