Sabtu, 10 Januari 2015

Musim Dingin Bersalju Di Arab Dan Sahara

Kabut Pekat Pagi Hari Di Kuwait Saat Musim Dingin
Akibat Kondensasi - Pertemuan Udara Panas Gurun
Dan Udara Dingin Dari Kutub


Informasi Wisata Dan Ski Resort
Di Lebanon
Source : www.skileb.com
Hari ini masih minggu pertama bulan January. Saat musim dingin disemua negara yang terletak di bumi belahan utara, termasuk negara negara di Timur Tengah (Arab) dan juga negara negara di Afrika Utara (Sahara). Seperti tahun tahun sebelumnya, traffic pembaca tulisan saya tentang lokasi salju di negara negara Arab dan Sahara tiba tiba melonjak sangat tajam. Baca lokasi salju dan ski resort ini Salju Arab Yang Selalu Bikin Heboh. Saya nggak tahu kenapa pembacanya selalu melonjak saat musim dingin di Timur Tengah. Mungkin pembaca banyak yang mengira di Arab dan sahara nggak ada musim dingin.



Informasi Wisata Bermain Ski Di Marocco
Pegunungan Atlas Melewati Marocco, Algeria
Dan Tunisia
Source : http://www.completemorocco.com/


Bermain Ski Di
Bludan Syria
Source :
http://www.syriaclimbing.ch/
Comment comment yang muncul terkadang sangat garang kalau ada yang men'share' tulisan saya tersebut ke facebook atau tweeter. Banyak yang tidak percaya kalau di Arab dan Sahara banyak Salju dan Ski Resort. Comment akan jadi sangat garang kalau ada yang sangat 'religious' dan menghubungkan turunnya Salju di Arab dengan tanda tanda hari kiamat dan dibantah oleh komentator yang lain. Mind Set orang Indonesia di tanah air memang mengatakan 'Arab dan Sahara adalah Gurun Yang Sangat Panas'. Pengetahuan salah yang diturunkan turun temurun berdasarkan pengalaman mengamati Madinah dan Mekah saat umroh dan haji dimusim panas.


Banyak orang Indonesia yang  tidak tahu sama sekali di Arab dan Sahara juga ada musim dingin, ada ski resort, rutin turun salju setiap tahun antara bulan November sampai February saat Musim Dingin. Banyak penulis di tanah air yang menulis berdasarkan cuplik sana dan cuplik sini tanpa mengetahui sedikitpun iklim, contour dan topografi daerah yang ditulisnya. Padahal sekarang ini jamannya mbah Google, apapun informasi mudah diakses lewat internet.


Kuwait Saja 3 Deg C
Apalagi Di Negara Negara Yang
Punya Gunung Tinggi


Ngertinya Arab itu panas saja, padahal iklim subtropic juga ada musim dingin. Lupa semua pelajaran Geografi saat SMP. Pokoknya yakin yang ditulisnya benar berdasarkan cuplak cuplik hadist  yang dikuasai saat di madrasah ibtidaiyah dan berimajinasi seluruh Arab hanya seluas daun kelor. Kalau salju turun di Arab berarti tanda tanda kiamat akan datang. Padahal doa Iftitah yang dibaca setiap hari secara jelas mengatakan :

لَّهُمَّ اغْسِلْ خَطايايَ بالمَاءِ والثَّلْجِ وَالبَرَدِ‏.


ALLOHUMMAGHSIL KHOTHOOYAAYA BILMAA-I WATS-SALJII WALBARODI.
Ya Alloh, basuhlah/cucilah kejelekan-kejelekan saya dengan air, salju dan embun.
(HR. Al-Bukhory no.702).

Informasi Wisata Bermain Salju Di Turkey
Source : http://www.skiingturkey.com/


Mereka tidak mau melihat Google Maps. Mereka juga tidak sadar bahwa di Arab dan Sahara juga ada pegunungan tinggi. Sebut saja Pegunungan Atlas di Western Sahara (Marocco, Algeria dan Tunisia dilalui pegunungan ini), Pegunungan Lebanon (Jordan, Lebanon, Israel/Palestina dan Syria dilalui pegunungan ini) dan yang paling sering heboh adalah Pegunungan Heejaz di Saudi Arabia. Sama halnya dengan Puncak Jaya Wijaya yang juga bersalju di Papua, Indonesia.

