Jumat, 15 Januari 2016

Sewa Mobil Di UK

Booking Mobil Bisa Online
Bayarnya Di Heathrow Airport
International Driving License Diperiksa Disini

Di Schipphol Airport Amsterdam, proses sewa mobil sangat cepat sekali karena mobil telah disiapkan ditempat parkir di area bandara. Baca : Sewa Mobil Di Schipphol. Tetapi, di Heathrow Airport London, prosesnya sedikit lebih lama karena tempat pengambilan mobil letaknya jauh diluar bandara. Sebagai contoh adalah Europcar, ngambil mobilnya sekitar 15 menit dari bandara kedatangan Terminal 3, tepatnya di Hounslow. Untungnya, Europcar (dan juga car rental lain) menyediakan kendaraan Shuttle untuk konsumennya.


Dari Heathrow Diangkut Shuttle Bus
Menuju Hounslow Untuk Ngambil Mobil

Kenapa saya memilih menyewa mobil dibanding dengan transportasi umum lain ? Ohh, jelas karena jauh lebih murah dibanding naik kereta api atau bus. Sangat jauh lebih murah karena satu mobil kita isi berempat dan tujuannya keliling UK dari selatan sampai ke utara. Naik bus atau kereta api berarti harus beli 4 tiket pulang pergi. Lha terus ke obyek obyek wisatanya mau naik apa kalau lokasinya jauh dari stasiun. Nggak percaya lebih murah ?. Cari saja di google berapa harga tiket kereta api atau bus antar kota di UK dan bandingkan dengan harga sewa mobil Europcar, Hertz, Avis atau Budget Car Rental.

Ini Kantornya Europcar Hounslow
Semua Calon Penyewa Harus Dicheck Ulang
Semua Datanya Sebelum Kunci Diserahkan

Kelebihan lain kalau nyetir sendiri mobil sangat banyak. Contohnya bisa bingung berkepanjangan. Stir mobil di UK sama seperti di Indonesia, yaitu sebelah kanan. Tapi petunjuk spedometernya dalam Miles Per Hour (MPH). Kalau di jalan ada tanda batas kecepatan maksimum 80 MPH, otomatis kecepatan mobil saya kurangi sampai jarum spedometer menunjuk ke posisi 'Jam 10'. Sudah jadi kebiasaan dan hapal diluar kepala kalau posisi jarum berada di 'Jam 10' artinya 80 Km Per Jam. Akibatnya fatal, berkali kali mau ditabrak mobil dari belakang karena tiba tiba ngerem di highway saat melihat rambu 80 MPH dipinggir jalan. Posisi jarum 'Jam 10' itu kalau di UK ternyata sama dengan 50 MPH, bukan menunjuk 80 Km/h seperti mobil mobil di Indonesia..

Ngantri Pemeriksaan Persyaratan Dan
Nunggu Mobil Disiapkan Di Hounslow

Bingung yang lain lagi ketika baca rambu dipinggir jalan yang bunyinya "No Hard Shoulder - 180 Yard". Apa pula ini maksudnya ? Komputer di kepala serasa 'hang', macet nggak bisa mengkonversi 180 Yard itu berapa meter atau berapa kilometer lagi. No Hard  Shoulder itu apa ? Perlu beberapa hari untuk memahami maksud dari rambu  tersebut. Semula saya mengira ada Perbaikan Jalan di depan, bayangan saya Hard Shoulder itu Pekerja Keras Yang Ngangkut Batu Pakai Pikulan Di Pundak. Ternyata saya salah, "No Hard Shoulder - 180 Yard" itu ternyata maksudnya "Hati Hati, 180 Yard Lagi Tidak Ada Jalur Emergency (Jalan Menyempit)".


Di UK Mobil Stir Kanan Seperti Di Indonesia

Masih ada kelebihan lain kalau nyetir mobil sendiri dinegeri orang. Bisa bebas kemana saja keluar masuk jalan kampung dimana saja. Pokoknya nyasar saja sesukanya, keluar masuk hutanpun OK selama GPS masih hidup. Apa yang anda saksikan saat nyasar benar benar berbeda dengan apa yang sering anda baca di media pariwisata. Anda bisa menyaksikan segala sesuatu yang juga sering anda lihat di Indonesia. Misalnya, melihat bule kencing dibawah pohon atau aktifitas sederhana apapun yang sama saja dengan di tanah air. Nggak percaya bulepun kalau kencing dibawah pohon ?. Di Inggris memang tidak sempat saya photo, tapi di Jerman saya photo semua. Baca : Autobahn Jerman, Apanya Yang Hebat


