Senin, 31 Oktober 2011

Ke Bahrain Dengan eVisa

Bendera Bahrain
Ingin pergi ke Bahrain saat ini begitu mudahnya. Untuk pembuatan Visa, tidak perlu lagi harus repot datang ke Kedutaan Bahrain tetapi cukup dari computer dimanapun juga kita berada. Sejak awal 2010 yang lalu, Bahrain sudah lebih dulu berada didepan dalam urusan Visa, baik Visa Turis maupun Visa Bisnis, terutama  dibanding negara negara tetangganya di Timur Tengah. Semua permohonan Visa cukup diajukan online dan tentu sangat mudah sekali dan cocok bagi saya yang dari dulu  terkenal sangat pemalas untuk mengurus apapun yang berbau birokrasi.

Pertama yang harus anda lakukan sebelum mengajukan Visa Bahrain adalah sbb :
  • Siapkan Scan Photo Terakhir
  • Siapkan Scan Passport
  • Siapkan scan Civil ID dan Residency Permit. Dokumen ini diperlukan kalau anda penduduk GCC (Kuwait,Oman, Qatar, Saudi Arabia, United Arab Emirates)
  • Kalau anda bukan penduduk GCC, siapkan scan Invitation Letter dari sponsor di Bahrain. Invitation Letter ini bisa berupa bukti booking hotel kalau anda booking online atau bisa juga anda minta dari hotel tempat anda menginap di Bahrain. Silahkan click Registered Sponsor untuk melihat hotel hotel di Bahrain yang terdaftar, tetapi bukan berarti hanya hotel hotel yang terdaftar ini saja yang boleh mengeluarkan Invitation Letter, hotel lainpun juga bisa. Saya terbiasa booking hotel menggunakan Booking.com
  • Scan tiket pesawat tidak mutlak diperlukan saat anda mengajukan Visa Bahrain secara online ini, tetapi kemungkinan besar akan ditanyakan di bandara Bahrain untuk memastikan tanggal kepulangan anda sesuai atau tidak dengan masa berlaku Visa.


World Trade Center
Bahrain
Apabila scan dokumen sudah anda siapkan  semua, silahkan memulai dengan memeriksa terlebih dahulu apakah anda bisa mendapatkan eVisa Bahrain atau tidak. Setelah itu baru apply dan periksa apakah eVisa anda diterima atau tidak. Silahkan apply melalui link ini

Bahrain eVisas

Biaya eVisa Bahrain sekitar BD 7 (USD 19) saja. Lihat detailnya di What is the Visit eVisa. Untuk resident GCC biayanya lebih mahal dan hampir dua kali lipat, mungkin dianggap banyak duit semua sehingga dibedakan sedemikian rupa. Baca eVisas For GCC  

CATATAN :
Bagi pemegang passport Indonesia yang berdomisili di GCC (punya residency permit GCC) bisa langsung memproses visa di Bahrain Intrnational Airport hanya dengan menunjukkan tiket pulang pergi saja. Jauh lebih sederhana karena tidak perlu mempersiapkan photo, copy passport atau syarat lain.

Baca Juga :


  

47 komentar:

  1. mau tanya kak klo bkin visa k bahrain jadinya biasanya berapa lama ya? lebih lama pakain evisa atau bkin langsung.. soalnya kakak saya kn d bahrain bikinin visa kok lama bgt.. mkasih kak buat info nya.. tlong d bls ya.. terimakasih sekali :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, Calling Visa mensyaratkan bahwa yang memanggil (kakak anda) harus punya residency permit Bahrain. Kalau nggak punya residency permit Bahrain jelas nggak bisa. EVisapun juga mensyaratkan ada penjamin di Bahrain, misal hotel bintang 5 tertentu dan harus profesional seperti enginer, dokter, manager dll). Baca detail websitenya evisa.

      Hapus
  2. Assalam alaikum, k saya mau tanya, sya lagi bingung mau apply evisa buat Bahrain, soalnya calon suami saya itu org Bahrain. Insha allah dlam waktu dekat saya mau kesana mengunjungi keluarganya. berapa kali sya mau apply evisa tapi ga bisa2, sya sudah minta surat sponsor dari dia. semuanya sudah lengkap. minta saran ya k gmna bisa apply evisa.


    wassallam
    Jane

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya nggak bisa dong. Kalau mau ikut suami yang ngurus ya harus suaminya supaya anda nanti bisa residence Bahrain. Syaratnya juga banyak. Calon suami anda yang harus buatkan calling visa bukan anda. e-Visa hanya untuk tujuan wisata.

      Hapus
  3. Kak saya mau berencana ikut badminton bahrain open juni nanti di bahrain.. Invitation letter nya gimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk olah raga, tanyakan ke komite. Undangan ke komite badminton anda sudah cukup. Tapi yg mengurus visa anda ke embassy bukan anda, harus komite. Pemain nggak perlu sibuk ngurus visa.