Informasi Wisata Bermain Salju Di Israel
Source : http://www.goisrael.com/

Tanpa mengurangi Dzikir dan Istighfar, saya ingin sampaikan juga bahwa salju memang ada di Arab dan Sahara sejak jaman dulu. Saljunya sudah lama ada tapi informasi dan website baru ada beberapa tahun terakhir ini karena jaman dulu tidak ada internet, facebook dan tweeter. Celakanya lagi, mindset orang Indonesia sampai saat ini masih banyak yang mengatakan "Arab itu panasnya mendekati neraka jahanam". Kalau musim panas memang benar temperatur  bisa mencapai 50 Deg C, tapi kalau musim dingin rata rata di Kuwait sekitar 4 - 7 Deg C. Di Kuwait tidak ada gunung, tetapi di negara negara yang bergunung tinggi diatas sudah tentu sangat dingin sekali dan jauh dibawah 0 Deg C. Saat musim dingin seperti inilah Ski Resort panen rejeki.

Photo Di Tabuk, Saudi -Diatas Pegunungan Heejaz
Menghebohkan Tanah Air Beberapa Tahun Lalu
Baca Link Dibawah Dan Nilai Sendiri
Wartawannya Tahu Tidak Lokasi Tabuk Di Gunung
Source : Republika


Orang Indonesia di tanah air juga banyak yang tidak tahu bahwa Arab itu terdiri dari sekitar 30 negara. Negara terbesar Saudi Arabia saja luas daratannya lebih besar dibanding Indonesia (Luas daratan Saudi : 2,149,690 Km Persegi Vs Luas Indonesia : 1,904,569 Km Persegi). Baca sumbernya dari Wikipedia tentang luas wilayah Saudi Arabia Vs Indonesia). Artinya, Arab itu sangat luas sekali dan bukan cuma Mekkah dan Madinah saja. Jarak Mekkah ke Tabuk itu kira kira sama dengan jarak antara Jakarta ke Puncak Jaya Wijaya di Papua yang juga bersalju. Sengaja saya pilih kota Tabuk sebagai contoh karena kota ini yang paling sering heboh dan jarang yang tahu bahwa letaknya di atas pegunungan Heejaz, kira kira 3 jam perjalanan dengan  pesawat dari Jeddah, kearah utara yang sudah tentu akan semakin dingin kalau semakin ke utara, apalagi diatas gunung.

Bermain Salju Di Mt Hermon
Coba Cari Gunung Hermon Lokasinya Dimana ?
Arab Atau Bukan ?

Semoga informasi ini bermanfaat bagi saudara saudara saya di tanah air yang belum pernah melakukan perjalanan di negara negara Arab atau yang sudah pernah tetapi saat musim panas. Atau sudah pernah tetapi cuma Umroh di Mekkah, Medinah. Sebagai tambahan informasi, Kuwait, Bahrain, UAE tidak ada gunung sama sekali tetapi saat musim dingin jelas dingin juga karena temperatur udara diluar sekitar 4 - 7 Deg C. Kalau anda melihat photo photo saya memakai jacket tebal, tolong jangan dikomentari :

"Di Gurun Kok Pakai Jacket Tebal ?". 

Malu maluin dibaca banyak orang. Hari gini di jaman informasi nggak tahu iklim dan cuaca di Timur Tengah.


Saya memang kedinginan di Kuwait, saat ini temperatur sudah stabil sekitar 4 - 7 Deg C. Kalau ada Onta di Salju atau orang Arab jungkir balik bermain salju di jalanan, jangan juga dikomentari aneh aneh. Mereka sedang senang senang berwisata di kawasan Ski Resort, diatas gunung di salah satu negara Arab diatas. Mungkin di pegunungan Atlas, pegunungan Heejaz. Pegunungan Lebanon, Mt Hermon, Golan Height, Lembah Bekaa, Oikameiden, Chrea, Tijkda, Uludag, Paleindoken dan lain lain.


