Selasa, 07 Juli 2020

Pasar Rumput Edinburgh

Lapak Lapak PKL Di
Grassmarket Edinburgh, UK

Di Edinburgh, UK ada suatu tempat yang dulunya berupa lapangan. Lokasi tidak jauh dari Edinburgh Castle, tepatnya dibawahnya. Kira kira semacam alun alun tapi karena contour permukaan tanahnya berbukit bukit maka Istana dibangun dipuncak bukit dan tempat keramaian rakyat berada dibawahnya. Sekarang alun alun ini sudah berlantai beton, aspal dan con block dengan berbagai toko, restaurant dan hotel mengelilinginya. 

Jual Tas Kulit
Sepertinya Dari Yogyakarta

Namanya Pasar Rumput tapi tidak ada rumputnya sama sekali. Namanya sama dengan nama pasar barang bekas terkenal di Jakarta  yang terletak tidak jauh dari Jl Minangkabau atau Terminal Manggarai. Mengucap Pasar Rumput rasanya kok nggak enak. Jauh jauh berkunjung ke Edinburgh lalu pulang ke tanah air cerita ke kawan, saudara, ninik dan mamak menyebut nama Pasar Rumput, rasanya kurang keren gicu. Baiklah biar terlihat canggih dan layak tayang di FB/Instagram saya sebut saja sesuai aslinya yaitu Grass Market atau Grassmarket.

Yang Dijual Gelang, Kalung, Cincin Akik

Entah takdir atau kutukan saya tidak tahu. Kenapa kalau namanya Pasar Rumput dan diubah ke bahasa apapun, dibolak balik seperti apapun termasuk diInggriskan menjadi Grassmarket atau Grass Market tetap saja 'Kumel' isinya lapak lapak pedagang kaki lima.  Ada yang jual gelang, kalung, cincin batu akik dan ada juga yang jualan casing handphone.

Jualannya Kalah Canggih Dibanding
Pasar Rumput Jakarta

Sepintas saja saya bisa menilai, pedagang Pasar Rumput Jakarta jauh lebih kuat modalnya dibanding pedagang Bule Grassmarket. Di Jakarta yang dijual bath tub bekas, WC bekas, Kursi Roda Bekas, Spion dan Lampu Mobil Bekas, Sepeda Bekas dan berbagai macam barang bekas lainnya. Di Grassmarket jualannya cemen semua, cuma accesories wanita, souvenir dan pernak pernik barang barang kodian yang saya duga didatangkan dari China.

Accesories Wanita Buatan China
Banyak Di Grassmarket

Barang Kulit Yang Dijual
Mirip Di Malioboro

Bule Penjual Kerak Telor Perancis

PKL Bule Inggris

Sama Namanya Pasar Rumput
Di Jakarta Jual Bath Tub Dan WC Bekas

Saya Kira Jualan Kerak Telor

Edinburgh Castle
Di Puncak Bukit

Kerak Telor Perancis
Biar Keren Sebut Aja Crepes

Alun Alun Grassmarket Pagi Hari
Sebelum Ramai Pedagang Kaki Lima

Alun Alun Grassmarket Pagi Hari
PKLnya Lagi Menata Lapak
Dan Ndorong Gerobak

 Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan menuliskan komentar dengan bahasa yang jelas, sopan dan beradab.