Senin, 20 September 2010

Yang 'Gratisan' Di Changi Airport

Internet Gratis Banyak
Sudah tak terhitung lagi berapa jumlah Terminal yang pernah saya kunjungi selama ini. Mungkin ratusan atau mungkin juga sudah mencapai ribuan. Di Jakarta saja saya sudah ratusan kali ke Terminal Pulau Gadung, Terminal Kampung Rambutan, Terminal Lebak Bulus, belum lagi di kota kota lain di Indonesia. Begitu saya bertempat tinggal di Kuwait dan berstatus 'Expatriate', urusan keluar masuk Terminal ini masih tetap saja berlanjut sampai sekarang, bedanya kali ini yang sering kita kunjungi adalah Terminal 2D, 2E atau 2F Soekarno Hatta, Terminal 2 Dubai Airport, Terminal 1 atau 2 Changi Airport dan masih banyak lagi terminal terninal lain diseluruh penjuru Dunia yang pernah kita singgahi.


Bersih Dan Bagus
Dari ratusan terminal yang pernah kita singgahi, saya paling senang sekaligus jengkel adalah di Terminal 1 dan 2 Changi Singapore International Airport. Sangat senang karena Terminal ini begitu nyaman, aman, bersih dan banyak fasilitas umum yang Gratis. Yah benar, urusan gratis ini perlu digaris bawahi karena jumlahnya banyak sekali, mulai dari tilpun local gratis, air minum gratis, internet gratis, city tour gratis bagi yang transit lebih dari 5 jam dan Pijat Gratis. Tetapi juga sangat menjengkelkan karena suami tercinta selalu tertidur pulas diatas tempat pijat gratis yang juga banyak tersedia disepanjang koridor dan ruang tunggu disemua gate keberangkatan.



Mesin Pijet
Benar sekali, urusan ‘Gratis’ ini tidak ada hubungan dengan strata ekonomi seseorang, maksudnya penumpang yang terbiasa duduk di business class juga ikutan memakai yang gratis gratis seperti ini, apalagi yang tiketnya selalu economy class. Hampir disetiap koridor menuju keberangkatan diberi sarana internet gratis dengan jumlah sekitar 12 sampai 20 unit computer. Pengunjung bisa memakai sesukanya, Cuma harus login kembali setiap 3 menit sekali. Koneksi ke Internet akan logout sendiri setiap 3 menit dengan alasan untuk keamanan karena banyak sekali pengguna internet di Terminal ini yang lupa logout dan langsung berangkat terbang.



Pijet Gratis
City Tour Gratis juga ada. Tinggal tunjukkan boarding tiket terusan kita saja ke desk Free Singapore City Tour didekat escalator di Terminal 2 Changi maka semua pegel linu nunggu pesawat lanjutan langsung hilang. Lama City tour Singapore ini dua jam, jadi kalau transit anda kurang dari 5 jam maka akan ditolak, tetapi kalau lebih dari 24 jam juga ditolak. Route City Tour ini ke Little India, China Town dan sekitarnya. Lumayan daripada berjam jam nunggu keberangkatan di airport. Tidak ada biaya sama sekali karena bagi warga negara Indonesia bebas Visa untuk masuk ke Singapore, tinggal tunjukkan passport saja semua urusan selesai.


Internet Gratis
Mesin pijat dan Urut juga gratis dan tersedia disepanjang koridor. Mulai dari mesin pijat telapak kaki sampai yang full seluruh punggung ada di terminal ini. Tinggal lepas sepatu dan masukkan kaki ke mesin maka langsung hilang pegal pegal di kaki apalagi kalau alat dipunggung ikut berputar, wuah bisa merem melek. Mesin pijat kesehatan ini adalah biang keributan diantara kita karena umumnya hanya dua tempat duduk saja disetiap tempat dan jumlah kita 4 orang. Jadi biang ribut karena harus gentian meskipun sebenarnya kalau mau cukup jalan 10 – 15 meter saja untuk mencari tempat pijat yang kosong. Bapak, emak dan anak tidak ada satupun yang mau ngalah kalau sudah berebut kursi pijat kesehatan seperti ini. Celakanya lagi, si bapak sebagai komandan regu tidak mau meninggalkan kursi ini sebelum tertidur pulas. ‘Pindah sono saja kosong, ngganggu orang tidur saja… kan pesawat masih 2 jam lagi berangkat..!!!’.


Baca Juga :

2 komentar:

  1. Setuju! Changi emang keren dan ga bosenin! Lagi transit ato lagi nungguin flight yang keberangkatannya masih lama bahkan jadwal yang di delayed pun takkan terasa membosankan ketika kita berada di Changi ! Banyak yang bisa lakukan dan bersenang-senang sambil menunggu waktu; shopping, nongkrong di cafe, pijat gratis, sampai internetan gratis ! Info lengkap tentang Changi bisa dilihat di http://airport.singapore-e.info/i/index.html

    BalasHapus
  2. Bagian yang gratis ini selalu menarik untuk disimak. Sayangnya harus naik pesawat terusan baru bisa dapet city tournya ya mbak.

    BalasHapus

Silahkan menuliskan komentar dengan bahasa yang jelas, sopan dan beradab.