Minggu, 04 Oktober 2015

BPJS Inggris, Kenapa Artis Hanya Bertahan 6 Bulan Lalu Cerai

Si Ujang, Sahabat Dan Teman Ngobrolku Di UK
Asli Inggris, Entah Kenapa Kok Mirip Arab


Saya masih baru di UK, belum ada setahun. Seperti biasa kalau saya baru tiba di tempat baru, sebisa mungkin saya harus segera berinteraksi dengan penduduk atau siapapun untuk mengetahui segala sesuatu  yang perlu saya ketahui. Orang yang paling banyak omong, ceplas ceplos dan cukup lucu saya temukan saat mengantar suami saya potong rambut. Namanya UJANG, tukang potong rambut asli orang Portsmouth tapi entah kenapa wajahnya mirip Arab. Dia minta dipanggil dengan nama yang paling terkenal di Indonesia dan saya pilihkan nama UJANG. 


Ini Sepeda Temannya Si Ujang
Pengelana Dunia Naik Sepeda Tujuannya Ke Nepal
Cita Citanya Pulang Bawa Istri Dari Nepal

Si Ujang ini enak diajak bicara segala sesuatu tentang UK. Kali ini saya pancing obrolan tentang Jaminan Sosial bagi setiap warga Inggris. Namanya National Insurance dan semua warga negara berhak memiliki National Insurance apabila telah berumur 16 tahun. Beda dengan di Indonesia dimana tukang cukur dan tenaga kerja informal nggak ada satupun yang bayar pajak sehingga tidak punya jaminan sosial atau hari tua. Kecenderungan pekerja informal di tanah air bayar pajaknya ke preman pasar, bukan ke negara. Akibatnya pemerintah susah untuk memberi jaminan sosial ke seluruh warga yang membutuhkan. Di UK, semua orang semangat bayar pajak meskipun hanya kerja informal, misal Tukang Cukur, tukang sayur dll. Tujuannya supaya sewaktu waktu bisa dapat jaminan sosial kalau lagi nggak punya kerjaan (pengangguran) atau sedang malas kerja dan ingin keliling dunia. Baca sendiri lebih detail dari sumbernya : https://www.gov.uk/national-insurance .


Bule Inggris Baju Merah Ini Yang Mau
Ke Nepal Dan Himalaya Naik Sepeda
Sedang Cerita Pengalaman Keliling Dunia Dengan Sepeda

Misalkan saja si Ujang ini lagi malas dan nggak mau kerja lagi. Pokoknya malas, sudah dua tahun cuma motong rambut mulu. Si Ujang ingin nglencer ke Indonesia. Berapa duit yang diterima si Ujang dari tunjangan nganggur tersebut ? Bisa nggak beli tiket pesawat dan gentayangan nggak tentu arah selama 3 bulan di Indonesia ?. Coba hitung sendiri melalui link dibawah ini :




Kalau bingung nggak tahu postcode di UK saat ngisi ?, cari saja melalui link ini : Royal Mail Postcode Finder, Contoh kodepos kota London : NW1W 9NG, N13 4NT dll. Saat mengisi benefit calculator diatas si Ujang juga ditanya statusnya single atau couple, harga sewa rumahnya di UK dll. Masukkan saja harga sewa rumah sekitar GBP 600 (GBP 150 per week). Ini tarif rata rata apartment mahasiswa type Studio, tanpa kamar di UK. Lebih murah lagi akan susah carinya, mungkin nggak akan bisa dapat yang lebih murah lagi.


Lumayan Dapat GBP 12363.55 Per Tahun
Seminggu Dapat GBP 237.28

Hasilnya, cukup lumayan dan bisa bikin si Ujang senyam senyum. Setahun nggembel bisa dapat tunjangan GBP 12.363.55 (Rp 276 Juta) atau seminggu GBP 237.28 (Rp 5 Juta). Pingin lebih besar lagi ?, Si Ujang punya ide untuk cari istri dari negara lain. Cari istri sesama British susah, nggak ada yang mau dengan tukang cukur rambut katanya. Anggap saja si Ujang mau cari istri ke Indonesia. Syukur syukur bisa dapat artis film atau sinetron. Coba hitung lagi Benefit Calculator diatas dengan status Couple dan rumah yang disewa berubah jadi rumah sederhana dua bedroom seharga GBP 230 per week. Berapa sekarang pendapatan si Ujang ? Berlipat dua kan ?