      Hapus
  4. Salam. Kl saya tdk slh ambil kesimpulan, evisa Bahrain butuh invitation letter dari hotel tempat saya nanti menginap. Tiket PP. Tapi agak bingung dgn " apakah saya bisa apply evisa " -- ini mksdnya gmn pak? Untuk fee nya, bayarnya gimana? Saya ada rcn wisata ke Bahrain.Makasih.

    BalasHapus
  5. Salam ,saya rencAna mau ke bahrain untuk 9 sampe 10 hari saja,,tapi buat apply evisa minta data rekening bank 3bulan terakhir,sedangkan saya jarang pakai rekening bank ,apabisa saya mendapatkan voa saja??tolong infonya thanks ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau anda punya residency permit GCC maka bisa VOA. Tapi kalau nggak punya ya jelas nggak bisa VOA.

      Hapus
  6. Kak, saya mau tanya
    saya ngajuin eVisa kemaren, tapi sampe sekarang saya cek di website eVisa pengajuan eVisa saya belum di approve. Saya lalu tertarik ke pengumuman di website nya ttg tambahan negara yg bisa ngurus visa nya di visa on arrival. Ternyata Indonesia udah termasuk di dalamnya. Sebaiknya gmn ya kak, tetep nunggu sampe yg dicek online di approve, atau ngurus nanti aja pas sampe di Bahrain nya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baca lagi yg teliti, berapa hari selesainya, buka email yg anda cantumkan saat apply dan baca gimana cara respond email kalau ada masalah. Ikuti saja prosedurnya. Kalau baru apply lima menit lalu tunggu saja karena nggak mungkin bisa jadi dalam waktu 5 menit

      Hapus
  7. Salam, mas ardi saya rencana mau apply evisa dan harus melampirkan ticket onward. Apakah ticket itu harus terisud atau booking saja dulu? Sbb klau tdk di approve sayang dong ticketnya. Trima ksh balas ya.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang ada resiko kakau apply visa baik yg evisa maupun visa kunjungan biasa karena umumnya meminta tiket pp dan booking hotel.
      Kalau nggak berani ngambil resiko berarti belum saatnya bepergian ke luar negeri.

      Hampir semua negara minta kedua bukti tersebut untuk menentukan tgl berlaku visa dan memastikan anda benar benar punya tempat tinggal disana bukan menggelandang.

      Hapus
  8. Thanks mas replynya... Tp pertanyaanku blm terjawab nih. Sesusi pengalaman mas ticket harus sudah confirmed ya?

    Hehe biar lebih yakin mas.
    Thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Booking hotel maupun tiket pesawat pp tidak perlu confirm. Hanya mau dilihat kapan berangkat sehingga masa berlaku visa akan dibuat sebulan mulai hari berangkat anda.

      Hapus
  9. Salam, pada saat apply ternyata diminta bank statement 3 bulan terakhir. bisa info, untuk minimum tabungan? terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kira kira cukup untuk biaya hidup anda selama di Bahrain. Hitung sendiri berapa hari anda disana dan buktikan dengan tiket pesawat pp dan booking hotel.

      Hampir semua negara minta rekening 3 bulan terakhir untuk ngurus Visa terutama untuk melihat apakah punya pemasukan rutin setiap bulan dan bisa hidup selama di negara tersebut.

      Hanya orang Indonesia khususnya Aceh saja yang beda, kedatangan pengungsi Rohingya pengangguran nggak punya uang sama sekali malah dielu elukan seperti kedatangan tamu kehormatan.

      Hapus
    2. terimakasih untuk info nya. sangat membantu

      Hapus
  10. Salam, saya mau bertanya jika sponsornya teman saya sendiri, dia seorang polisi, dan dia yang akan menanggung semua biaya ketika saya berada di Bahrain, kira-kira bisa gak? lalu apakah perlu melampirkan rekening 3 bulan terakhir? Terimakasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Suruh teman anda tsb membuatkan visa kunjungan dari Bahrain. Cukup Ke Immigrasi terdekat dengan bawa copy passport anda dan surat keterangan dari KBRI Bahrain. Anda nggak perlu sibuk karena anda diundang teman.

      Hapus
    2. Terimakasih banyak: ), kalau boleh tahu berapa lama saya bisa berkunjung ? Dan apa jenis visanya?

      Hapus
    3. Visa kunjungan atau turis paling 1 sampai 3 bulan saja

      Hapus
  11. Terimakasih banyak: ), kantor imigrasi atau kedubes bahrain? Kalau ke kantor immigrasi untuk membuat apa?