Di Gurun Terbuka Kuwait Lebih Dingin Lagi 2 Deg C
Karena Nggak Ada Gunung Maka Nggak Ada Salju
Di Kuwait
Catatan :
Sampai saat ini belum ada Ski Resort diatas pegunungan Heejaz (Tabuk dan sekitarnya). Yang saya ketahui, Saudi sangat tertutup dan tidak  mendatangkan Turis dari luar. Apalagi lokasi Heejaz yang bersalju  sekitar 1500 Km dari Riyadh. Investor hanya berani membuat Indoor Ski di Riyadh (Ski Riyadh) saja. Alasan lain, ada pangkalan militer di Tabuk, nggak elok kalau dijadikan tempat wisata. Masyarakat dan pemerintahan Saudi juga sangat tradisional religious, banyak sekali larangan larangan yang berhubungan dengan hiburan/entertainment.


Ini Websitenya Saudi Tourism
Pemerintah Saudi Saja Mempromosikan Salju Buat Tourism
Source : Saudi Tourism


Baca nih website resmi pemerintah Saudi Arabia. Lihat sendiri gunung gunung bersalju di pegunungan Heejaz mulai dari kota Tabuk dengan gunung gunung disekelilingnya seperti  Jabal Al Lawz, Jabal Al Qolom, Jabal Huwad dll. Klik link ini dan jangan kaget kalau salju itu ada saat musim dingin saja : Saudi Tourism

Pegunungan Hejaz Membentang Dari Utara Ke Selatan
Madinah Lebih Dingin Dari Mekah Saat Musim Dingin
Karena Ditengah Dan Elevasinya Lebih Tinggi
Tabuk Selalu Bersalju Karena Di Utara
Salju Dan Ski Resort Banyak Saat Musim Dingin
Al Aqsa Jerusalem, Amman, Beirut Dll
Semua Di Dataran Tinggi Pegunungan Lebanon


Baca Juga :

25 komentar:

  1. informasi yg bermanfaat,sya juga baru tau loh :)

    BalasHapus
  2. itu luas SA vs Indonesia maksudnya luas tanah nya ya mas ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya benar. Baca sendiri sumbernya di Wikipedia, sudah saya sertakan linknya. Dari mekkah ke lokasi bersalju di Tabuk itu jauh sekali, apalagi ke lokasi lokasi Lebanon, Israel, Marocco, Algeria, Tunisia, Jordan, Sinai Mesir, Turki dll.

      Hapus
  3. Kalo di saudi yg cewe juga bisa main ski? Terus pakaianny gimana? Kan mesti pke abaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di Saudi nggak ada ski resort. Yang ada cuma salju diatas pegunungan Heejaz dan tidak cukup untuk dibuat ski resort. Orang Saudi kalau bermain salju ke Lebanon atau Turki. Kalau diluar Saudi sama saja dengan wanita dimanapun juga, abaya dilepas dan kelihatan modis terutama anak anak muda. Yang tidak melepas abaya juga banyak, biasanya sudah berumur. Yang laki banyak juga yang pakai dishdasa main main salju, kalau meluncur pakai ski jelas tidak pakai dishdasa.

      Hapus
  4. Hoax, kering kerontang nggak ada hujan mana mungkin bisa jadi salju ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama dengan di Indonesia, kalau musim kemarau kering dan nggak mungkin ada hujan. Di Arab sama saja kalau musim dingin hujan juga turun dan udara juga lembab. Salju nggak mungkin ada di musim panas, bisa kiamat nanti.

      Hapus
  5. Wkwkwkwkkwwkkk !
    Eike ke Ngarab taon 1995, dapat hadiah untuk ke Baitullah… KAgak ade saljunya…

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ngarab itu bukan Baitullah saja oom. Untuk ke gunung gunung bersalju perlu 3 jam sampai 7 jam naik pesawat tergantung negara arab yang mana yang dituju. Dan itupun harus puncak musim dingin. Kalau musim panas semua gunung kering.
      Anggap saja kota Mekkah adalah Jakarta. Sepanjang pulau Sumatra ada pegunungan Bukit Barisan (baca Pegunungan Heejaz). Saljunya itu bukan di sekitar Lampung tetapi dibagian paling utara sendiri di Banda Aceh (baca Tabuk).
      Lebanon, Israel, Syria , Jordan, Turki berada dirangkaian pegunungan lain dan sangat jauh dengan Baitullah. Anggap saja di Sulawesi. Marocco, algeria dan Tunisia juga jauh sekali di africa utara, perlu 7 jam naik pesawat. Mereka juga negara dan bangsa arab meskipun letaknya di benua afrika. Baitullah mah masih asia.

