Sabtu, 21 November 2020

Masjid Pink Kuwait

Ftooh Mosque Atau Masjid Pink
Setitik Warna Pink Di Hamparan Gurun Pasir Coklat

Masjid ini namanya Ftooh Mosque, tapi karena warnanya cukup aneh dan ditengah gurun pasir yang sangat jauh dari mana mana maka kebanyakan orang yang pernah melintas selalu menyebut dengan warnanya yaitu Masjid Pink atau Pink Mosque. Lokasi tepatnya tidak jauh dari Subiya Motorway atau Road 801, tidak begitu jauh dari bundaran ke Al-Maghasil.

Masjid Pink Dilihat Dari
Road 801 (Subiya Motorway)

Untuk menuju ke masjid unik ini perlu perjuangan yang tidak ringan karena resiko kesasar sangat tinggi sekali. Lokasinya di gurun dan peta GPS maupun Google Maps belum bisa dipercaya penuh karena banyak jalan jalan baru yang belum update.  Lokasi sekitar daerah ini misalnya Al Maghasil, Subiya dll memang sedang dalam pembangunan, banyak jalan jalan baru  sedang dibangun atau baru selesai dibangun. 

Ditengah Gurun, Siapapun Yang Lewat
Road 801 Pasti Berhenti Untuk Photo

Kuwait memang sedang punya visi besar untuk membangun kawasan industri besar di pulau Boubiyan yang dikenal dengan nama New Kuwait 2035 Strategic Plan. Nah, daerah sekitar Masjid Pink ini berada persis diseberang Pulau Boubiyan dan tidak jauh dari Boubiyan Bridge yang saat ini sedang dalam tahap akhir pembangunan (Belum dibuka Nov 2020 ini).


Kubah Dan Menara Warnanya Pink
Mirip Rumah Barbie

Kembali ke Masjid Pink, bentuk menaranya mirip sekali dengan rumah rumahan Barbie yang banyak dijual di toko toko mainan anak anak. Tidak saya jumpai adanya kaligrafi ayat ayat Qur'an di dinding dinding tembok seperti umumnya masjid ditempat lain. Dinding tembok polos berwarna putih dan hanya ada beberapa kipas angin saja yang menempel di dinding.

Kurang Jelas Kenapa Berwarna Pink
Arsitekturnya Sama Saja Dengan Masjid Lain
Masjid Tapi Mirip Rumah Barbie

Jadi, Masjid Pink ini lebih mirip Rumah Barbie dibanding sebuah Masjid. Interior dalamnya ada sebuah taman dengan satu pohon besar yang mengingatkan saya sebuah Masjid di kota Paris yang pernah saya kinjungi beberapa tahun lalu. Memang benar ada tulisan Arab besar di sekitar pintu, tapi bunyinya peraturan cara menempatkan sandal, harus memakai masker dan anjuran agar jaga jarak kalau sholat selama Pandemy Covid-19 saja. 

Unik Ditengah Gurun Pasir Yang
Jauh Dari Mana Mana

Kordenpun Berwarna Pink

Suasana Sholat Didalam Masjid Pink

Di Kuwait Selalu Ada Kursi Didalam Masjid
Khususnya Untuk Orang Tua

Pintu Masuk Masjid Pink

Ada Taman Ditengah Masjid

Ruang Sholat Berbeda Untuk Pria Dan Wanita

Taman Ditengah Masjid
Taman Ditengah Ini Seperti Masjid Di Paris

Bagian Depan Masjid
Semua Tembok Berwarna Pink

Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan menuliskan komentar dengan bahasa yang jelas, sopan dan beradab.