Minggu, 27 Agustus 2017

Uniknya Self Catering Accomodation Edinburgh

Castle Suite 3 Old Town
Interior Tidak Kalah Dengan Hotel Bintang 5

Pernah dengar istilah 'Self Catering Accomodation ?'. Saya sempat terkejut saat pertama kali tinggal di penginapan jenis ini di Edinburgh, UK. Namanya 'Castle Suite 3 Old Town'. Alamatnya 17/3 Grassmarket, Old Town, Edinburgh.  Saya pilih penginapan ini karena tarif per malamnya jauh lebih murah dibanding hotel atau apartment. Lokasinya sangat bagus sekali dan dekat dengan pusat keramaian turis. Dari dalam kamar bisa memandang keindahan Edinburgh Castle. Angkutan umum seperti Taxi, Bus Kota dan Hop On Hop Off semuanya lewat didepan penginapan ini.

Tidak Ada Resepsionist
Harus Janjian Dulu Saat Serah Terima Kunci

Self Catering Accomodation ini benar benar beda dibanding dengan Hotel, Resort, Apartment, Hostel, Motel, Bed And Breakfast, Homestay, Losmen (Inn) atau Guest House. Fasilitas kamarnya mirip Apartment, ada yang satu dan ada yang dua kamar tidur. Ada dapur lengkap dengan meja makan, microwave, kompor listrik dan pecah belah. Ada juga mesin cuci dengan sabun dan jemuran. Ruang keluarga dilengkapi dengan sofa, TV  dan wifi. Kamar mandi dan  kamar tidurnya tidak kalah dengan Five Star Hotel.


Edinburgh Castle Dilihat Dari
Jendela Ruang Keluarga

Perbedaan utamanya adalah 'Tidak Memiliki Receptionist dan Room Boy', semua harus dikerjakan sendiri. Kalau mau check in, traveller/penyewa harus janjian dulu sehari sebelum datang. Harus jelas jam berapa dan ketemunya dimana untuk serah terima kunci. Begitu sudah dekat dengan lokasi hotel, misal di Airport, Stasiun Kereta Api, Bus Kota atau didalam Taxi, traveller/penyewa harus nelpon secepatnya, tidak boleh ngabari pakai whatsaps atau SMS. Kalau ngabari pakai whatsapp atau SMS sering tidak dibaca.

Kamar Bersih Dengan Design Modern Minimalis

Keunikan yang lain, depositnya cukup besar, sekitar GBP 200 dan harus dibayar paling lambat sehari sebelum check in secara online.. Kenapa depositnya besar sekali ?. Ternyata buat bayar denda. Ada peraturan yang cukup unik dan menarik. Traveller/penyewa bertanggung jawab untuk :

Ada Dapur Dengan Fasilitas Pecah Belah
Seperti Apartment
  • Membuang sampah ketempat sampah didepan gedung. 
  • Mencuci semua piring, sendok dan gelas yang digunakan dan membersihkan dapur
  • Ngepel lantai dan menyedot dengan vacuum cleaner semua lantai dan karpet.
  • Menggaanti Sprei dan sarung bantal dengan yang baru didalam lemari.
  • Mencuci handuk, sprei dan sarung bantal sebelum meninggalkan kamar.
Ada Meja Makan Kecil
Kelihatannya ribet tetapi sebenarnya tidak sama sekali. Tinggal masukkan handuk, sprei dan sarung bantal kedalam mesin cuci dan tinggalkan mesin cuci dalam keadaan menyala sebelum meninggalkan gedung.  Kunci pintu letakkan ditempatnya diatas meja. Periksa semua ruangan dan pastikan keadaan perabotan sama persis dan sama bersihnya seperti ketika masuk. Dijamin deposit akan kembali utuh dalam waktu 2x24 jam ke card yang sama saat anda membayar deposit sebelumnya.


Tempat Kunci Harus Diletakkan Ditempatnya
Kalau Check Out

Piring Harus Dicuci Sendiri Dan Diletakkan Ditempatnya
Kalau Check Out

Handuk Harus Dicuci Sendiri Dan Tinggalkan
Didalam Mesin Cuci Saat Check Out

Karpet Dan Lantai Harus Dipel Dan Disedot
Vacuum Cleaner Sendiri Sebelum Check Out

Tetangganya Rumah Tangga Biasa
Bau Masakan Kalau Lewat Didepan Tetangga

Pintu Masuk Diantara Toko

Buang Sampah Sendiri Setiap Hari
Sebelum Check Out

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan menuliskan komentar dengan bahasa yang jelas, sopan dan beradab.