Sabtu, 11 Oktober 2014

Etika Naik Escalator Terpanjang Di Dunia

Menunggu Kereta Berhenti
Nggak Terasa Puluhan  Meter Dibawah
Permukaan Tanah

Saya asli orang Indonesia, wong ndeso, udik dan rada rada kampungan. Seumur hidup kalau naik escalator ya jelas didalam Mall saja. Escalator di Mall Mall Jakarta dan juga Kuwait atau negara lain yang pernah saya kunjungi paling banter ketinggiannya cuma 4 - 5 meter saja dengan panjang sekitar 15 - 25 meter. Baik untuk Naik atau turun ke lantai atas  atau bawah paling nggak nyampai semenit. Pokoknya nggak ngerti etiket atau tata krama sama sekali bagaimana aturan naik escalator. Sesukanya, kadang nyandar di kiri, kadang di kanan dan kadang di tengah juga. Pernah juga jalan turun berlawanan arah pada escalator yang sedang berjalan naik.


Tanda M - Tempat Masuk
Menuju Metro Station

Beli Karcis
Loketnya Banyak Penumpangnya Juga Banyak

Ngantri Beli Karcis
Dibawah Tanah - Hangat

Di Russia, saya banyak mendapat pelajaran bagaimana aturan naik escalator yang benar. Sama sekali tidak pernah terpikirkan sebelumnya bahwa naik escalator saja ternyata ada etikanya. Kenapa ? Karena pengguna escalator di St Petersburg dan Moscow banyaknya bukan main, ada yang sabar dan ada juga yang pemarah. Escalatornya sangat panjang dan tinggi sekali. Perlu waktu yang sangat lama baru nyampai ke lantai tujuan. Saya baru tahu ternyata escalator yang sering saya pakai sewaktu di St Petersburg dan Moscow termasuk escalator terpanjang di dunia.


Pedagang Kaki Lima Di Lorong Bawah Tanah
Menuju ke Kereta Api

Nawar Oleh Oleh Dulu
Harus Pinter Nawar Pakai
Bahasa Russia

Ada beberapa tempat di Russia yang memiliki escalator sangat panjang dan tinggi. Contohnya stasiun kereta api bawah tanah Saint Petersburg Metro. Tiga stasiun punya escalator dengan panjang 138 m (453 Ft) dan ketinggiannya 69 m (226 Ft). Stasiun tersebut adalah Ploschad Lenina, Chernyshevskaya dan Admiralteyskaya. Di stasiun Park Pobedy, Moscow Metro juga tak kalah panjang dan tinggi escalatornya. Panjangnya 126.8 m (416 Ft) atau 740 steps dan ketinggiannya 63.4 m (208 Ft). Perlu waktu lebih dari 3 menit untuk naik atau turun menggunakan escalator escalator tersebut.


Semua Harus Berdiri Mepet Ke Kanan
Sebelah Kiri Untuk Jalur Cepat Atau Berjalan
Atau Berlari

Ada aturan tidak tertulis yang benar benar sangat dimengerti oleh orang orang Russia tetapi tidak saya ketahui sama sekali dan membuat saya beberapa kali ditegur atau diomongin pengguna escalator lain. Untungnya saya tidak tahu sama sekali bahasa Russia, mau ngomel seperti apapun ya tetap cuek saja.

"Emangnya gue ngerti yang elo omongin ?". 



Turun Nggak Nyampai Nyampai
Panjang Dan Tinggi Sekali

Saya Sempat Diteriaki Disuruh Minggir Kekanan
Saat Berdiri Di Sebelah Kiri

Lama lama pinter juga saya dan tahu maksudnya. Saya harus berdiri disebelah kanan setiap naik escalator. Sebelah kiri digunakan untuk jalur cepat. Pantas saja banyak sekali orang yang berlari atau berjalan cepat di sebelah kiri sambil neriakin saya dan terkadang seenaknya ndorong saya ke kanan. Sempat saya tanyakan ke suami saya :


Bingung Salah Turun Stasiun
Dan Tersesat 3 Jam

"Ini orang Russia pada gelo semua apa ya, naik escalator kok pada berlarian  ???".

"Enggak dik, paling Kebelet Ngising....".



Naik Ke Lantai Atas Ganti Kereta
Mulai Kesasar Di Bawah Tanah
Salah Stasiun

Istirahat, Pegel 3 Jam Kesasar
Mondar Mandir Antar Stasiun
Nggak Bisa Keluar Ke Permukaan

Baca Juga :

8 komentar:

  1. Bagus nan menarik mas Ardi. :)

    BalasHapus
  2. Pengalaman bagus sekali, terima kasih

    BalasHapus
  3. selalu menanti setiap artikel dari keluarga Ardhys :)

    BalasHapus
  4. Waduh.. Jadi takut nih buk sy ke moscow,denger2 kata2 org yg nama stasiunnya bahasa rusia semua lah,terus gk ada penunjuk bahasa inggrisnya di metro,terus katanya org rusia kasar2 gk bisa bahasa inggris..,bener nih gk buk?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ngapain takut. Baik di Stasiun metro Moscow atau St Petersburg ramai sekali. Hati hati copet saja. Orangnya memang nggak bisa bahasa Inggris tapi kalau lihat kita berkulit gelap juga langsung menolong kalau ditanya. Semua tulisan pakai huruf Rusia, jadi hapalin bentuknya saja.

      Hapus
  5. Buk,kira2 kalo di moscow penunjuk arah nya kalo kyk mau naik metro atau naik bus kira2 jelas gk buk? Ada kemingkinan kesasar gk buk? Tq sebelumnya buk..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Petunjuk semua pakai huruf kebalik Russia. Contohnya Aeknobon bacanya Delavoy. Jadi kemungkinan bengong besar sekali. Saya 3 jam kesasar didalam tanah nggak bisa keluar ke permukaan tanah saat pertama kali. Kalau dipermukaan tanah GPS atau Google Maps nyala, tapi dibawah tanah ada tempat tertentu yang nggak bisa GPS dan nggak bisa juga Google Maps.

      Hapus

Silahkan menuliskan komentar dengan bahasa yang jelas, sopan dan beradab.