Selasa, 20 Mei 2014

Made In Indonesia Di Jarir Book Store

Pintu Masuk Jarir Book Store
Tidak Terlihat Dari Luar Karena Didalam Hawally Park

Hawally Park Kuwait
Di Kuwait, jumlah penduduk tidak sebanyak Indonesia sehingga yang namanya toko buku cuma ada satu saja yaitu Jarir Book Store. Yang lain tidak bisa saya katakan sebagai toko buku tapi lebih cocok kalau saya namakan Kios Buku Dan Majalah saja karena memang hanya menjual stationary, majalah, koran dan beberapa buku saja. Agak besar dikit ada juga Kuwait Book Store tapi koleksi buku yang dijual tidak selengkap Jarir Book Store. Kios kios buku dan majalah kecil yang jual stationary dan majalah cukup banyak tersebar dimana mana.


Istirahat - Hawally Park Hanya Ramai
Saat Musim Dingin - Musim Panas Sepi Sekali

Jangan membayangkan Jarir Bookstore gedenya sebesar Gramedia atau Gunung Agung yang bisa 3 sampai 4 lantai. Toko buku terbesar di Kuwait ini hanya satu lantai saja. Mungkin karena kecil dan kurang PD, maka letaknya ngumpet tidak terlihat dari jalan raya. Lokasi tepatnya didalam Hawally Park, tempat bermain anak anak semacam Dufan tapi dalam ukuran mini kira kira hanya 10 % luas Dufan. Memang seperti inilah Kuwait, negaranya kecil, tempat hiburan mini dan toko bukunya juga seukuran liliput kalau dibandingkan Indonesia.

Buku Buku Yang Dijual 60 % Bahasa Inggris
Dan 40 % Bahasa Arab

Kalau musim panas, Jarir Book Store lumayan ramai karena memang lebih enak ngadem didalam ruangan ber AC dibandingkan berpanas panasan main roller coaster atau mainan lain di Hawally Park. Tapi kalau musim dingin akan sebaliknya, anak anak dan orang tuanya lebih tertarik main main diluar dibanding masuk ke toko buku.


Banyak Bahan Bahan Handy Craft Dan Hobby
Hobby MelukisPaling Banyak
Begitu masuk ke toko buku ini, disebelah kanan anda akan ketemu berbagai macam laptop, printer dan berbagai macam accesories komputer. Ditengah ada etalase kecil yang memajang berbagai macam gadget mulai dari Smartphone, camera, calculator sampai GPS berbagai macam merk. Agak ke belakang baru terlihat rak rak buku. Buku buku pelajaran sekolah berbahasa Arab disebelah kiri tetapi karena saya nggak ngerti sama sekali bahasa Arab maka biasanya langsung belok kanan menuju buku buku import berbahasa Inggris. Mulai buku Travel, Kedokteran, Tehnik, Hukum, Ekonomi dan Agama semua ada dan cukup lengkap dengan harga yang cukup murah dibanding buku import di Gramedia Jakarta.


Kertas Dan Karton Semua Buatan Indonesia
Merk SINAR Sangat Terkenal Di Kuwait
Saya punya hobby menghias rumah dan membuat kerajinan tangan apapun. Di toko inilah saya bisa mendapatkan semua peralatan apapun hasil import dari berbagai macam negara dengan kualitas bagus dan harga tidak semahal di tanah air. Contohnya semua pernak pernik untuk ngecat 'border' di tembok. Paling tidak sebulan sekali atau dua kali saya mengunjungi toko buku ini untuk ngecheck siapa tahu ada barang baru. Tapi alasan sebenarnya kenapa saya senang masuk ke toko buku ini karena banyak sekali barang barang buatan Indonesia. Hampir semua kertas printer, photo dan  photo copy semuanya buatan Indonesia. Merk yang cukup laris SINAR. Sampul sampul buku plastik, berbagai macam stationary dan tas juga dari Indonesia. Panasonic LCD Monitor juga tertulis besar Made In Indonesia. Guitar Accoustic Yamaha juga Made In Indonesia. 


Buku Baru Dan Laris Letaknya Ditengah

Biasanya saya pura pura bego selalu bertanya, terutama kalau ada orang lain yang berdiri disebelah saya : 
'Barang ini Buatan Mana, China Atau India ?'.
'No, Madame. Made In Indonesia. Better quality than China or India products, believe me...'
Rasanya seneng sekali kalau petugasnya njawab kencang dan didengar orang orang disebelah saya.



Hanya Satu Lantai Saja
Kalah Besar Dibanding Gramedia Dan Gunung Agung


Hobby Melukis
Banyak Pilihan Cat Dan Canvas


Kios Kios Disamping Jarir Book Store
Menjual Anak Ayam, Kelinci Dan Ikan

Baca Juga :

3 komentar:

  1. Salam kenal Mas Ardi dan Bunda Susy.. bangga rasanya ada barang-barang buatan negeri tercinta di luar negeri.. Saya yg sementara ini tinggal di Manila, juga menemukan beberapa barang buatan Indonesia, seperti kopi, produk kosmetik, mie instant, dll.. salam selalu …

    BalasHapus
  2. I love you Indonesia!! maaf y a belum bisa berdedikasi penuh untuk negeri Indonesia tercinta, tapi setidaknya tidak bersikap malu-maluin saat berada di negara orang hehe

    BalasHapus

Silahkan menuliskan komentar dengan bahasa yang jelas, sopan dan beradab.