Bingung Kalau Speedometernya Dalam Miles Per Hour
Jarumnya Seperti Di 100 Km/h Begitu Dikurangi Kecepatan
Ke 80 Km/h, Eh Ternyata Jarum Nunjuk Ke 50 MPH
Pantas Saja Mobil Lain Marah Marah

Soal pipis saat perjalanan jauh naik mobil ini memang terasa merepotkan kalau kita masih baru dinegeri orang. Dan itu saya alami sendiri saat saya berhenti di salah satu Toilet Umum dipinggir jalan di UK. Toilet umumnya ternyata dikunci rapat pakai gembok gede pula. Untung bawa mobil, langsung perjalanan dilanjutkan dengan tujuan  untuk mencari semak semak. Nah perjalanan mencari semak semak buat pipis seperti ini tidak pernah ada yang menuliskannya dalam majalah Pariwisata juga. Pokoknya apa yang ditulis di majalah Pariwisata selalu yang indah atau bagus mulu. Nggak ada satupun yang mengulas ada apa dibalik semak semak UK. Hanya saya yang pernah menyaksikan, bule Inggrispun ternyata kalau pacaran ada juga yang disemak semak. Nggak akan anda bisa menikmati pengalaman seperti ini kalau anda naik kereta api atau bus.


Bisa Berhenti Untuk Pipis Dimanapun
Sayang Terkunci - Kebelet Nih Gimana

Kebelet Pipis
Bisa Belok Cari Semak Semak

Bisa Mampir Di Warung Beli Cemilan
Dan Minuman Kalau  Lapar


Nyetir Mobil Sendiri Bisa Bingung
Apa Ini Maksudnya "No Hard Shoulder"


Perlu Lewat Berkali Kali Sampai Bisa Tahu Artinya
Ternyata Artinya Tidak Ada  Bahu Jalan
Atau Batas Akhir Jalur Emergency


Pengumuman
Ternyata Mengembalikan Mobil Saat Hari Libur Cukup
Diletakkan Ditempat Parkir Dan Kuncinya
Dimasukkan Box Yang Bernama Key Drop


Anjrit, Tempat Parkirnya Bikin Paniang !!!
Kalau Tempat Parkirnya Dicoret Garis Kuning
Apa Artinya
Apa Nggak Pusing Kalau Ngembalikan Mobil
Tempat Parkirnya Dioret Oret Garis Kuning
Boleh Parkir Disini Nggak ?
Baca Juga :

46 komentar:

  1. baca blog ini, dijamin bisa ngimbangin bicara sama orang yg sering travelling luar negeri... suwun bu Susi

    BalasHapus
  2. hallo, mau tanya dong boleh ya
    Saya mau ke inggris berdua dengan anak saya (jadinya ibu & anak)pertanyaannya :
    1. amankan kami ber2 sewa mobil dan pergi ke bath, castle combe, bath, stoneage?
    2. apakah cukup bayar sewa mobil saja, atau harus bayar asuransinya juga, (klo misalnya harus dengan asuransi jadi berapa tuh?)
    3. simnya boleh sim indonesia?
    Thanks banget,
    email ke aq ya : abyoso@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. Aman
      2. Asuransi standard sudah termasuk. Tapi kalau mau Full Risk harus nambah. Lihat saja websitenya Heartz, Europcar, Budget dll
      3. Sim Indonesia nggak laku karena nggak ada tulisan Driving License, yang ada cuma Surat Ijin Mengemudi. Anda harus buat Sim International

      Hapus
    2. mba susy, meyakinkan kembali,
      jadi saya & anak saya layak ya jalan2 pake mobil ber 2, diseputaran london (bath dlsb)?
      ntar saya urus SIM internasionalnya..., suwun mba...

      Hapus
  3. wow....makasih banget sudah baik membalas...
    jadi aman ya? senangnya..siap petualangan..hehe
    klo di rentalcars harga tertulis dr 300-500 rb/hari, tidak tambah biaya apa2 lagi, benarkah segitu rata2?
    makasih ya sekali lagi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau mau nambah GPS, tempat duduk bayi dll ya jelas bayar dong

      Hapus
  4. Halo bunda saya plan keliling inggris dengan sewa mobil, apakah parkir di inggris mahal? Dan jika mobil menginap dengan kita di hotel, apakah bayar parkir akan jadi mahal? Atau ad yg free utk parkir hotel?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tergantung kota dan wilayahnya, ada juga tempat parkir yang gratis terutama dikota kota kecil. Kalau di kota besar seperti London dan dipusat keramaian sudah tentu bayar jam jaman. Untuk parkir di Hotel ada yang bayar dan ada yang tidak tapi jalan kaki sangat jauh.

