Senin, 20 Februari 2012

Ski, Snowboard Dan Salju Di Timur Tengah


Faraya Mzaar Ski Resort Lebanon


Macet Banyak Mobil Selip
Menjelang Pintu Masuk
Faraya Mzaar Ski Resort
Kali ini saya ajak anda jalan jalan ke Faraya Mzaar,Kfardebian di Lebanon. Suatu tempat yang pernah menggemparkan jagad jurnalistik di tanah air beberapa tahun lalu. Saat itu berbagai harian di tanah air memuat berita berjudul Timur Tengah Dilanda Badai Salju.  Setelah itu berbagai tulisan muncul di koran koran lain, blog, facebook dan media internet lain dimana semuanya latah mendramatisir cerita seperti ‘Pemanasan Global', ‘Tanda Tanda Kiamat’ dan tentu tidak ketinggalan  'Jempol' di facebook. Sebenarnya yang terjadi saat itu adalah kejadian biasa, yaitu hujan salju disertai angin kencang yang terjadi di Lebanon, Syria, Palestina/Israel, Jordania dan sebagian Saudi Arabia Bagian Utara. Tetapi karena ‘mindset’ wartawan, penulis dan pembaca di Indonesia adalah ‘tidak mungkin ada salju di Timur Tengah maka yang terjadi malah dakwah pemanasan global dan tanda tanda kiamat. Silahkan baca :


Simbok Sedang Mencari Penjual
Bakso Biar Hangat


Beli Karcis Masuk


Faraya Mzaar adalah ski resort terbesar di Timur Tengah dan hanya sekitar satu jam saja perjalanan dengan mobil dari Beirut. Perjalanan menuju tempat ini dengan mobil cukup aman karena meskipun jalan naik tetapi secara umum tidak ada tikungan patah. Jalan tidak terlalu besar tetapi cukup sepi dan kendaraan berpapasan juga tidak terlalu ramai. Cara mengemudi mobil lain juga cukup sopan dan tidak ugal ugalan. Kalaupun ada bahaya tentu karena licin baik karena air hujan atau salju yang mencair terlindas roda mobil. Pompa bensin sepanjang jalan sangat banyak sekali dan jangan kaget, kebanyakan pompa bensin dikelola oleh Medco Energy. Saya kira perusahaan Indonesia milik Arifin Panigoro, ternyata perusahaan energy asli Lebanon yang telah berdiri sejak 1910 milik George N Chammas (Chammas Group).

Hotelku Tertimbun Salju
Mana Pintunya Ya ?

Ski resort Faraya Mzaar ini pertama kali dibangun tahun 1950. Artinya, kalau ada hujan salju atau badai disekitar tempat ini bukan berarti pemanasan global atau tanda tanda kiamat. Memang dari dulunya selalu bersalju dan sering berangin kencang. Kalau ada korban kejatuhan papan reklame ya jelas wajar wong anginnya kencang sekali. Tempat tempat ski di Lebanon, sekitar Kfardebian diantaranya adalah :
  • Faraya Mzaar Kfardebian
  • The Cedars
  • Laqlouq
  • Fakra
  • Qanat Bakich
  • Zaarour

Pemeriksaan Tiket

Faraya Mzaar terdiri dari 42 slopes dan 80 Km track. Puncak tertingginya sekitar 8130 feet dan dinamakan Dome Du Mzaar. Dari puncak ketinggian ini akan terlihat Lembah Bekaa, puncak The Cedars, Laqlouq, Fakra, Qanat Bakich, Zaarour, Laut Mediterania dan kota Beirut. Mt Hermon, tempat ski di Palestina juga terlihat jelas dari puncak Mzaar ini. Tempat ski terdiri dari 3 slope untuk pemula dan beberapa untuk intermediate, baik untuk pemula maupun intermediate bisa kepuncak menggunakan kereta gantung. Yang sudah mahir bermain ski atau snowboard bisa naik ke puncak tertinggi di Jabal Dib atau Warde Peaks seperti yang sering anda lihat di TV Extreme Sport. Ada juga cross country trail, tempat dimana pemain ski sering menabrak pohon kalau meleng.


Briefing Keselamatan


Tempat penginapan mungil semacam losmen banyak sekali ditempat ini dan dinamakan Chalets. Ada yang benar benar mungil hanya terdiri dari beberapa kamar dan ada juga yang dikelola seperti hotel bintang 4. Yang paling dekat dengan pintu masuk Ski Resort adalah Aux Cimes Du Mzaar. Kalau hotel bintang 5 yang terdekat adalah Intercontinental Mzaar Hotel. Jalan menuju pintu masuk ini selalu padat dan macet karena banyak sekali mobil yang selip tidak bisa jalan, mundur sendiri nabrak mobil belakangnya atau jalan sendiri nabrak dinding saking licinnya jalan saat tertutup salju. Jangankan mobil, jalan kaki saja bisa kepleset dan meluncur kebawah.