    BalasHapus
  12. Terimakasih banyak: ), kantor imigrasi atau kedubes bahrain? Kalau ke kantor immigrasi untuk membuat apa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang ke kanyor imigrasi itu teman anda di Bahrain. Dia yang mbuatin calling visa buat anda. Ongkang ongkang aja anda di Indonesia nunggu kiriman visa dari Zbahrain

      Hapus
  13. Maaf tanya lagi, saya masih bingung, lalu bagaimana saya mendapat visa? Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau teman anda mau susah payah ke KBRI dan imigrasi Di Bahrain ya pasti anda dapat kiriman visa. Kalau nggak mau ngurusi anda langsung aja di unfriend :)

      Hapus
  14. hai kak pacar ku di bahrain saat ini trus dia minta aku visit untuk visa dia bisa urus jadi selebih nya aku harus siapin apa aja d indonesia untuk persiapan makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tunggu saja calling visa untuk anda datang. Kalau visa visit nggak ada yang harus dipersiapkan. Kalau anda sudah menikah dan akan menjadi residence maka harus ada SKKB dan surat keterangan sehat.

      Hapus
  15. Berapa lama maksimal bisa berkunjung ke Bahrain Pak Ardi,, dan yang saya tanyakan jika lewat e-visa,, haruskah ada tiket dulu atau aply dulu,,takutnya sudah ada tiket tapi tidak diapprove
    Trimakasih,,sy Ady

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baca sendiri link Bahrain eVisa tentang syaratnya. Setahu saya belum ada embassy Bahrain di Jakarta, jadi pilihan cuma satu. Berani apply evisa online dengan segala resiko atau tidak usah mimpi ke Bahrain

      Hapus
  16. Asslkum, mas saya mau k bahrain tpi tpi singgahvdlu di oman kira" bisa VoA gk ? Trus klo VOA fee nya berapa ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau residence GCC countries bisa VOA, tapi kalau anda cuma berkunjung ke Oman berarti anda perlu visa Bahrain. Apply saja eVisa Bahrain.

      Hapus
  17. Klo punya permit di oman bisa VOA gk mas..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kan jelas permitnya hanya bisa dipakai untuk Oman saja. Bahrain itu jauh, harus nglewati UAE dan Saudi kalau mau ke Bahrain. Anda harus terbang kalau waktu terbatas karena lewat darat nglewati Saudi, hrs punya visa Saudi.

      Hapus
  18. Dari oman k bahrain bisa lwat darat gk..? Klo bisa prmit nya brapa hari ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa tapi harus punya visa Saudi Arabia karena nglewati negara ini.

      Hapus
  19. mau tanya donk...
    klo buat visa turis ke bahrain apakah ada minimal tabungan?
    klo kurang tabungannya apakah bisa menggunakan invitation dari teman yang tinggal di bahrain?

    terima kasih ^-^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tabungan 3 bulan terakhir dengan saldo secukupnya, pokoknya bisa hidup disana selama masa tinggal anda. Baca syarat evisa online melalui link diatas.

      Hapus
  20. Salam, saya berencana ke Bahrain untuk mengunjungi teman saya, bagusnya sy aply eVisa atau teman saya yg ngurus visa sy? Prosesnya gmn jika teman sy yg ngurus? Trimkasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau teman anda bisa ngurus Calling Visa dari dalam akan lebih baik karena teman anda yg jadi sponsor buat anda. anda tinggal nunggu saja visanya datang.

      Hapus
  21. Salam, sy berencana ke Bahrain bln Oktober utk mengunjungi teman saya, jika teman sy yg mau ngurus, apa sj yg sy siapkan utk mendapatkan visa? Bgmn prosesnya? Trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak usah mikirin proses karena itu urusan teman anda. Cukup kirimin copy passport dan hubungan keluarga. Kalau nggak ada hubungan keluarga sama sekali rasanya mustahil, kecuali ada surat yang menguatkan alasan mendatangkan orang. Biasanya harus disahkan ke KBRI dulu dan disetujui oleh ministry of interior segala. Kalau teman anda beda kebangsaan, akan langsung direject kecuali ada surat nikah.

      Hapus
  22. Teman sya warga negara texas, kerja di bahrain, berarti dia g bs ngurus visa dr sana? Dan sy hrs aply evisa online?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biarin saja dia ngurus dari dalam. Nanti kan mentok juga. Perorangan hanya bisa mensponsori keluarganya saja, titik.
      Kalau dia bisa mendapatkan sponsor perusahaan atau embassy buat anda berarti Sakti.

      Hapus
  23. Jika rencana sy awal Okt berangkat, kapan mulai urus visanya? Trimkasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebulan sebelumnya. Ikuti saja syarat syarat yang tertulis dlm websitenya. Semua cukup jelas.

      Hapus

Silahkan menuliskan komentar dengan bahasa yang jelas, sopan dan beradab.