Jumat, 27 Juni 2014

Graish Pesta Kecil Menyambut Ramadhan

Kuwaitis Sweet Hidangan Wajib
Pesta Kecil Graish Menyambut Datangnya Ramadhan
Graish (Quraish) adalah pesta kecil yang diadakan khusus untuk menyambut datangnya Ramadhan di Kuwait. Biasanya diadakan sekitar sehari atau dua hari sebelum memasuki bulan Ramadhan. Ada yang mengatakan juga untuk penanda berakhirnya Shabaan. Semula pesta kecil Graish (Quraish) ini hanya diadakan didalam rumah tangga untuk keluarga dan teman dekat saja. Tetapi sekarang sudah menjadi tradisi atau ritual tahunan dan dilakukan dimana mana. Di Kantor kantor sering diadakan pesta kecil seperti ini. Benar benar kecil karena dilakukan oleh masing masing team dan juga perorangan. Di restaurant restaurant suasana juga berbeda dari hari hari biasanya karena pengunjung yang datang berombongan sekitar 10 - 15 orang sekali masuk ke restaurant. Mereka masih satu keluarga, kerabat dan teman dekat saja per rombongan.

Pesta Kecil Tapi Makanan Kelas Berat
Yang perorangan juga ada, biasanya cukup bagi bagi cokelat atau makanan kecil yang rasanya sangat manis sekali, sering disebut Kuwait Sweet. Beda dengan di Indonesia dimana menjelang Hari Raya Idul Fitri semua kantor selalu bagi bagi THR, di Kuwait jelas nggak ada THR. Jadi, menjelang Ramadhan saja karyawan di Kuwait dapat 'Tunjangan' berupa makan kenyang sepuasnya. Seperti biasa, meskipun Graish disebut pesta kecil dengan jumlah pengunjung tidak terlalu banyak, tetapi makanan sangat berlimpah dan tidak bisa disebut pesta kecil lagi.

Makanan Berlimpah Meskipun Yang
Datang Hanya Team Kecil Beberapa Orang Saja
Hadiah hadiah tanda suka cita datangnya Ramadhan tidak hanya coklat dan hidangan kelas berat saja, tetapi ada juga hadiah khusus dari kantor berupa kotak besar. Isinya macam macam, kadang Parfum, Quran Kecil, Jadwal sholat, buka puasa dan sahur. Di Kuwait, saat buka puasa namanya IFTAAR sedangkan sahur hampir sama dan disebut SAHOOR

Kemeriahan Meja Makan Pesta Graish
Menyambut Datangnya Ramadhan

Yang paling menarik adalah Kartu Permainan, bukan seperti kartu mainan biasa berisi As, King, Queen, Jack dan Joker, kartu Graish Kuwait berisi doa doa pada setiap kartunya. Cara memainkan kartu tersebut gimana ? Nah itu yang saya tidak tahu. Katanya, kartu dibagi sama rata ke semua pemain, masing masing setiap pemain wajib baca doa dari kartu yang dipegangnya. Kalau sampai kesleo bacanya maka harus baca buku buku kecil lain berisi Surat surat dari Al Qur-an. Satu buku kecil berisi satu surat Quran saja. Beruntung kalau dapat surat pendek Al Ikhlas, kalau dapat surat yang panjang sekali Al Baqarah bisa tertidur pemain lainnya nungguin selesai baca. Sampai sekarang saya nggak tahu bagaimana cara memainkan kartu tersebut.


Uenak Tenan


Hadiah Graish
Isinya Ballpoint, CD Quran, Kartu Doa, Quran Per Surat
Jadwal Sholat Dan Table Catatan Batal Puasa
Dan Tidak Sholat Jamaah

Hadiah Parfum Dan Quran Kecil


Satu Buku Satu Surat
Surat Pendek Hanya Satu Lembar Saja
Surat Panjang Sangat Tebal Sekali

Hadiah Kartu Berisi Berbagai Macam Doa
Bingung Gimana Cara Memainkan Kartu Ini
Baca Juga :

1 komentar:

  1. waahhh itu makanan apa kok tulang belulang ikut di masukan? kasian kucingnya tar ga kebagian

    BalasHapus

Silahkan menuliskan komentar dengan bahasa yang jelas, sopan dan beradab.