Ayu Dan Dinda Meluncur

Kalau anda menginap di hotel atau chalets yang agak jauh dari pintu masuk, saya sarankan untuk menggunakan snow taxi saja daripada kedinginan jalan kaki dan kepleset dijalan. Taxi ini bisa dipesan dari hotel, biasanya anda akan diajak memutar ski resort yang jauh sekali supaya ongkosnya tidak terlalu murah. Rugi bagi sopir taxi kalau dari hotel langsung ke pintu masuk ski resort, tetapi nggak apa apa, anggap saja wisata siapa tahu anda bisa melihat mobil jalan mundur nggak ada sopirnya. Mintalah kepada sopir taxi kira kira jam berapa nanti harus dijemput, usahakan anda telah sampai ditempat tunggu yang anda sepakati tepat waktu, kalau sampai sopir taxinya datang dan anda belum ada maka anda akan ditinggal karena jadwal sopir taxi sangat padat dan jumlah taxi juga tidak terlalu banyak.


Naik Ke Intermediate Peaks

Untuk sewa snowboarding atau perlengkapan ski tidak terlalu sulit. Hampir disetiap chalets yang ada di Faraya dan Kfardebian menyediakan perlengkapan ski untuk anda beli atau anda sewa. Cukup tinggalkan tanda pengenal saja kalau anda mau sewa. Hitung hitungan sewanya adalah per hari, terdiri dari jaket dan celana salju, sepatu dan ski atau snowboard yang bisa anda pilih dan tongkat ski. Helm keselamatan dan kaca mata anti silau juga bisa disewa termasuk snowmobile. Ongkos sewanya cukup bervariasi dan tawar menawar, semakin jauh tempat sewa dari pintu masuk semakin murah.


Silahkan melihat http://www.skileb.com/. Sebagai catatan, lebih bagus booking hotel melalui http://www.booking.com/ karena sistemnya sudah online dan pasti, tetapi ada kekurangannya, chalets atau hotel kecil hanya bisa dibook melalui skileb meskipun agak ribet sedikit karena sistem bookingnya masih manual, skileb akan tilpun dulu dengan hotel kalau ada kamar kosong baru konfirmasi ke anda. Tidak semua hotel di ski resort ini mahal. Chalets untuk backpacker juga banyak. Sayangnya, rumah makan agak sulit dicari kecuali didalam hotel atau di Faraya yang cukup jauh.


Di Beginner Slope Bersama
Anak Anak Balita

Chalets
Ada Yang Khusus Backpacker
Satu Kamar Dipakai Satu Rombongan




Baca Juga :



4 komentar:

  1. Astaga, baru tahu saya. Berarti selama ini wartawan dan penulis di Indonesia nggak pernah bepergian ke Timur Tengah bagian Utara dan juga Gurun Sahara bagian Utara ya....dasar penulis copy paste.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar, banyak tulisan HOAX yang asal copy paste. Berita awalnya benar tentang hujan salju tetapi ditambahi interpretasi penulis.

      Tambahan informasi:
      Di tengah gurun sahara atau di gurun timur tengah saat puncak musim dingin juga sering bersalju tipis biasanya tidak lebih dari 1-2 jam saja sudah mencair kembali. Itulah sebabnya Anggun C Sasmi menyanyikan lagu ‘Snow On The Sahara’.

      Yang di gunung lebih permanen dan di beberapa tempat sangat tebal. Foto-foto di internet hampir semuanya di gunung atau kota di kaki gunung.
      Marocco, Algeria, Tunisia dan sebagian Libya juga berada dalam rangkaian pegunungan ATLAS. Sangat wajar kalau diatas gunung ada salju saat musim dingin.

      Kota Tabouk di Saudi terletak di kaki pegunungan Heejaz. Kota Amman Jordania berada di ekor pegunungan Lebanon, jadi sering tertutup salju bulan Desember, kadang tebal, kadang tipis dan terkadang hanya turun beberapa jam saja.

      Kota Madinah di Saudi juga berada didaerah yang sangat mungkin bersalju, karena elevasinya sangat tinggi (dalam rangkaian pegunungan Heejaz). Salju mungkin saja turun kalau ada badai.

      Turki, semua alamnya bergunung-gunung, jadi ski resortnya saja berjumlah 20 lebih.

      Kota Beirut, Tripoli tidak bersalju, tetapi karena sangat dekat dengan gunung maka masuk dalam daerah rawan salju. Kecretan salju ….

      Ethiopia, gunungnya juga bersalju tebal di Ras Dashen.

      Snow Forecast bisa di lihat di link di bawah ini:
      http://www.snow-forecast.com/resorts/Jabal-Katherina/photos

      Tulisan orang Indonesia yang tinggal di Libya:
      http://lifestyle.kompasiana.com/catatan/2012/03/19/ain-draham-kota-terindah-di-musim-dingin/

      Sehingga bukanlah sebuah fenomena yang luar biasa bila salju turun di wilayah pegunungan Atlas, Heejaz atau pegunungan Lebanon apalagi dikaitkan dengan datangnya kiamat. Kalau salju turun saat musim panas, baru kita jadikan bahan renungan atas kekuasan dan karunia-Nya kepada kita di bumi ini. Agar kita selalu tunduk dan bersyukur kepada-Nya.

      Hapus
  2. bisa kalii ngajak2 k lebanon.. *tapi tlong ongkosin* biarin dahh paspor dan visa saya buat sendiri.. pengen ngerasain naik pesawat.. :'(

    BalasHapus
  3. Lebanon kalo biaya hidup mana mahalan sih buk di banding kuwait? Kalo dibanding dengan israel jelas mahal israel, bensin di israel no.3 di dunia termahal hehe

    BalasHapus

Silahkan menuliskan komentar dengan bahasa yang jelas, sopan dan beradab.