Sabtu, 10 Oktober 2020

Jalan Jalan Ke nDeso Roquebrun Perancis

Ini Pemandangan Di Wilayah Occitanie
Menuju ndeso Roquebrun - Perancis
Warga Desa Naik Motor

Umumnya orang Indonesia itu membayangkan negara negara di Eropa itu megah, gemerlap, warganya makmur dan serba berkelimpahan harta. Kenapa bisa punya pemikiran seperti itu ?. Jangan bertanya ke saya. Kalau bertanya ke saya, jawaban saya tegas : 'Karena umumnya orang Indonesia hanya mengenal Eropa dari photo photo obyek wisata dan photo ibukota negara atau kota besar yang banyak entertainmentnya doang'. Coba anda keluar masuk pedesaan juga. Tentu kesimpulan anda akan bertolak belakang. 

Ini Roquebrun, Occitanie Perancis Ya Guys
Bukan Jalan Desa Sekitar Mojokerto

Mari saya ajak anda jalan jalan ke pedesaan. Kali ini saya ajak anda ke Desa Roquebrun, wilayah Occitanie di Perancis Selatan. Tidak ada Menara Eiffel yang terkenal diseluruh dunia di desa ini. Tidak ada juga Museum Louvre yang lengkap koleksinya dan tidak ada juga gedung gedung megah bergaya arsitektur Gothic atau Renaissance semacam Versailles Palace dan lain sebagainya. Apalagi tempat hiburan Moulin Rouge dan EuroDisney, jelas tidak ada yang mau masuk dan investasi sampai ke desa yang jaraknya sangat jauh dari ibukota Paris ini. Yang ada di desa wilayah selatan Perancis ini adalah petani, peternak dan warga desa yang sedang nyangkul dan ngarit cari rumput dan menggembalakan ternak.

Melewati Jembatan Desa Harus
Satu Persatu Ngantri - Ini Perancis Lho

Semua pemandangan yang terlihat heboh, menarik, gemerlap  dan sering anda saksikan di photo photo teman anda di medsos itu hanya ada di ibukota negara Paris dan obyek obyek wisata sekitarnya atau paling jauh di kota kota wisata yang memang sudah dibuat menarik dari dulunya, makanya dijadikan kota wisata. Wilayah lain yang bukan daerah tujuan wisata, ya jelas sama saja dengan wilayah pedesaan di Indonesia. Wilayah pedesaan seperti ini luasnya sekitar 70-80% luas negara Perancis.

Jalan Utama Pedesaan Di Wilayah
Occitanie - Sekitar 7 Jam Dari Paris

Jalan jalan pedesaan di Perancis juga sama saja. Jalan utama pedesaannya sempit  seperti yang bisa anda lihat pada photo ilustrasi dibawah ini. Kalau ada jembatan, mobil harus ngantri satu persatu untuk bisa menyeberang melalui jembatan. Jalan jalan menuju ke rumah warga juga berupa jalan tanah, dan beberapa sudah dikeraskan dengan urugan batu geragal. Yang saya ceritakan ini Desa Roquebrun, Occitanie -  Perancis ya guys, bukan desa desa sekitar Mojokerto, Gresik atau Lamongan.

Yahhh, Ternyata Bercocok Tanam Juga
Bule Perancis

Mungkin banyak diantara anda yang tidak percaya dengan apa yang saya ceritakan ini karena setiap hari yang anda saksikan di TV dan Layar Lebar hanya aktor ngganteng dan aktris cantik dengan latar belakang ibukota Paris dan kota kota wisata lain yang eksotis. Benar sekali, aktor dan aktris memang dipilih yang ngganteng dan cantik. Tempat shooting film selalu ditempat tempat yang menarik dan eksotis. Kalau warga pedesaan ya jelas penampilannya 'standard' dan malah kalau didekati masih tercium bau pupuk kandang dari tubuhnya meskipun kita sudah 'jaga jarak' cukup jauh saat Pandemi Corona/Covid19 seperti sekarang ini.

Papan Nama Tanda Memasuki Desa Roquebrun
Kecil Dan Sangat Bersahaja


Iklan Pedesaan Disepanjang Jalan
Terima Laundry Kiloan, Jual Benih Ikan


Desa Roquebrun
Mobil Warga Semuanya Pickup Buat Ngangkut
Hasil Bumi

Suasana Desa - Sepi, Penduduknya
Nyangkul Di Ladang


Jembatan Desa, Nggak Ada  Bedanya
Dengan Jembatan Di Sekitar Wonosobo


Bikin Kios Maju Mepet Ke Jalan
Sama Kan Kelakuan Orang Perancis
Dengan Orang Indonesia


Gudang Tempat Penyimpanan Hasil Bumi



Ini Juga Lumbung Pangan
Tempat Orang Perancis Menyimpan Hasil Bumi


Ada Juga Yang Ngumpulin Balok Kayu
Dan Usaha Bikin Kusen Pintu


Suasana Jalan Utama Desa Di Wilayah
Occitanie


Adem Tenteram Jauh Dari Kebisingan
Dan Berbeda Dibanding Paris Dan Kota Besar Lain

Baca Juga :

2 komentar:

Silahkan menuliskan komentar dengan bahasa yang jelas, sopan dan beradab.