Senin, 23 Juli 2018

mBecak Di London

Tukang Becak Mangkal Didepan Big Ben
Parkir Di Trotoar Seenaknya

Dalam setahun saya bisa dua kali ke London mengamati tingkah polah turis dan warga London. Sebenarnya semua orang baik di Eropa, Afrika, Timur Tengah, Indonesia dan dimanapun juga adalah 'Sama Saja'. Ada yang baik, lucu, sabar, suka marah, stress, kaya, miskin, dan ada juga yang banyak omong, suka orasi dan  demo.

Acara TV BBC
Semua Pemakai Jalan Diwawancara Tanggapannya
Tentang Becak London

Dibandingkan lima tahun lalu saat saya pertama kali ke UK, jumlah tukang becak dan gelandangan di UK terasa sekali bertambah banyak. Artinya, bule ngganteng idola cewek Indonesia yang mbecak, pengangguran dan hidupnya menggelandang jumlahnya naik berlipat lipat. Saya tidak punya data pasti tapi bisa merasakan hal ini dari pemandangan yang saya lihat sehari hari diseluruh penjuru kota London.

Berita Di TV Hampir Setiap Hari
Banyak Pro Kontra Tentang Tukang Becak London
Pemerintah Tidak Bisa Mengatasi Pengangguran Yang Naik Terus

Sementara lupakan tentang gelandangan. Kita bahas becaknya saja. TV dan media cetak hampir tiap hari isinya membahas Becak London ini. Mereka menyebut dengan istilah Pedicabs tetapi karena banyak turis asing dari India, Pakistan, Singapore dll di London, maka tahu juga orang London nama asli becak tersebut adalah Ricksaw. Banyak Pro Kontra di masyarakat baik dari politisi, turis maupun sopir taxi cab) dan Uber yang merasa terganggu pendapatannya karena kehadiran becak ini. Pengguna kendaraan pribadi juga was was dengan tingkah semau gue berlalu lintas si tukang becak. 

Seenaknya Sendiri Naik Ke Trotoar
Berebut Cari Penumpang Pakai Maksa Pula

Pemerintah kayaknya pening ngurusi karena High Court (Pengadilan Tinggi) pada tahun 2003 telah memutuskan bahwa Ricksaw atau becak London itu tidak bisa dimasukkan kategori Taxi berdasarkan Legal Act 1869. Nah lo, UUnya harus diubah dulu agar bisa memasukkan becak kedalam kategori Angkutan Umum yang bisa diatur cara beroperasinya agar tertib, aman dan bisa dikenai pajak.

Entah Kenapa Umumnya Orang Indonesia Suka
Melirik Bule Meskipun Tukang Becak
Buktikan Sendiri Di TV Entertainment Di Tanah Air

Dari siaran TV yang sering saya lihat, sopir taxi kayaknya yang paling banyak dirugikan dengan keberadaan bule mbecak ini. Didaerah daerah tujuan wisatawan sekitar Buckingham Palace, China Town, Covent Garden, Parlement House, Big Ben, Camden dll, taxi nggak boleh berhenti, parkir ngetem dan menaik turunkan penumpang sembarangan. Sedangkan becak dengan seenaknya naik ke trotoar, narik narik calon penumpang dan seenaknya tawar menawar tarip tanpa argometer seperti taxi (cab). Hal inilah yang dirasa tidak adil oleh sopir taxi Cab dan Uber.

Tukang Becak Yang Sudah Cukup Umur
Sedang Istirahat Di Covent Garden 
Mirip dengan kejadian di Jakarta beberapa tahun lalu dimana sopir taxi resmi di Jakarta kalang kabut demo karena penghasilannya turun saat pertama kali ada Gojek, Grab dan Uber. Tampaknya lain negara lain cerita, di Jakarta Becak mau diaktifkan kembali oleh Gubernur tapi di London becak sedang dimusuhi oleh pengguna jalan lain.

Banyak Keluhan Tentang Tukang Becak
Ugal Ugalan, Malak Penumpang, Nggak Ada Ijin dll

1001 alasan sedang dicari cari untuk menyingkirkan becak. Apalagi saat ini Becak Motor sudah banyak terlihat berlalu lalang di kota London. London benar benar sangat ketinggalan jaman, Indonesia sudah puluhan tahun lalu sukses menyingkirkan becak dari jalanan dan London baru saat ini sibuk membicarakan cara mengatasi kegaduhan lalu lintas karena ulah tukang becak.


Ngganteng, Seandainya Dibawa Ke Indonesia
Pasti Langsung Masuk TV Entertainment

Ada Juga Becak Yang Full Accesories
Musiknya Saja Yang Bukan Ndangdut

Gagah Dan Ngganteng
Di UK, Semua Warga Dapat Tunjangan Sosial

Ada Penumpang Manggil
Tukang Becak Ini Dengan Santai Berhenti
Ditengah Jalan Dan Bikin Macet Jalan

Ini Tukang Becak Yang Saya Pilih
Ngganteng Dan Sarjana Tapi Belum Punya Kerjaan

Meskipun Tukang Becak Tapi Minumnya Coca Cola
Pengangguran Di UK Dapat Tunjangan Sosial
Jadi Wajar Tukang Becak Makan Minum Sandwich & Coca Cola

Nggak Terhitung Berapa Jumlah Cewek
Indonesia Yang Baru Tahu Suaminya Mbecak
Setelah Dibawa ke UK

Kereenn, Selebrities Mana Yang Nggak Kepincut Bule
Gagah Dan Ngganteng Seperti Ini

Turis Arab Selalu Jadi Target Dipalak Oleh
Tukang Becak London. Ada Yang Dipalak GBP 200 Untuk
Jarak Yang Tidak Terlalu Jauh
Baca Juga :

2 komentar:

  1. Ha,,ha,,ya ampun bunda ini ada ada saja,iya tp memang benar ganteng2, aku juga suka melihatnya,,😉di indo bs jadi bintang iklan itu,,😁 tapi kalau di profilnya bekerja sebagai IT,,tp tetangga sy suaminya Supir taxi aja bisa liburan tiap taun lo bun,,apa dia dia prihaten ya he,,he,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di Inggris semua warga punya nasional insurance. Jangankan sopir, gembelpun juga dapat tunjangan. Baca nih https://ardisfamily.blogspot.com/2015/10/bpjs-inggris-kenapa-artis-hanya.html

      Hapus

Silahkan menuliskan komentar dengan bahasa yang jelas, sopan dan beradab.