      Hapus
  5. Dan rencana keliling inggris selama 2 minggu hingga skotlandia,edinburgh. Menurut bunda klo sampe edinburgh scotland mending naik train atau tetap rent a car? Trmksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tergantung berapa banyak penumpangnya. Kalau seorang diri jelas terasa mahal sekali kalau harus sewa mobil. Tapi kalau min berempat, sewa mobil terasa sangat murah. Kereta api cukup mahal, mau yang murah naik saja coach (Bus). Beli saja tiket National Express online dan bandingkan dengan tiket kereta api

      Hapus
  6. Saya pergi 4 dewasa dan 1 anak kecil 4 th. Bunda wkt itu ke edinburgh ga?klo iya, sewa mobil atau naik train? Klo naik mobil brp wkt yg di tmpuh? Apakah singgah ke kota lain dlu? Trmksh bunda

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau 4 orang dan satu anak kecil lebih hemat sewa mobil. Naik kereta api itu lebih mahal dari naik Coach Bus. Keuntungan naik mobil itu bisa berhenti dan belok istirahat atau cari tempat makan dan hiburan dimanapun.

      Naik kereta api cuma nonton sawah, kebun dan pantat rumah doang. Pertimbangkan juga naik Coach Bus, bandingkan tarifnya. Soal waktu tempuh tinggal sesuaikan dengan sopir, namanya saja wisata, jelas saja jauh lebih lama karena pasti akan banyak berhenti diperjalanan atau coba coba kesasar kalau nyopir sendiri.

      Lihat waktu tempuh dari google maps.

      Hapus
  7. Dan jika bunda tidak keberatan, boleh minta saran jika saya hendak keliling inggris selama 2 minggu rute mana yg harus saya lewati sehingga bisa singgah di kota2 lain, yg menurut bunda wajib untuk di kunjungi.trmksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di London nggak perlu sewa mobil, parkirnya susah dan mahal. Naik saja Hop On Hop Off Bus 2-3 hari sudah cukup. Setelah itu silahkan sewa mobil untuk perjalanan kemanapun kearah utara. Hotel bisa go show, begitu sopir lelah langsung istirahat check in hotel. Perkirakan jarak tempuh dan waktu dgn google map untuk menentukan dimana kira kira harus menginap. Habiskan waktu 2 minggu anda di perjalanan dari Selatan ke Utara, nginap dikota manapun sesuka anda.

      Mobil tinggal saja di kota paling utara, misal Aberdeen. Dan silahkan kembal ke London naik Kereta Api atau Coach Bus atau pesawat dan istirahat semalam untuk pulang kembali ke Indonesia.

      Hapus
  8. Saya rencana mau road trip ke inggris ber 2 ibu saya...apakah sewa mobil di inggris prosesnya sulit? Bagaimana proses pengembaliannya?apakah mereka juga akan cek kondisi mobilnya apa ada cacat/tidak?

    saya rencana mau sewa dari enterprise.co.uk karna saya mau ke stratford uponavon danmengembalikannya di canterbury..apakah rental ini ok?

    Terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Prosesnya mudah, cukup nunjukin international driving license dan credit card akan diblock sejemlah tertentu untuk guarantee.
      Pengembalian bisa dikota mana saja yg ada kantor perwakilannya dgn menambah sedikit biaya pengembalian.
      Maaf, saya tidak pernah memakai Enterprise Car Rental. Tetapi secara umum bisnis di UK itu taat hukum, aturan dan nggak nipu. Asal anda yakin saja websitenya bukan abal abal.

      Hapus
  9. Konfirm aja, apa bener international driving license di check kalau sewa mobil di UK ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Akhir akhir ini saya tidak ditanya International Driving License di UK karena yang saya tunjukkan SIM Kuwait. Jelas tertulis di SIM Kuwait 'Driving License'. SIM Indonesia nggak ada tulisan itu, adanya 'Surat Ijin Mengemudi'. Jadi, SIM Indonesia dikira kartu keanggotaan Pencak Silat, Kartu Discount atau semacamnya, itulah sebabnya seringkali ditanya SIM Internasional kalau yang anda tunjukkan SIM Indonesia.

