Kamis, 13 Agustus 2020

Dora The Explorer Kesasar

Dora The Explorer Bingung
Cari Jalan Ke Hotel

Kalau kesasar di negara sendiri sih tenang dan biasa. Semua orang bisa ditanyain dan tidak ada sedikitpun rasa deg degan sama sekali. Nah, saya ini paling sering kesasar di negara orang. Semua kejadian kesasar karena ngikuti si bapak. Sebagai seorang istri sudah tentu saya dan anak anak ngikut saja dibelakang si bapak. Celakanya, si bapak ini sok tahunya luar biasa. Terlalu PD dan cuek bebek kesasarpun dinikmati.

Dora The Explorer Tambah Bingung
Ketemunya Alun Alun Dan Gedung Opera

Di Kota Lviv, Ukraina saya ngikut aja kemana maunya si bapak. Saat itu kita sedang istirahat sebentar melepas lelah setelah keluar masuk toko disekitar hotel. Kebetulan saat itu kita berdiri dekat halte bus. Begitu ada bus lewat dan berhenti di Halte, eh.... si bapak langsung ngejar bus dan naik. Kita bertiga 'Dora The Explorer' terkejut sebentar lalu ikutan  naik juga.

Dora The Explorer Semakin Bingung
Bertanya Bahasa Jawa Dijawab Bahasa Ukraina

Karena nggak tahu tujuan dan akan turun dimana, akhirnya kita ngikut aja kemana bus berjalan. Baru naik sekitar 15 menit, penumpang pada turun semua. Ternyata bus sudah nyampai terminal paling terakhir, untungnya ditengah kota LVIV. Jangan tanya nama terminalnya apa, saya tidak tahu sama sekali karena semua papan nama pakai huruf terbalik Cyrilic Russia.

Saat Saat Genting Dora The Explorer Tersesat
Si Bapak Tenang Tenang Saja Mengamati Sambil Photo

Keluar dari terminal petualangan 'Dora The Explorer' dimulai. Si Bapak dengan percaya diri berjalan paling depan. Tapi rombongan Dora The Explorer mulai ribut, tidak percaya lagi kepala regunya. Beruntung hidung saya pesek dan warna kulit sawo matang. Dimanapun saya berhenti dan bertanya, yang menjawab sangat banyak. Semua orang berusaha menolong dan menjelaskan meskipun saya tidak tahu apa yang diucapkan. Saya tanya pakai bahasa Jawa, menjawabnya pakai bahasa Ukraina.

Iki Lho Hotelku Mas
Numpak Opo Nek Mulih Hotel

'Mas, nginepku nang hotel iki, piye carane mulih nang hotel', sambil saya tunjukkan lokasi hotel di peta. Ternyata ngerti apa yang saya tanyakan dan langsung menjawab.
Просто йдіть цим шляхом, потім поверніть праворуч і продовжуйте ...
'Sing paling cepet numpak opo mas ?'. Juga ngerti, jawabannya singkat dan padat.
взяти таксі, але чекати трохи довго
Sebelum berpisah, saya sempatkan untuk bertanya sekali lagi.
'Golek mangan nang ndi mas ?'. Bisa menjawab juga dan saya ditunjukkan jalan menuju ke restaurant restaurant bagus yang bisa dilalui sambil jalan kaki menuju hotel.

Ribet Ngomong Dengan Bahasa Yang Berbeda
Tapi Bisa Nyambung

Jangan Tanya Nama Jalan Ini
Yang Jelas Bisa Nyampai Kesini Karena Kesasar

Akhirnya Nemu Banyak Tempat Makan
Entah Apa Nama Jalan Ini

Makan Dulu Ah Lapar
Terlambat Makan Siang Nih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan menuliskan komentar dengan bahasa yang jelas, sopan dan beradab.