Rabu, 29 Oktober 2014

Akademi Dan Institute Menyambut Pasar Bebas AFTA 2015

American Academy Kuwait
Lulusannya Masih Balita Dan Suka Nangis

Pada KTT Asean ke 10 di Phnom Penh 2012 telah disepakati bahwa AFTA atau Pasar Bebas Asean akan berlaku secara penuh mulai Desember 2015. Artinya tinggal beberapa bulan kedepan akan terjadi aliran bebas barang, jasa, investasi, modal dan tenaga kerja terampil antar negara negara Asean. Untung hanya perpindahan tenaga kerja antar negara negara Asean saja, coba seandainya negara negara Arab, khususnya Kuwait dan juga India ikut ikutan berpindah ke Indonesia. 

Di Kuwait American Academy Sama Saja
Dengan Nama Toko Atau Bengkel Seperti
Toko 'Sumber Jaya' atau Bengkel 'Lancar Ketok Magic'

Di Indonesia, setiap tenaga kerja pasti punya kebanggaan kalau lulusan perguruan tinggi. Seperti Institut Tehnologi Bandung (ITB), Akademi Pemerintahan Dalam Negeri (APDN), Akademi Bahasa Asing, Akademi Secretaris, AKPOL atau pergeruan tinggi lainnya dengan nama awal Institute atau Akademi. Tapi kalau ijasah Akademi atau Institut dari perguruan tinggi Indonesia tersebut anda bawa ke Arab, khususnya Kuwait maka siap siaplah memulai petualangan yang terkadang sangat unik, menarik, lucu dan terkadang menjengkelkan. Kalau sebaliknya ijasah Akademi dan Institut Kuwait atau India yang dibawa ke Indonesia untuk cari kerja maka akan lebih menguntungkan bagi pemiliknya.

Preschool Ini Gedungnya Bagus
Kalau Institute Institute India Banyak Yang Butut


Di Kuwait, Akademi itu tidak punya makna apapun. Sama seperti nama bengkel 'Laris Ketok Magic', Apotik 'Sumber Waras' atau nama nama lain. Bedanya, Academy cenderung dipakai untuk nama bisnis pendidikan. Merupakan hal yang umum di Kuwait sebuah Taman Bermain Kanak Kanak atau Play Group diberi nama mentereng seperti American Academy, Al Bayan Academy, Royal Academy For Nursery dan lain lain. Jadi kalau anda cari kerja di Kuwait menunjukkan ijasah Akademi dari perguruan tinggi di Indonesia, siap saja ditertawakan Arab sampai terbahak bahak dan guling guling di lantai.

"Ini orang aneh banget, lulusan Play Group kok nekat cari kerja di Kuwait"


Kalau ijasah anda dari Institut, misalnya Institut Tehnologi Bandung (ITB), jangan sekali kali petentang petenteng di Kuwait. Institut di Kuwait bisa macam macam. Ada yang berarti Lembaga Research, Balai Pelatihan Kerja, Training Organizer atau Tempat Kursus yang dikelola orang India. Yang paling banyak adalah Tempat Kursus India. Hanya lembaga Research pemerintah saja yang punya gedung besar seperti layaknya perkantoran modern. Institute institute di Kuwait tersebut tampaknya berasal dari India karena kebanyakan pengajar dari India. Yang cukup besar umumnya berkantor di Mall. Banyak juga yang abal abal di apartment atau pasar dengan kursus andalan India Primavera dan Autocad.

Mau Ndaftar Tinggal Telpon


Mulai kursus membuat Kue Dan Roti, Memasak, Menjahit, bahasa Inggris, Bimbingan Belajar, persiapan ujian IGCSE dan IELTS, otomotif, listrik, manajemen, akuntansi dan juga kursus komputer semua ada dan tinggal pilih jurusan yang dikehendaki. Tempat kursusnya tersebar dimana mana mulai dari Mall, komplek pasar sampai apartment. Nama nama tempat kursus juga terasa sekali 'India'nya karena selalu ada sentuhan 'Hi Tech', contohnya kursus otomotif di Kuwait City yang bernama NASCAR Institute. Kebanyakan selalu ada nama xxxx Institute for Private Training atau semacamnya.

Iklan Sebuah Institute Ala
India

Jadi kalau anda punya ijasah dari Universitas abal abal di Indonesia, jangan berkecil hati kalau di bumi Arab sini. Anda serasa lebih terhormat dan dihargai dibandingkan dengan ijasah Institut. Ijasah ITB mah lewaaaatt. Atau anda mau seperti orang orang India, ngambil kursus beberapa bulan saja di Institute institute seperti diatas, lalu segera hijrah ke Indonesia cari kerja sambil nunjukkan ijasah Institute dan biasanya langsung diterima dan dapat jabatan Supervisor karena punya kelebihan 'pinter bahasa Inggris'. Enak kan....:)


Baca Juga :

2 komentar:

Silahkan menuliskan komentar dengan bahasa yang jelas, sopan dan beradab.