      Hapus
    2. Sekedar update (April 2018). SIM Indonesia sekarang sudah ada tulisan (Driving license) persis dibawah tulisan Surat Ijin Mengemudi.

      Hapus
  10. hallo.. saya sekeluarga (2dewasa dan 2 anak kecil) ada plan mau keliling eropa dengan sewa mobil dan saya ingin mengunjungi london selama 5hari, mohon share pengalamannya
    1. membawa mobil masuk london ada biaya kemacetan? karna saya pernah baca begitu
    2. di london lebih enak menggunakan transportasi umum atau mobil pribadi?
    3. berapa kira2 biaya parkir dilondon?

    thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak ada itu istilah biaya kemacetan.
      Selama hanya di kota London lebih bagus jalan kaki, naik Tube, hop on hop off atau London Taxi saja daripada kesulitan parkir mobil.
      https://ardisfamily.blogspot.com/2015/11/naik-tube-mrtnya-kota-london.html

      Parkir diatas GBP 1.6 per jam tergantung lokasinya. Bukan bayarnya yang jadi masalah, tapi cari tempat parkir yang minta ampun susahnya. Kalau salah parkir, dendanya juga sangat mahal.
      http://ardisfamily.blogspot.com/2015/03/klenger-bayar-listrik-air-dan-polisi-di.html

      Hapus
  11. mau tanya nih Pak Ardi
    apa pernah sewa mobil listrik (EV) seperti Nissan Leaf , Tesla, dll di eropa khususnya UK untuk road trip ?

    apa benar ada aturan bebas biaya parkir di kota seperti London

    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak pernah saya menemukan ada tempat parkir khusus untuk mobil listrik, yang ada tempat parkir khusus untuk orang cacat, untuk wanita, valee parking atau VVIP.
      Cari tempat parkir aja susahnya bukan main kalau di pusat kota, apa nggak diserobot kalau spacenya kosong hanya untuk mobil listrik. Bulepun kelakuannya sama saja dalam hal rebutan tempat parkir di pusat keramaian.
      Ada tempat charging mobil listrik semacam di pompa bensin di area tertentu, tapi susah nyarinya.

      Hapus
  12. Ini sangat membantu sekali informasinya.
    Mau minta pencerahannya, untuk berkendara di UK jika melintas motorway road or jalan tol bagaimana bayarnya ya? Apakah ada semacam kartu atau sejenisnya sbg alat pembayaran?

    Saya bingung memutuskan menggunakan rental mobil apa melihat banyak sekali review miring tentang cara rental mobil di UK dalam berbisnis (banyak yg ditodong bayar sejumlah uang). Mohon advisenya dari pengalaman yang sudah dilalui, vendor apa yang peace of mind? Jika ditawari asuransi tambahan boleh kah direject saja? aman tidak?
    Sorry banyak tanya, masih newbie dalam hal rental mobil di luar Indonesia.
    Terima kasih sebelumnya untuk sharingnya ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di UK nggak ada bayar tol kalau masuk highway. Mobil sewa sdh termasuk asuransi standard, kunjungi websitenya langsung saja untuk detailnya (Hertz, Europcar, Avis, Budget dll).

      Nggak ada cerita miring spt yg anda katakan, yg ada adalah kesalah pahaman karena konsumen nggak tahu apa yg dijelaskan tentang deposit, insurance dll. Susah menjelaskan ke konsumen Indonesia yg umumnya cuma bisa bahasa Jawa/Sunda saja.

      Hapus
  13. Halo pak Ardy dan Bunda Susy,
    Apakah punya pengalaman sewa campervan unyuk menjelajah utara/selatan Inggris? Apakah parkir campervan harus di tempat khusus?

    Tetima kasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Parkir harus ditempat khusus, nggak boleh sembarangan. Tetapi akan diberitahu tempat parkir dimana saja saat nyewa. Lagipula ada bulan bulan tertentu saat musim liburan campervan terlihat banyak berkeliaran. Bisa juga sewa langsung ditempat parkiran tapi nggak boleh dijalankan, semacam hotel murah.