Jangan Meremehkan Gelandangan Bule Ya
Dia Punya National Insurance Dan Jobseeker
Allowance (JSA), Cukup Untuk Cari Istri Ke Indonesia


Suatu saat mungkin artis film dan sinetron yang dinikahi si Ujang ini mulai rewel setelah dibawa ke UK. Nggak jadi masalah, pulangkan kembali ke Indonesia cukup diantar sampai Heathrow Airport saja. Mariage Visa si artis sinetron tadi masa berlakunya cuma 6 bulan saja. Pertama kali dibawa ke UK memang harus dengan Mariage Visa supaya pernikahannya bisa didaftarkan ke UK.Baca : Mariage Visa.


Kebanyakan Jatuh Miskin Karena Drugs
Alcohol Dan Memang Nggak Mau Kerja
Padahal Dapat Kerja Dijamin Negara

Ngeyel nggak mau pulang, juga gampang ngatasinya. Tinggal dilaporkan polisi karena Mariage Visa atau ijin tinggalnya habis, maka si artis akan segera dideportasi. Syukur syukur kalau si Ujang mau ngantar ke Indonesia, bisa langsung Press Conference dan mengumumkan cerai. Itulah sebabnya kenapa TV TV di tanah air isinya cuma kawin cerai artis artis film dan sinetron dengan bule nggak jelas asal usulnya. Paling lama 6 bulan di UK sesuai dengan masa berlakunya Mariage Visa, setelah itu balik ke tanah air dan woro woro sudah cerai. Padahal sebenarnya tidak diuruskan ijin menetap jangka panjangnya. Si Artis sudah dipulangkan ke Indonesia, si Ujang di UK senyam senyum terus masih dapat tunjangan Couple sampai ketahuan istrinya sudah nggak ada di UK lagi.


Bule Inggris Ini Sebenarnya Bisa Ke Indonesia
Dengan National Insurancenya
Tapi Kayaknya Sudah Terlalu Tua Dan
Tidak Tertarik Artis Cantik Lagi

Kalau beruntung dapat bule ciamik, sebenarnya hanya 5 tahun saja si artis sinetron tersebut bisa ikut Naturalisasi dan jadi warga negara Inggris selamanya. Baca : Became a British Citizen

Pengemis Di Depan
Portsmouth Harbour Train Station

Keren Kan Gembel UK
Kalau Dibawa Ke Indonesia Bisa Nggak Jadi Selebrities
Rebutan Artis
Gembel UK Semua Bisa Baca Tulis Dan Pinter 
Bahasa Inggris Meskipun Gembel, Mereka Punya 
Account FB dan Twiter Dan Selalu Update Status

Semua Negara Selalu Ada Kaya Dan Miskin
Yang Miskin Banyak Yang Cari Penghidupan Lebih Baik
Ke Negara Lain, Celakanya Di Indonesia Jadi Rebutan Artis


Baca Juga :

6 komentar:

  1. Pantas bule bule bisa bertahan berbulan bulan di Indonesia, ngganggur aja masih dapat tunjangan dari negara. Pantas pula TV isinya cuma kawin cerai artis film sinetron, ternyata mariage visa berlaku cuma 6 bulan saja. Baru tahu saya :)

    BalasHapus
  2. Menyedihkan kwalitas artis, hanya untuk popularitas mau kawin dengan gembel bule. Sedih deh masih banyak wanita bodoh di indonesia.

    BalasHapus
  3. pengamatan yang menarik
    sekere2 nya bule inggris yang dapat santunan dari negara
    kalau uang GBP nya dibawa ke Indonesia ya jadi kaya dia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, makan murah, nggak bayar pajak dan langsung jadi celebrities. Apalagi, kecenderungan orang Indonesia itu kalau bule langsung dijadikan Supervisor keatas kalau diberi kerja di perusahaan swasta lokal.

      Hapus
  4. itu yang baju kotak2 kok mirip baju simpatisan jokowi ya .....

    BalasHapus
  5. Betul mbak, hati hati diPHP bule mlarat. Aku pernah ngalami sendiri, mantan bojoku Sopir Truk nggak punya rumah layak. Tiap hari ikut di truk, makan, tidur dan bulan madu juga di truk.

    Saya memang bodoh sekali saat masih muda dulu. untung suami saya sekarang di Indonesia sangat bsik

    BalasHapus

Silahkan menuliskan komentar dengan bahasa yang jelas, sopan dan beradab.