Senin, 07 September 2009

Guirgian - Garge'an Kuwait

Warna Warni Ceria
Guirgian atau Garge’an adalah semacam hari anak anak di Kuwait yang berlangsung pada hari ke 14 Ramadhan. Semacam Haloween yang dikemas khas Arab. “Hati hati kalau ada makhluk kecil yang datang tengah malam, mereka akan mengetuk pintu rumahmu tengah malam dan makhluk kecil Giurgian akan menyerbu rumahmu sambil menyanyi, berpakaian aneka warna dan menari nari”.


Bukan Pesta Haloween
Tapi Mirip
Sore hari setelah buka puasa (Iftar) anak anak sudah siap dengan pakaian indah warna warni dan menyanyikan lagu lagu ramadhan dengan membawa ‘Tas Giurgian’ yang nanti akan diisi macam macam permen, coklat, kacang dan makanan kecil lainnya kesukaan anak anak. Tengah malam anak anak akan mengetuk pintu rumah tetangga dan kerabat. Begitu pintu dibuka, anak anak kemudian bernyanyi didepan pintu rumah yang kira kira artinya ‘boleh kami masuk atau harus pergi’. Dan keluarga yang kedatangan makhluk makhluk kecil yang lucu tadi tentu akan mempersilahkan masuk sambil pura pura ketakutan. Dan setelah itu tentu tuan rumah membagi bagikan hadiah berupa permen, coklat, manisan dan segala macam makanan kecil. Si anak dengan gembira pura pura menjarah dan suasana jadi gaduh, meriah dan lucu.


Imoet Imoet
Cukup Diberi Permen
Rumah kita berada di ground floor seperti rumah Kuwaitis. Beberapa hari lalu ada beberapa rombongan Guirgian yang kesasar mengetuk rumah kita tengah malam dan tentu saja kita persilahkan masuk karena sayang sekali ada guirgian lucu seperti ini tidak kita tanggapi. Saking semangatnya para Garge'an tadi menyerbu rumah, Keripik Balado dimeja langsung ludes habis. Akibatnya, mereka megap megap minta air minum. Ada yang nangis pula ......, untung bapaknya nggak menyaksikan.

Photo : Courtesy Of Energy.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan menuliskan komentar dengan bahasa yang jelas, sopan dan beradab.