Senin, 12 Mei 2014

Serba Butut Di Pasar Loak Potsdam

Tertarik ? Harga Bisa Ditawar
Pasar loak dimana saja selalu menarik untuk dikunjungi. Nggak perlu malu atau segan untuk keluar masuk ke  pasar pasar semacam ini, di semua negara selalu ada. Nah, penjual barang loak ini ada di Potsdam, tidak begitu jauh dari Sanssoucci Palace. Jadi tempat ini merupakan tempat singgah turis juga setelah keliling di taman taman Sanssouci yang cukup besar dan melelahkan. Sebenarnya tempat penjualan barang loak ini hanya berupa toko yang tidak terlalu besar. Ada beberapa toko semacam dan barang loak yang dipajang relatif sama saja, butut.

Segala Macam Barang Digelar
Didepan Toko Loak

Dibagian depan dipajang berbagai macam sepatu bekas. Sekilas melihat sepatu yang dipajang, langsung rusak bayangan saya tentang Bule Eropa. Sebelumnya, dalam bayangan saya semua bule kaya raya, selalu wah dengan pakaian mewah dan sepatu mahal bak bintang film Hollywood. Ternyata, banyak juga bule yang kere, beli pakaian dan sepatu cukup yang bekas saja di pasar loak semacam ini. Boro boro sepatu bermerk yang dijual, ternyata sepatu biasa kwalitas pasar Mangga Dua.

Sepatu Bekas Pakai Juga Ada

Di bagian depan toko juga dipajang berbagai macam barang keramik. Lumayan bagus karena memang barang keramik kuno. Tetapi masuk di bagian dalam, ternyata banyak juga pecah belah biasa. Secara sepintas saya teringat kantor Pegadaian, dimana banyak sekali tertumpuk piring, gelas dan barang pecah belah yang sering kita temui sehari hari di rumah. Ini membuktikan bahwa bule Eropapun banyak yang Kere. Bokek nggak punya duit, piring dan gelasnya dijual di toko barang loak ini.


Keramik Kuno Juga Ada
Benar Benar Kuno Atau Aspal Ya ?

Melihat barang yang dijual di toko loak ini kadang terasa keterlaluan sekali. Banyak barang yang seharusnya dibuang tetapi dijual murah ditoko ini, contohnya pakaian dalam pria, wanita dan anak anak. Semua ditumpuk disudut bersama pakaian bekas lain yang menurut saya lebih cocok untuk dibakar daripada dijual. Saya tidak tahu bule mana yang beli pakaian dalam bekas tersebut, barangkali bule tersebut saat ini sudah berada di Indonesia bersama artis film dan sinetron. Harap maklum, banyak bule Eropa yang berbondong bondong ke tanah air dengan tujuan negatif sesaat dan celakanya banyak sekali wanita yang menyambutnya dengan tangan terbuka.

Pingin Jual Barang Juga Dilayani
Buku buku bekas banyaknya bukan main tapi kayaknya jarang pembeli yang menyentuh buku bekas tersebut. Yang paling laku keras adalah pernak pernik hiasan rumah dan gadget elektronik. CD lagu lagu lama sampai lagu paling baru juga ada. Bukan CD bajakan karena terlihat kwalitasnya baik dan covernya masih cukup bagus. Pembeli CD lagu lama tersebut seorang kakek dan nenek yang sengaja datang ke tempat ini untuk bernostalgia melihat barang barang kuno yang dulu pernah dimiliki.

Buku, Gelas Dan Hiasan Rumah Semua Ada

Rupanya, banyak sekali jompo atau kakek nenek yang keluar masuk ke toko loak ini hanya untuk mengingat jaman masih muda perkasa dulu. Saya perhatikan, seorang kakek dan nenek lama sekali memandang sebuah radio kuno dan dengan semangat menceritakan kenangannya ketika anak anaknya masih kecil saat mendengarkan radio tersebut dirumahnya. Si Nenek, terlihat beberapa kali menyentuh radio kuno tersebut dan saya tidak tahu dimana anak anaknya sekarang setelah tumbuh dewasa.

Kalau Beruntung Bisa Dapat Barang Bagus Juga

CD Lagu Dan Barang Butut Jaman
Kakek Nenek Masih Remaja Masih Ada

Banyak Kakek Nenek Yang Datang Cuma
Untuk Bernostalgia Melihat Barang Jaman Masih Pacaran

Buku Bisa Beli Sewa, Maksudnya Kalau Sudah Selesai
Baca Bisa Dikembalikan Dan Uang Kembali
Baca Juga :

7 komentar:

  1. buk,sy mau tanya nih buk,kalo di belanda pengangguran di gaji gk buk? kyk inggris sama austalia gitu buk.. gaji org yang kerja kan dipotong y buk utk bayarin itu pengangguran,kalo dibelanda kyk giut jg gk buk.. trims.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan digaji tapi ada semacam jaminan sosial. Kalau mau memproses artinya masuk kategori Kere. Ya tetap aja nggak enak kalau masih muda masuk kelompok ini.

      Hapus
    2. Dengan uang bulanan itulah mereka bisa hidup brbulan bulan di bali gk kerja

      Hapus
  2. Aku suka cari2 vas dan toples diloakan

    BalasHapus
  3. Kapan saya bisa kesana ya? hmm .. semoga saja..

    BalasHapus
  4. Mbak saya naksir gucci handbag nya :))

    BalasHapus
  5. Saya hobi loh buk ke pasar loak/ barang bekas. Kalo nemu2 yg unik antik harga miriiiing sukka

    BalasHapus

Silahkan menuliskan komentar dengan bahasa yang jelas, sopan dan beradab.