Sabtu, 27 Juni 2020

Rambu Lalu Lintas Cebol Di Spanyol


Entah Berapa Kali Aspal Ditinggikan
Sehingga Rambu Tinggal Semeter

Hilang rasa letih dan lelah kalau kita melakukan perjalanan nyetir sendiri mobil sewaan keluar kota, kemanapun diseluruh penjuru Spanyol. Sepanjang jalan sering kali kita semua tertawa terbahak bahak dan rasanya ingin sekali saya guling guling dan salto di jalanan. Bagaimana tidak tertawa, pemandangan sepanjang jalan mempertontonkan betapa lucunya Dinas Pekerjaan Umum Spanyol dan Kontraktor kontraktor  yang dapat proyek memperbaiki jalan umum.

Tahun Depan Kalau Aspal Ditinggikan Lagi
Rambu Ini Tinggal Gambar Kuda

Kalau ada kontraktor menang tender perbaikan jalan, caranya sama persis dengan para kontraktor Indonesia tahun 1970an. Aspal lama langsung saja ditimbun atau diurug dengan aspal baru, tidak dikerok dulu. Cara perbaikan jalan model timbun dan urug ini entah sudah terjadi sejak kapan, yang jelas saat ini hampir semua rambu lalu lintas  di jalan umum luar kota banyak sekali yang 'cebol'. Separuh tiangnya tertimbun aspal yang bertambah tebal dari tahun ketahun. Rata rata tinggi rambu lalu lintas tinggal satu meter saja.

Rambu Cebol Banyak Di Spanyol

Lebih lucu lagi kelakuan kontraktor Spanyol kalau dapat proyek untuk membuat tembok penahan longsor. Rambu lalu lintas yang menghalangi proyek pembangunan tembok tidak dibongkar atau disingkirkan dulu tapi dibiarkan apa adanya dan ikut disemen. Jadi, sudah menjadi hal yang umum kalau anda menyaksikan tiang besi rambu lalu lintas tertanam didalam tembok batu penahan longsor.

Tingginya Tinggal Satu Meter

Yang penting proyeknya bisa selesai dengan cepat, ada rambu lalu lintas atau apapun yang menghalangi proyek, semen saja beres. Gambar proyek yang disetujui Dinas Pekerjaan Umum Spanyol bisa jadi bukti bahwa tidak ada benda apapun yang menghalangi pembangunan tembok. Jadi kalau ada rambu lalu lintas yang hilang tersemen didalam tembok penahan longsor  atau hanya nampak ujung atasnya doang maka jangan salahkan siapa siapa. Cukup tertawakan saja, Standard Operating Procedure (SOP) kontraktor perbaikan jalan umum di Spanyol memang diluar nalar siapapun yang melihatnya. Pokoknya Out Of The Box lah.

Terlihat Jelas Aspal Tingginya Bukan Main
Dibanding Tanah Dibawahnya

Dinas Pekerjaan Umum Spanyol Dan
Kontraktor Perbaikan Jalan Kerjanya Amburadul

Tingginya Tinggal Satu Meter


Tiang Rambu Ini Disemen Saat Pembangunan
Tembok

Rambu Ini Ditimbun Tanah  Dan Disemen Saat
Pembangunan Tembok Batu



Rambu Ini Jadi Cebol Karena Jalan Aspal
Ditinggikan Terus

Rambu Km Ini Disemen Saat Pembangunan
Tembok Penahan Longsor Sekarang
Harus Berhenti Didepannya Untuk Baca


Tahun Depan Rambu Ini Tinggal Separuh

Jalan Baru Saja Ditambahi Aspal
Masih Hitam Mulus

Lumayan Masih Agak Tinggi
3 Tahun Lagi Tinggal 1/2 Meter


Rambu Kuning Ini Dulu Terlihat Jelas
Sekarang Hampir Tidak Terlihat
Setelah Dibangun Tembok

Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan menuliskan komentar dengan bahasa yang jelas, sopan dan beradab.