Jumat, 11 Juni 2010

Ada Elle Macpherson Di Volendam

Pagi, Hujan
Berangkat Menuju Volendam

Volendam terletak diluar kota Amsterdam dan berjarak hanya sekitar 21 Km saja dari Central Station Amsterdam. Untuk menuju Volendam bisa dicapai dengan bus umum yang berangkat dari Central Station Amsterdam. Bus ini berangkat setiam 30 menit sekali. Tetapi saya dan keluarga naik mobil sendiri (tentu mobil sewaan dong..), dengan GPS yang selalu setia mengantar kemanapun tujuan kita jalan. 

Rumah Belanda
Ada Pot Bunga Di Jendela

Saya paling tidak suka kalau ikut tour, disamping dibatasi waktu juga terlalu mahal kalau ikut tour. (Tapi....kadang kadang ikut juga). Dari Central Station, cukup ngikuti dari belakang bus umum ke Volendam dulu menuju Ij Tunnel dan lanjut kejalan N-10 dan N-247. Langsung deh ketemu. Dalam perjalanan menuju Volendam ini kita bisa mampir beli keju di Cheese Market di Edam dan juga melihat rumah rumah tradisional Belanda yang bagus. Disamping itu, ternyata orang Belanda juga bertani menanam padi dan aneka macam tanaman buah disepanjang jaln menuju Volendam. Katanya sih Volendam juga bisa dicapai dengan naik kapal (cruise)melalui canal, tetapi saya tidak tahu darimana berangkat dan beli tiketnya. Mungkin dikelola oleh tour yang brosurnya banyak dipromosikan di lobby hotel.


Rumah Makan Pannekoeken
Enak Tenan


Perjalanan kita ke Volendam ditemeni  oleh Meneer Alex dan Istrinya Mevrouw Ria yang telah menetap di negari Londo cukup lama. Kita memang sekaligus ingin ketemu temen lama yang dulu pernah sama sama di Rumbai . Berkat Meneer dan Mevrouw ini pula akhirnya kita mendapat ilmu cara bayar parkir mobil...... dan tentu saja ditunjukkan restoran enak makanan tradisional Belanda. Namanya restaurantnya Pannenkoeken Boerderij.


Pelabuhan Nelayan
Volendam

Awalnya, Volendam adalah pelabuhan didekat Edam, yang terletak di muara sungai Ij. Tetapi pada tahun 1357, penduduk Edam membangun kanal pintas ke Zuiderzee sekaligus dengan pelabuhan barunya. Akibatnya pelabuhan asli tidak berfungsi dan kemudian malah dibendung dan digunakan untuk reklamasi tanah seperti bentuknya yang sekarang. Petani dan nelayan yang tinggal diurukan tanah reklamasi ini kemudian membentuk komunitas baru Vollendam.


Didepan Kios
Tukang Photo Volendam


Pada  awal abad ke-20 tempat ini menjadi tempat favorit para artis dan seniman mencari ilham, tercatat nama besar Picasso dan Renoir pernah tinggal dan menghabiskan waktu di sini. Mayoritas penduduk adalah Katolik Roma, dan  secara historis, banyak misionaris dan para uskup dibesarkan di Volendam. Perpaduan antara seni, religius, budaya lokal dan laut masih sangat terasa ditempat ini. Bangunan bangunan kuno dan artistik masih terawat dengan baik.


Hujan Gerimis Tapi
Turis Berdatangan Terus


Volendam merupakan daya tarik wisata terkenal di Belanda. Ditempat ini terdapat beberapa studio photo dimana pengunjung dapat berfoto dalam kostum tradisional Belanda. Studio photo ini  sudah beroperasi turun temurun entah berapa generasi dan berkarya di rumah yang sama sejak jaman baheula sampai sekarang. Studionya sendiri dari dulu sampai sekarang tetap sama saja, tidak bertambah luas atau menyusut, yang beda sekarang cameranya sudah digital sehingga hasilnya bisa langsung ditunggu beberapa menit saja meskipun pengunjungnya mbludak dan berdesak desakan.



Mencoba Pakaian Tradisional
Belanda Sebelum Pemotretan


Tokoh tokoh terkenal dari negara manapun yang pernah berkunjung ke Volendam selalu menyempatkan diri berphoto dengan pakaian tradisional Belanda distudio ini, terlihat di etalase studio, wajah wajah Indonesia seperti Megawati, Rima Melati, SBY dan lain lain berdampingan dengan tokoh politik atau artis terkenal dari segala penjuru dunia.


Inilah Hasil Jepretan
Tukang Photo Di Volendam



Barangkali, photo saya saat ini juga dikoleksi dan dipasang dietalase karena sebelum saya meninggalkan studio sempat saya dengar petugasnya berteriak 'Elle .....Elleeee !!!! .....'. Saya tidak tahu petugas tersebut memanggil karyawan yang lain atau gembira ketemu saya dan melihat photo saya mirip Elle Macpherson. Dulu waktu kita baru menikah, mas Ardi sering mengucapkan 'Dik, kamu mirip sekali dengan Elle Macpherson...', 'Dik kamu mirip sekali dengan. Dian Sastro'. 'Dik kamu mirip sekali dengan ......'. Hwalah....


Baca Juga :

2 komentar:

  1. salam kenal,
    mau tany studio foro di volendam yg terkenal itu namanya apa? posisinya dmn ya . tx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halah, Volendam itu kecil sekali. Jalan saja kemanapun sekitar pasar sampai laut, anda pasti akan nglewati studio photo. Tinggal pilih pakaian, jepret, tunggu satu jam langsung jadi. Diatas ada photonya,'Photograaf' depannya laut.

      Hapus

Silahkan menuliskan komentar dengan bahasa yang jelas, sopan dan beradab.