Jumat, 03 Februari 2012

Cantiknya Beirut, Amannya Lebanon


Beirut Downtown Serasa Di Paris
Semua Jalan Dan Toko Berbahasa Perancis


Senjatanya Sangar
Tetapi Ramahnya Bukan
Main
Pesawat MEA baru saja mendarat di Rafic Hariri International Airport sekitar jam 24:00 tengah malam. Tidak ada sesuatu yang aneh di bandara ini dan sepintas sama saja dengan bandara bandara international dinegara manapun. Baik proses imigrasi maupun pengambilan barang semua normal normal saja. Mobil sewaan yang akan saya pakai keliling Lebanon juga sudah siap. Seorang staff SIXT sudah berdiri menunggu di pintu keluar sambil membawa nama dan mempersilahkan kita untuk memeriksa mobil sebelum saya bawa sendiri keliling Lebanon. Kesan saya, orang Lebanon sangat ramah sekali, bersahabat.dan tidak takut diphoto seperti kebanyakan orang Saudi yang kolot sekali. Sama sama Arab tetapi sangat bertolak belakang sikapnya kalau melihat camera.



Setiap 200 m Ada Tentara
Tengah malam check in hotel di Lavender Home Beirut (hotel ini dekat sekali dengan Rue Hamra  - Malioboronya Beirut) dan pagi hari setelah sarapan langsung keliling kota Beirut membuat saya bisa menyimpulkan. Ternyata orang Lebanon ngganteng, cakep, cantik cantik dan modis sekali. Mulai dari porter di bandara, resepsionis hotel sampai orang yang lalu lalang nyeberang jalan semuanya diatas rata rata atau bahkan melebihi aktor dan artis Hollywood. Saya yang dari lahir 'ndeso' dan berhidung pesek jadi berkali kali mengelus hidung, 'kenapa ya hidung ane bisa pesek dan ambles seperti ini'.


Saya Kira Aktor Film
Ternyata Tentara Beneran
Kesimpulan kedua adalah banyak sekali terowongan atau jalan layang di kota Beirut, terutama jalan antara Rafic Hariri International Airport menuju Lavender Home Hotel di dekat Rue Hamra. Saya tidak tahu, kenapa jalan hanya beberapa kilometer saja melintasi banyak sekali jembatan layang padahal jalan datar dan tidak menembus bukit. Konon, sengaja dibuat disamping untuk menghindari perempatan jalan juga bisa digunakan sebagai perlindungan kalau Israel nggempur kota. Sejarah membuktikan keamanan negara ini sering diganggu tetangganya Israel dengan dalih memburu pejuang anti Israel Hezbollah.




Ngganteng Ngganteng
Kok Tidak Jadi Aktor Film Saja
Kesimpulan ketiga adalah banyak sekali tentara bersenjata lengkap di jalan jalan. Mulai dari bandara sampai dipelosok kampung dengan mudah kita melihat tentara. Tetapi tentara ini meskipun membawa senjata berat ternyata ramahnya bukan main. Dengan sigap akan menjelaskan kalau kita tanya dan yang saya suka selain 'ngganteng' adalah pertanyaannya 'Lebanon Good ?' atau 'Beirut Good ?' dan tidak lupa mengacungkan jempol saat kita mau meninggalkannya.




Di Beirut Banyak
Gedung Tipis

Kesimpulan terakhir, rasanya tidak salah Beirut disebut Paris Of Middle East. Semua nama jalan, papan nama toko dan tata kota sama persis dengan Paris. Penduduknya juga berbicara bahasa Perancis selain bahasa Arab. Bahasa Inggris juga dikuasai dengan baik dan saya tidak mendapatkan masalah sedikitpun dengan bahasa ini karena hampir semua yang saya temui bisa menjawab dengan bahasa Inggris meskipun sekali kali keluar bahasa Perancis atau Arab. Jalan jalan di kota Beirut sama dengan di kota Paris, yaitu sempit dengan mobil parkir dikiri dan kanan jalan. Bedanya, di Paris hampir semua mobil yang parkir adalah mobil kecil seukuran Smart, KIA Visto atau Suzuki Karimun tetapi di Beirut mobil seukuran Toyota Kijang lebih dominan. Dan yang unik dan mengganggu mata saya, di Beirut banyak sekali gedung yang tipis dan tinggi, lebarnya cuma 3 - 5 meter saja tetapi tingkat 10 lebih. Ngirit tanah meskipun jalan di koridor / hallway harus miring kalau berpapasan



Terowongan Jembatan Layang
Bisa Untuk Perlindungan Kalau Perang Dengan Israel


Terowongan Aneh
Kenapa Jalannya Tidak Dibelokkan Saja Ya ?

Cantik Dan Modis


Ngganteng Dan Gaya

.
Muda Dan Cantik



Baca Juga :

10 komentar:

  1. Sangat informatif..
    Maksud kata Kita di atas itu apa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kita berempat ardi's family. Tertulis jelas di halaman depan blog ini. Anda mau ngikut boleh, tapi bukan family.

      Hapus
  2. Salam. saya suka sekali dengan tulisan anda dan sampai saya bookmark untuk dibaca dilain waktu saat senggang. sediki saran bagaimana kalau background webnya diganti menjadi putih atau warna soft lainya (jangan hitam dengan tulisan putih) karena lebih "santai" dibaca karena tidak bikin mata capek. maaf jika ada salah dalam menguarakan saran. terimakasih Bu. salam :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih. Anda bisa juga baca yang berwarna putih di ardisfamily.com atau yang hijau gelap di ardisfamily.wordpress.com. Tinggal pilih, isinya sama saja

      Hapus
  3. Buk,saya ada pertanyaan nih,kenpaa y buk kalo sy perhatiin di internet rata2 artis artis dan diva diva timur tengah itu yg top dari lebanon kyk nancy ajram dll... Mungkin karena pengaruh bukan negara islam ya buk... Salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lebanon komposisi agamanya sangat beragam. Baik Islam maupun Kristen berbagai macam aliran semua ada di Lebanon dan cukup seimbang. Untuk cinematography yang maju Turki, bukan Lebanon. Nggak ada hubungan dgn agama. Turki mayoritas Islam.

      Hapus
  4. Saya suka sekali dengan postinganya, btw saya mau nanya. . kalau ingin jalan-jalan di beirut gampang gak nyari akomodasi yg murah meriah? misalkan penginapan, transportasi, sama 'warung makan' hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beirut sama saja dgn kota besar lain, hotel besar kecil ada, transportasi bus banyak, rumah makan juga banyak, termasuk RM cepat saji. Booking saja hotel lewat agoda, booking.com atau yg lain.

      Hapus
  5. Buk,kira2 kalo sy jalan2 kelebanon dengan anggota keluarga ber4 juga utk menghemat biaya bagusan sewa mobil atau naik bus aja buk (kalau misanya saya bawa 1 anak kecil kira2 transportasi umumnya nyaman gk buk? Atau hrus rental mobil.. Salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau jumlahnya 4 orang jelas hemat sewa mobil. Obyek yang dikunjungi bisa bebas nebtukan sendiri dan tidak dibatasi waktu. Rombongan naik bus waktunya bisa terbuang percuma karena nungguin penumpang lain atau dibawa masuk ke toko tertentu yang tidak kita kehendaki.

      Hapus

Silahkan menuliskan komentar dengan bahasa yang jelas, sopan dan beradab.