Jumat, 10 Agustus 2018

Nyekar Ke Kuburan Lychakiv, Lviv Ukraina

Lychakiv Cemetery - Untuk Keliling Kuburan
Disediakan Mobil Golf Gratis

Selesai sholat Ied pada Hari Raya Idul Fitri beberapa minggu yang lalu saya menyempatkan diri untuk 'Nyekar' di kuburan terbesar di kota Lviv, Ukraina. Orang Jawa itu memang punya tradisi nyekar dan membersihkan makam sebelum bulan Ramadhan dan setelah selesai sholat Ied. Tapi karena saat itu saya sedang jauh dari sanak family di tanah air, maka kuburan yang saya kunjungi cukup seadanya saja, yaitu Lychakiv Cemetery.


Kuburan Kelas Executive Didepan Pintu Gerbang Utama
Lychakiv Cemetery ini sangat luas sekali, kira kira 40 Ha luasnya. Pertama kali dipakai sebagai pemakaman umum tahun 1787 dengan jumlah kuburan lebih dari 300 Ribu. Lokasinya saat ini benar benar sudah berubah menjadi ditengah kota dan sudah tentu membuat kota Lviv nampak hijau dan adem tentrem. Lviv memang kota peristirahatan, wisata dan tujuan turis yang sangat hijau sekali karena banyak taman taman kota. Dan kuburan Lychakiv ini yang paling besar, luas dan penuh pohon pohon besar yang hijau.

Kuburan Jozefina Markowska
Ada beberapa area atau kelompok kuburan di Lychakiv ini yang merepresentasikan tahun kejadian. Sudah tentu tokoh tokoh penting Ukraina, artis dan selebrities juga ada. Pengelompokannya diantaranya adalah :

  • The Eldest Graves
  • Outstanding Poles Pantheon
  • 1863 January Rebels Quarter
  • 1830 -1831 November Rebels Quarter
  • NKVD Victims Graves 1941
  • Lviv Defender Cemetary (Cemetary Of Lwow Eaglets)
  • Field Of Mars 1974 : berisi kuburan 3800 tentara Soviet yang gugur dalam perang melawan tentara pendudukan Nazi Jerman dan pemberontak Ukraina (Ukrainian Insurgent Army - UPA)
  • Ukrainian National Army Memorial
  • Dll

Toples Tempat Lilin Warna Warni Dan Bagus
Di Indonesia Saya Pakai Buat Hiasan Ruang Tamu

Cara nyekarnya relatif sama saja dengan di Indonesia, cuma dikuburan ini bunga tidak untuk ditaburkan tapi diikat dan diletakkan diatas kuburan. Beli saja ikatan bunga di warung warung yang bertebaran disekitar pintu gerbang kuburan. Saat anda beli bunga seikat atau dua ikat, anda akan ditawarin juga untuk membeli lilin dan toples tempat lilin warna warni yang cantik. Harga lilin memang murah, tapi tempat lilin dari toples kaca warna warni yang ditawarkan ternyata lumayan mahal. 

Yang Pacaran Di Kuburan Juga Ada
Mitosnya Kalau Menikah Bisa Langgeng Rumah Tangganya Nanti

Saya baru menyadari, dirumah saya banyak sekali toples kaca warna warni seperti yang diletakkan diatas kuburan ditempat ini. Seandainya waktu beli dulu saya ngerti gunanya buat dipakai nyekar ke kuburan, pasti nggak akan mau saya membelinya. Pokoknya tekad saya sudah bulat. Nanti kalau saya pulang ke rumah, semua toples warna warni yang saya koleksi sejak puluhan tahun lalu akan saya buang semua. Akan aku banting dan tendang 'Pergi kau dari rumahku, ternyata engkau cantik tetapi pernak pernik kuburan'.

Toples Tempat Lilinnya Bagus Bagus
Saya Punya Banyak Dan Jadi Perhiasan Rumah

Cara Nyekar, Nyalakan Lilin Dan Masukkan Dalam Toples
Lalu Letakkan Diatas Makam Dengan Bunganya

Kuburan Tentara Ukraina Baru
Yang Gugur Saat Perang Dengan Pemberontak Donets

Cara Nyekar, Ikatan Bunga Diletakkan Dibawah
Patung Lalu Komat Kamit Mendoakan

Ada Yang Kuburannya Seperti
Rumah RSSS

Patungnya Bagus Bagus
Harusnya Dijadikan Hiasan Kota Saja

Ini Kuburan Umum Angker
Katanya Sering Ada Penampakan Sepasang Hantu Pacaran

Katanya Patung Ini Kalau Mendengar Suara
Cewek Langsung Turun. Sayang
Patung Nggak Bisa Mendengar

Baca Juga :

1 komentar:

  1. jarang loh ada keluarga wisatanya jalan2 ke ke kuburan....ha ha ha tp seru jg ya

    BalasHapus

Silahkan menuliskan komentar dengan bahasa yang jelas, sopan dan beradab.