      Hapus
  6. Baca blog ini nambah pengetahuan sangat. Mind set kita taunya arab dan skitarnya ya panas... Kudu banyak baca nie.. Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dbukan anda saja yang punya mindset 'Arab itu Panas'. Silahkan googling dengan keyword 'Kiamat Sudah Dekat' atau 'Tanda tanda hari kiamat' semua penulis dan komentator tidak ada yang tahu kalau Arab itu luas, ada musim dingin, ada pegunungan tinggi dan buanyak ski resort. Setiap ada salju turun dikawasan sekitar ski resort, misal di Jerusalem atau Palestine, semua rame rame comment 'Allahu Akbar', 'Subhanallah..' Dll. Kita yang sehari hari di Arab paling cuma senyam senyum saja...:)

      Hapus
  7. Kecewa pas teman saya juga salah satu yg nge-share tulisan ke medsos ttg salju di Arab, kl baca wikipedia kali njlimet, sulit, saya kirimin aja link bu susi tentang salju diarab, responnya "terimakasih infonya bermanfaat sangat mencerahkan" saya geleng-geleng ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus hati hati kalau memberi informasi ke kawan yang mindsetnya sudah terbentuk sejak lahir. Saya pernah kena damprat antek yahudi, kafir, islam ktp, nggak percaya hari kiamat dll gara gara memberi informasi banyaknya ski resort di Arab tapi tidak sejalan dengan pikirannya. Yo wis mau gimana lagi...

      Hapus
  8. Lhawong yg masuk area Midle East saja sy masih bingung... Hehe
    Baca blog ini brasa ikut kliling dunia, walau xuma ngutheg di JaTim... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak usah bingung mbak,semua berita apapun yang anda temukan di internet, baik dari media terkenal maupun blog dakwah semuanya salju turun diatas gunung dan saat musim dingin, terutama didaerah ski resort yang sejak jaman dinosaurus sudah bersalju. Beritanya didramatisir misalnya 'badai salju terbesar di arab sejak 3 tahun terakhir' atau 'fenomena langka' dll. Kalau kejadiannya saat musim panas, jelas aneh bin ajaib.

      Hapus
  9. Terima kasih pak Ardi dan bu Susi untuk tulisannya. Sangat bermanfaat untuk tambah pengetahuan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama sama mbak. Silahkan googling sendiri lokasi lokasi salju di arab dan jangan lupa lihat contour permukaan atau topografinya melalui google maps (satelite view). Tidak semua lokasi saya sebutkan pada tulisan tulisan saya. Kalau benar ada salju turun di gurun (dataran rendah) saat musim panas, silahkan memberi komentar "Allahu Akbar" atau "Subhanallah".

      Hapus
  10. ahhh sukanya baca artikel bu susi,,, siap2 gorengan biar makin seru.

    BalasHapus
  11. Wah good info bu susi,anda menjelaskan sedetail mungkin,

    BalasHapus
  12. Terus di gurun sahara bener jadi padang rumput sekarang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi padang rumput gimana ?. Yang namanya tanaman itu dimana mana sama saja. Kalau ada air ya pasti tumbuh. Kalau musim dingin dan baru saja hujan ya tumbuh, musim panas ya mati lagi.

      Hapus
  13. Rasanya kok jadi tolol sekali saya setelah baca blog ini.
    Tapi terima kasih ya.
    Semoga yang masih tolol dan bahlul lainnya bisa segera menyadari ketololannya selama ini.

    BalasHapus
  14. Nih tak tambahin yang paling update https://www.youtube.com/watch?v=eSkQazvrtHg

    BalasHapus
  15. arab saudi dgn indonesia lebih luas arab?ga salah tuh pak?klo daratnya iya..tp klo keseluruhan dgn lautnya ya luas indonesilah..coba chek lg..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya betul, silahkan klik wikipedia pada link yang saya sertakan. Yang dimaksud adalah luas daratannya saja.

      Hapus

Silahkan menuliskan komentar dengan bahasa yang jelas, sopan dan beradab.