Jumat, 23 Oktober 2020

Jelajah Desa Dari Epen Ke Cadier En Keer Via Honthem Belanda

GPS Dan Google Map Perjalanan
Dari Epen Ke Cadier En Keer

Anda tentu sudah tahu bahwa Belanda itu terkenal dengan Keju dan berbagai macam hasil olahan Susu. Artinya,  pasti banyak sekali Sapi di Belanda. Tapi anehnya, umumnya orang Indonesia menganggap Belanda itu 'Negara Industri', 'Negara Maju', 'Negara Kaya' dan semacamnya. Saya tidak melihat hal seperti itu.

Belanda Itu Negara Sangat Kecil
Jalan Setapak Seperti Ini Dipetakan
 
Kenapa saya tidak bisa melihat Belanda sebagai 'Negara Industri', 'Negara Maju' atau 'Negara Kaya' ?. Jawabnya karena saya sering keluar masuk pedesaan yang jauh lebih luas dibanding perkotaan. Orang Belanda itu banyak yang mengandalkan asap dapurnya dari sapi. Kemana mana naik sepeda. Jalan agak jauh sedikit naik kereta api lalu lanjut jalan kaki lagi. 

Orang Belanda Kurang Kerjaan
Jalan Setapak Buat Kambing Dan Sapi 
Dipetakan Di Google Maps

Beda dengan orang Indonesia, jauh dekat naik sepeda motor. Saya ulang sekali lagi, 'Sepeda motor bro, bukan sepeda !'. Ke warung tetangga tidak sampai 100 meter saja ngeluarin sepeda motor, bukan jalan kaki seperti orang Belanda. Ke Medan atau Jayapura sudah tentu naik Pesawat.  Belanda... alamaak, saking kecilnya negara ini, akan terasa aneh jadinya kalau antar kota dalam negeri harus naik pesawat.

Jalan Tanah Cuma Satu Meter Gini
Kok Dipetakan Di Google Maps

Tapi saya akui orang Belanda kreatifnya luar biasa. Jalan setapak yang sebenarnya hanya bisa dilalui sepeda, kambing, kerbau dan sapi dipetakan dengan sangat bagus. Kalau saya lihat Google Maps atau GPS, seolah olah semua wilayah dan kota di Belanda sudah terhubung jalan raya yang bagus. Bayangan saya sekelas Highway atau jalan Tol. Lha wong di gambar peta, ukuran lebar jalannya sama saja dengan gambar lebar jalan tol di Jawa. Kenyataannya ternyata cuma jalan setapak dengan lebar sekitar 1.5 - 2 meter doang.

Sepertinya  Kebun Bayam
Ini Belanda Guys

Karena terlalu percaya dengan gambar lebar jalan di peta GPS dan Google Maps inilah saya kesasar, lalu sengaja menyasarkan diri kemana mana dan bisa jelajah pedesaan di Belanda. Perjalanan saya mulai dari desa Epen, Slenaken, Norbeek, Mheer, Sint Geertruid, Eckelrade, Honthem dan terakhir di Cadier En Keer. Desa desa ini berada di wilayah Limburg. Rata rata lebar jalan hanya cukup dilalui satu mobil. Nggak usah takut atau khawatir berpapasan dengan mobil lain, kecil sekali kemungkinannya. Orang Belanda semuanya naik sepeda dan jalan kaki.

Jalan Sempit - Pematang Sawah Gini
Kok Dimasukin Google Maps

Sebenarnya tidak terlalu tepat kalau saya mengatakan Epen, Slenaken, Norbeek, Mheer, Sint Geertruid, Eckelrade, Honthem adalah sebuah desa. Yang bisa disebut desa itu adalah Cadier En Keer karena ukurannya cukup besar dan lumayan banyak rumah penduduk. Yang lainnya terlalu kecil, paling isinya cuma 5 - 10 rumah penduduk saja. Jadi lebih cocok kalau saya sebut sebagai Dusun atau Dukuh saja.

Banyak Kebun Jagung
Pantas Eropa Protes Sawit Indonesia
Lha Wong Andalannya Corn Oil

Nggak ada bedanya sama sekali dengan suasana pedesaan di Indonesia. Orang desa sangat ramah, lugu dan baik. Yang ditanam di ladang juga relatif sama dengan di pedesaan di Indonesia.  Sayur sayuran, biji bijian,  buah buahan dan ada juga hutan kayu meskipun tidak terlalu luas. Yang jelas orang Belanda bercocok tanam juga, bukan berdasi, bikin pesawat, atau terbang ke bulan.

Nengok Kebun Naik Sepeda

Lihat sendiri photo photo perjalanan saya dari dukuh dan dusun Epen, Slenaken, Norbeek, Mheer, Sint Geertruid, Eckelrade, Honthem sampai ke desa Cadier En Keer di wilayah Limburg Belanda ini. Benar atau tidak bule Eropa selalu berdasi, memakai jas seperti yang sering anda saksikan di gedung bioskop dan TV Entertainment di tanah air ?. Menurut saya, gambaran orang Indonesia tentang Bule Belanda dan juga Eropa terlalu mengada ada dan berlebihan.

Rumah Warga Desa

Gudang Penyimpanan Hasil Bumi
Di Dusun Eckelrade

Kebun Jeruk

Masuk ke Dukuh Honthem

Hutan Honthem  Ini Kalau Di Ulasan Internet
Hebohnya Bukan Main Padahal Cuma
Sekitar 20 Pohon Doang

Ternyata Ada Yang Menanam Padi Juga

Pengairan Sawah Lewat Jalan
Atau Ada Pipa Air Bocor ?

Air Dialirkan Lewat Jalan
Murah Meriah

Kebun Jagung
Ada Pabrik Corn Oil Disekitar Sini


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan menuliskan komentar dengan bahasa yang jelas, sopan dan beradab.