Rabu, 02 Mei 2012

Salju Di Timur Tengah Yang Bikin Saya Ngakak


Ski Resort Tua Berdiri Tahun 1950 Kok Dikatakan
Salah Satu Tanda Tanda Kiamat Dan Gejala Pemanasan Global

Musim Dingin Tertutup Salju
Musim Panas Jadi Gurun Kembali
Kali ini saya ajak anda jalan jalan ke Laqlouq. Salah satu dari puluhan Ski Resort di Timur Tengah dimana sebagian besar Ustad, Wartawan, Blogger, Facebooker tidak mengetahui kalau di Timur Tengah bagian utara juga rutin turun salju saat musim dingin. Laglouq adalah salah satu ski resort di Lebanon yang sudah ada sejak 1958. Sangat tua sekali dan hanya Dinosaurus saja yang lebih tua dari Laqlouq. Ini bukan satu satunya ski resort di Middle East, ski resort lain di Lebanon cukup banyak dan pernah saya tulis dalam blog ini juga, misalnya  Faraya Mzaar Kfardebian The Cedars, Fakra, Qanat Bakich dan Zarour. Di Israel / Palestina ada juga ski resort besar bernama Mt Hermon. Di Syria juga ada seperti di Jebel Makdous dan Bludan. Ras Dashen Ethiopia dan St Catherine Sinai - Mesir. Paling Banyak adalah di Turki, ada 20 ski resort atau bahkan lebih. 

Salju Yang Bikin Saya Ngakak
Dilihat Dari Kamar Hotel
Dari Beirut, jaraknya hanya sekitar 1 jam 15 menit perjalanan dengan menggunakan mobil. Hampir sama jaraknya dengan ski resort Faraya Mzaar. Kalau anda dari Beirut kearah Byblos (Jbail) melalui Coastal Highway, maka anda akan menemui persimpangan kearah Faraya. Terus saja beberapa kilometer kearah Byblos (Jbail) maka akan terlihat persimpangan kearah Laqlouq. Lokasi tepatnya adalah antara Faraya Mzaar Ski Resort dan The Cedar Ski Resort. Ikuti saja  Anaya Street (Charbel Monestary), kalau terlihat Army checkpoint langsung belok kanan kearah Ihmij Village. Saya menggunakan GPS untuk menuju ketempat ski resort ini, sehingga kurang memperhatikan petunjuk arah di jalan, rasanya ada petunjuk jalan dengan tulisan besar menuju Laqlouq.  

Nampang Dulu Di Gurun
Yang Tertutup Salju
Ketinggian Ski Resort Laqlouk antara 1750 – 2000 Meter dari permukaan air laut. Puncak tertinggi bernama Saidat Al Qarn peak dengan ketinggian 2300 meter. Silahkan naik keatas kalau anda penggemar Extreme Sport. Dibandingkan dengan Faraya Mzaar, ski resort ini lebih tenang dibanding Faraya Mzaar. Hotel juga cukup bagus dan yang dekat sekali dengan slope adalah Hotel Shangri-La dan Hotel Nirvana. Hotel Lavalade sekitar 3 menit menuju Slope dan Hotel Hafroun sekitar 10 menit. Tidak jauh sebenarnya, tetapi kalau jalan kaki rasanya bisa kepleset 7 kali menuju slope dan kalau ditengah jalan tiba tiba terjadi badai salju, kemungkinan besar anda akan mengkerut jadi patung salju 'Snowman'. Hotel hotel kecil disebut chalets dan juga ada cukup banyak, sangat cocok untuk backpacker.

Salju Tebal
Kiamat Sudh Dekat
Saya hitung, ada 9 Ski Lift menuju puncak gunung. Ski lift untuk pemula sebanyak 4 lift dinamakan Baby Ski Lift padahal yang naik tidak ada sama sekali bayi malah lebih banyak jompo. Ski Lift untuk yang sudah mahir ada 5 termasuk lift menuju ke puncak dengan ketinggian 1950 meter dan terus terang saya lebih suka nonton extreme ski dari bawah daripada ikutan naik keatas. Obyek wisata disekitar ski resort ini cukup banyak juga, jauh lebih banyak dibanding restaurant. Saya sempat kelaparan berjam jam ditempat ini karena kebingungan cari restaurant nggak ketemu ketemu. Obyek wisata terdekat yang banyak dikunjungi turis diantaranya adalah Cave Of Afqa, The Abyss At Balou dan Annaya Village.




Keindahan Salju
Di Timur Tengah
Lain kali melalui blog ini juga akan saya ceritakan tempat tempat ski atau tempat bersalju lain di Timur Tengah dimana anda bisa bermain salju dengan sepuasnya. Akan saya ajak anda untuk menyaksikan salju di Jabal Katherina / St Catherine Sinai - Mesir, Ras Dashen - Ethiopia, Amman - Jordan,  Algeria, Tunisia dan negara lain di kawasan Mediterania. Silahkan baca tulisan dibawah ini sebagai hiburan dan menambah wawasan anda. Ternyata pak Ustad dan wartawan di tanah airpun bisa lucu menyikapi turunnya salju di Timur Tengah. Interpretasi dan keterbatasan pengtahuan ternyata bisa membuat kita tersenyum lebar. 

3 komentar:

  1. waaa headernya berubah ya bu :)

    BalasHapus
  2. Gawaat...... Saljunya tebal sekali pertanda kiamat sudah dekat wk wk wk

    BalasHapus
  3. Di West Sahara juga ada salju kalau musim dingin, tapi di pegunungan Atlas Maroko, Algeria, Tunisia dan Libya. Pertama kali saya melihat saya juga mengira akan kiamat, tetapi setelah 10 tahun saya tinggal di Tunis selalu turun salju tiap tahun jadinya ketawa sendiri. Nggak boleh lho mentertawakan ustad apalagi punya jamaah banyak.

    BalasHapus

Silahkan menuliskan komentar dengan bahasa yang jelas, sopan dan beradab.