      Hapus
  14. Halo Pak.
    Kmrn ini baru perpanjang sim. Uda ada tulisan driving license nya. Berarti uda bisa dipakai untuk mengemudi di UK donk ya? ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa untuk nyewa, tapi kalau ketangkap polisi, melanggar lalin atau kecelakaan SIM Indonesia nggak berlaku dan masalahnya bisa jadi lebih besar dan rumit. Oleh karena itu, urus juga International Driving License

      Hapus
  15. hai pak..apakah di UK ada sewa mobil berikut supirnya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada, tapi nggak umum sewa mobil dengan sopir. Biaya tenaga kerja sangat mahal sekali di UK. Mending pakai taxi atau uber saja gampang manggilnya, cukup pakai apps.

      Hapus
  16. Halo sy Ita usia 50 th akan road trip di UK berkisar radius 200 km dr London city. Sy bersama kaka dan ponakan. Ponakan sy berumur 22 th. Pengennya sewa mobil sejenis Alphard alias luas dan mudah parkirnya. Sy ber 5 org. Apakah umur 22 th boleh menyetir? Apakah 18 th boleh nyetir? Sy ingin skali Whatsapp call dg P Ardy ato b Susi. Rencana pergi tgl 21 agt 2018 sampe 13 sept 2018. No hp sy 0811 2250 968. Sy tinggal di Bandung. Makasi sekali info2 sangat bermanfaat ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Umur tidak dilihat, yang dilihat adalah SIMnya. Ada tulisan Driving License atau nggak, SIM Indonesia lama sering dikira kartu anggota pencak silat karena nggak ada tulisan Driving License. Setiap orang yang akan nyopir harus didaftarkan saat menyewa mobil. Seandainya terjadi kecelakaan dan sopirnya tidak terdaftar maka nggak bisa claim asuransi dan jadi masalah besar dgn polisi. Artinya setiap sopir harus didaftar dan bayar.

      Hapus
  17. Halo pak Ardi dan bu Susy, terima kasih atas ulasan yang sangat bermanfaat. Saya baru akan pertama kali sewa mobil sendiri bersama suami tahun depan dengan rute dimulai dari Heathrow menuju selatan lalu diakhiri di London karena airport kedatangan dan keberangkatan di Heathrow saja, mohon maaf jika ada beberapa pertanyaan:
    1. Karena saya takut salah pilih kalau booking online, apa saya bisa sewa mobil di Europcar di Bandara? Dan kalau bisa sewa di bandara, apa pasti dapat unit mobil kalau kita book langsung di Bandara??
    2. Jika saya sampai disana jam 8 malam apa memungkinkan konternya masih buka?
    3. Jika saya dan suami sampai jam 8 malam apa kira2 tetap harus melalui prosedur verifikasi identitas yang lama??
    4. Untuk penyewa pertama kali seperti saya jenis insurance apa saja yang seharusnya diambil??
    5. Kalau di London saya dan suami tidak mau rent mobil seperti anjuran bapak dan ibu, kira2 baiknya saya kembalikan mobil di kota mana dan apa saja prosedur pengembaliannya??
    6. Selain peraturan2 lalu lintas diatas kira2 apa ada lagi pengetahuan mengenai hal2 yang tidak boleh dilakukan pengendara di daerah Inggris??

    Maaf jika ada beberapa pertanyaan dan terima kasih telah berkenan membaca dan menjawab pertanyaan saya dan membantu.

    BalasHapus
  18. 1. Booking dan milih mobil bisa online melalui website europcar.com, tapi booking langsung diarport juga bisa. Mobilnya banyak, nggak usah khawatir.
    2. Di Bandara buka 24 jam, tapi kalau counter yang ditengah kota bukanya jam kerja saja. Kalau weekend, yang di kota tutup.
    3. Verifikasi tidak terlalu lama, yang lama itu kalau antriannya penyewa sangat banyak. Tapi nggak sampai berjam jam, paling satu jam saja.
    4. customer baru maupun lama nggak ada bedanya. Lihat websitenya kalau mau nambah insurance. Yang standard aja cukup.
    5. Nggak ada prosedur apa apa. Cukup tinggalkan mobil ditempat parkir dan masukkan kunci di kotak drop key. Terutama saat hari libur, kantornya di kota tutup ya tinggal saja ditempat parkir yang tersedia. Ditinggal di bandara selalu ada orang yang menerima.

    BalasHapus
  19. No 6 baca https://ardisfamily.blogspot.com/2015/04/bundaran-dan-simpang-bingung-inggris.html

    BalasHapus
  20. Halo Pak, izin bertanya.

