Sabtu, 31 Maret 2018

Gatwick Airport Selayang Pandang

Gatwick International Airport London
Panjang Runway Cuma 2565 Meter
Bandara Soetta Panjang Runwaynya 3660 Meter !!!

Mari saya ajak anda melihat Gatwick International Airport di London, sebuah bandara internasional tersibuk peringkat 32 dunia tahun 2017. Bandara ini peringkatnya naik terus dari peringkat 37 pada tahun 2015, lalu naik menjadi peringkat 35 tahun 2016 dan sekarang sudah nangkring di urutan 32 pada survey tahun 2017. Baca sumbernya : List Of Bussiest Airport in 2017

Peringkat 32 Bandara Tersibuk Dunia
Aircraft Movement Gatwick Cuma:285,964 Kali
Aircraft Movement Bandara Soetta : 447,390 Kali

Salah satu kelebihan Gatwick International Airport ini (dan juga airport lain di UK seperti Heathrow) adalah telah terintegrasinya stasiun KA, Bus Antar Kota dan Bandara sejak dulu kala. Penumpang tidak merasa sedang berada di lokasi Stasiun KA, Terminal Bus atau sedang berada di Bandara. Semuanya terhubung satu sama lain seolah olah berada dalam satu atap.

Gatwick Airport Ini Adalah Bandara Kedua
Kota London Setelah Heathrow Airport

Di Indonesia, sarana transportasi publik yang terintegrasi dengan bandara baru diwacanakan / sedang dibangun. Tapi bisa saya pastikan sangat ruwet dan mahal karena Stasiun kereta api dan bus antar kota di Indonesia lokasinya terlalu jauh dari bandara dan berada ditengah kota.  Indonesia jaman dulu cara membangun Stasiun, Terminal Bus dan Bandaranya sendiri sendiri dan tidak memikirkan untuk diintegrasikan. Baru akhir akhir ini saja wacana tersebut bermunculan setelah jalanan macet.

Lorong Lorong Sangat Panjang
Karena  Memang Stasiun KA Cukup Jauh Dari Bandara

Mungkin agak susah membayangkan seperti apa Gatwick International Airport. Secara umum terlihat serba kaca, atapnya kaca tembus pandang dan didekat runwaynya juga terlihat ada banyak pembangkit listrik tenaga matahari.  Kok bisa bisanya tercatat sebagai Bandara Tersibuk Peringkat ke 32 di dunia tahun 2017 ?. Secara kasat mata sebenarnya nggak sibuk sibuk amat kok. Bandara International Soekarno Hatta itu dua kali lebih sibuk dibanding Gatwick Airport. Saya terbiasa menyaksikan bandara bandara di Indonesia dan memang terlihat lebih ramai dan sibuk sekali, terutama kalau musim haji. Yang berangkat Haji hanya dua orang, yang ngantar bisa satu Kelurahan.

Seperti Berada Di Bandara
Tapi Sebenarnya Ini Di Lorong Penghubung Bandara
Dengan Stasiun KA

Bandingkan peringkat Bandara Tersibuk 2017 dibawah ini. Mengingat bahwa bandara International  adalah Pintu Gerbang Negara, tentu anda akan mengerti bahwa sirkulasi ekonomi suatu negara bisa tercermin dari kesibukan Bandaranya. Bandara Cengkareng yang tidak secanggih Gatwick saja bisa seramai itu, apalagi ditambah dengan bandara International lainnya seperti Kuala Namu, Ngurah Rai dan Juanda. Lewat sudah Singapore, Malaysia dan Thailand. 

Tidak Seramai Seperti Bandara Di Indonesia
  • Peringkat 17 : Soekarno Hatta International Airport, Indonesia
  • Peringkat 18 : Singapore Changi Airport, Singapore
  • Peringkat 19 : Seoul Incheon International Airport, South Korea
  • Peringkat 20 : Denver International Airport, USA
  • Peringkat 21 : Suvarnabhumi Airport, Thailand
  • Peringkat 22 : John F Kennedy International Airport, USA
  • Peringkat 23 : Kuala Lumpur International Airport, Malaysia
  • Peringkat 32 : Gatwick International Airport, United Kingdom
Didalam Kereta Listrik Saja
Terasa Banyak Orang

Keluar Dari Kereta Masih Jalan Lagi
Terlihat Ada Solar Power Panel Didekat Runaway

Menuju Ke Terminal Keberangkatan
Dari Arah Stasiun Kereta Api

Terang Tanpa Lampu Penerangan
Karena Semua Atap Dari Kaca Tembus Pandang

Gatwick Airport Hemat Listrik, Selain Beratap Kaca
Ada Juga Solar Power Panel Didekat Runaway

Cahaya Matahari Menghangatkan Bagian
Dalam Bandara

Terminal Keberangkatan
Sepi Sekali Jam 10:00 Pagi

Corridor Menuju Ke Pesawat
Serba Kaca, Terang Benderang Tanpa Listrik

Masih Harus Turun Lagi Ke Lantai Dasar Untuk
Menuju  Ke Pesawat

2 komentar:

  1. Oh ya ampun,,sepi ya ternyata luar negri itu,,bisa jadi kalau di indonesia kl pake atap kaca2 gt panas dan silau bunda,,indonesia ini ampun pnsnya bisa2 di omelin org banyak,,jalan 1/2 kilo aja bs habis es teh sekantong bun,,he,,he,,kalau di sini tidak sepanas indo ya,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Indonesia itu jumlah penduduknya buanyak dibanding negara Eropa, lagipula culturenya selalu mengantar ke bandara kalau ada teman/saudara yg bepergian. Jadi terlihat ramai sekali dari luar tapi yang terbang tidak terlalu banyak sebenarnya.

      Bandara lain yang nangkring diurutan atas ramai karena bandara tersebut merupakan Hub yg menghubungkan negara lain. Banyak penumpang yg transit doang, contohnya Heathrow, Dubai dll.

      Hapus

Silahkan menuliskan komentar dengan bahasa yang jelas, sopan dan beradab.