    Saya 40th sudah lama punya SIM. Tapi, saya baru saja perbarui SIM saya April 2018 ini.

    Sementara persyaratan untuk sewa mobil salah satunya harus punya SIM >2tahun. (Valid From)

    Bagaimana ya Pak?

    Terimakasih banyak sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Geser aja ke counter Car Rental yang lain disebelahnya. Tinggal pilih yang petugasnya nggak rewel, mau Hertz, Europcar, Budget, Avis, National dll semua tinggal dicoba

      Hapus
  21. Pak Ardi, terimakasih atas ulasannya..saya mau minta saran dari bapak, saya berencana akan ke UK dalam bulan2 ini dengan istri dan anak (2), rencannya sy mau ke london dulu 2 hari sebelum menjelajah bagian utara inggris. Bpk tadi menyarankan jika di London sebaiknya pakai bus hop on hop off atau transportasi lain karena parkir disana ribet. Utk itu apakah jadinya saya mulai menyewa mobil setelah dua hari di london atau gimana? berapakah biaya perjlanaan dari bandara ke london jika menggunakan transportasi umum, misal grab?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dari airport Heathrow Terminal 1-5 maupun Gatwick bisa naik Tube(MRT). Segala penjuru kota London terhubung Tube, tinggal cek google map berapa jarak stasiun dgn hotel.

      Bisa juga naik Tube ke stasiun manapun di London lalu lanjut naik Cab Taxi ke hotel.

      Keliling obyek wisata London paling nyaman pakai Hop On Hop Off bus karena semua obyek wisata dilewati. Naik Tube juga bisa tapi jalannya dibawah tanah jadi nggak bisa lihat pemandangan.

      Tube Taxi, Uber, Hop on Hop off bisa anda pilih. Yg terakhir yg paling murah dan effektif. Tempat sewa mobil Europcar atau yg lain banyak di dalam / sekitar stasiun

      Hapus
  22. Salam pak ardy,

    Mohon bantuan dan sarannya, kami ber 4 ada rencana ke UK bulan Juni dan akan sewa kendaraan . Seperti uraian diatas sebelumnya saya mulai paham tentang aturan dan syarat sewa..
    Mohon info untuk pembelian bahan bakar apakah kita harus isi sendiri ? Dan saat ini brp rata rata harga per liternya ?

    Untuk object wisata stonehenge apakah kita bisa dekat kesitusnya atau ada pagar yang jauh?

    Salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beli bensin harus ngisi sendiri. Mobil sebaiknya jangan dipindahkan sebelum bayar di kasir yang ada didalam toko didepannya, sebutin aja nomor pompanya. Harga bensin cari di en.wikipedia.com dgn keyword 'gasoline price by countries'

      Ada bus reguler setiap 10 menit sekali yang membawa turis dari museum di gate depan sampai ke stonehenge.

      Hapus
  23. Salam Pak Ardy,
    Saya berencana akan ke Uk bulan Juni 2019, saya berencana akan menyewa mobil untuk ke utara UK (Edinburgh, Glasgow & Scotland sekitarnya) & yang saya takutkan apakah sulit untuk mencari parkir dikarenakan waktu yang terbatas jika sulit mencari parkir maka akan banyak waktu yang terbuang.
    Saya juga ingin menanyakan hal yang sama untuk di liverpool apakah sulit untuk mencari parkir?

    Terimakasih banyak sebelumnya

    Salam
    Zusie

    BalasHapus
    Balasan
    1. Susah susah gampang tergantung lokasinya di ring 1 pusat kota, ring 2 atau pinggiran. Yang paling mudah parkir di tempat parkir Mall atau obyek wisata. Kalau di tempat tempat tertentu harus nyari tempat yg benar benar untuk parkir umum, bukan tempat parkir residence. Biadanya hrs jalan kaki cukup jauh.

      Hapus
  24. halo pak Ardy,
    saya berencana jalan2 di uk start dr London, Edinburgh, newcastel, Manchester, Liverpool dengan berkendaraan. yang saya mau tanya adalah apakah spbu sepanjang jalan disana cukup tersedia?

    BalasHapus
    Balasan
    1. SPBU banyak, ngisi sendiri. Bayar tinggal masuk ke toko ke kasir dgn menyebut nomor pompa.

      Hapus

Silahkan menuliskan komentar dengan bahasa yang jelas, sopan dan beradab.