Sabtu, 08 Februari 2014

Fenomena Salju Di Negara Bersalju Arab

Gunung Tinggi Dengan Kota Dibawahnya
Mirip Kota Semarang Dan Ungaran Yang Bergunung

Sekarang ini bulan February, saat musim dingin disemua negara negara di belahan bumi utara, termasuk negara negara Arab di Timur Tengah. Akan saya ajak anda jalan jalan ke negara negara bersalju di Timur Tengah. Bukan cerita fiksi dan juga bukan cerita dakwah hubungan salju Arab dengan hari kiamat, tetapi hanya cerita perjalanan wisata di negara negara bersalju di Arab Timur Tengah.  

Mirip Perjalanan Kota Padang
Gunung  Di Kiri Dan Laut Di Kanan


Mendengar istilah 'Timur Tengah' barangkali anda akan tersentak, 'kok di Timur Tengah ada Salju ?'. atau 'Kok di Arab ada Salju ?'. Ya jelas ada, Salju itu berasal dari bahasa Arab  ثلج atau 'Saljii' (silahkan klik untuk mengetahui sumbernya). 

ال‏لَّهُمَّ اغْسِلْ خَطايايَ بالمَاءِ والثَّلْجِ وَالبَرَدِ‏.

ALLOHUMMAGHSIL KHOTHOOYAAYA BILMAA-I WATS-SALJII WALBARODI.
Ya Alloh, basuhlah/cucilah kejelekan-kejelekan saya dengan air, salju dan embun.

(HR. Al-Bukhory no.702).

Photo Ini Asli Di Arab
Tapi Kalau Tidak Dijelaskan Lokasinya Diatas Gunung
Semua Orang Akan Teriak 'Subhanallah Kiamat Sudah Dekat'


Negara negara Arab / Timur Tengah jumlahnya lebih dari 30 negara tergantung darimana anda mengambil definisinya. Jumlah negara Middle East Country versi Liga Arab, akan beda dengan versi G8.  Middle East Country sendiri juga beda jumlah negaranya dengan Greater Middle East Country. Apalagi dibandingkan dengan  negara Jazirah Arab atau negara yang berbahasa nasional Arab atau negara negara yang tergabung dalam OIC (OKI). Semakin bingung anda karena jumlahnya berbeda beda. 

Musim Panas Gunung Ini Kering
Musim Dingin Jadi Ski Resort

Dari sekian banyak negara Arab, beberapa diantaranya memiliki Salju dan Ski Resort. Celakanya, banyak orang Indonesia yang tidak tahu bahwa di Arab juga ada salju dan ski resort. Dalam bayangannya, Arab pasti gurun, kering kerontang dan panas.

Emangnya Photo Ini Diambil Di Eropa
Jelas Tidak, Photo Ini Di Ski Resort Mount Lebanon

Photo photo dalam tulisan ini adalah pemandangan saat musim dingin di pegunungan negara negara Lebanon, Israel/Palestine, Syria dan ekor pegunungan berada di Jordan. Saya menyebut 'Negara' dalam tulisan ini, tapi harap jangan membayangkan luasnya seperti negara Indonesia. Israel/Palestina dan  Lebanon sangat kecil sekali, kira kira kalau di Indonesia setara dengan 2 atau 3 kabupaten saja. Syria dan Jordan memang lebih luas wilayahnya, tetapi daerah yang bergunung gunung tinggi luasannya relatif sama saja. Dan keempat negara tersebut dilalui pegunungan yang sama, tapi beda nama tergantung negaranya. 

Kalau Musim Panas,
Nggak Mungkin Ada Salju

Kalau terasa susah membayangkannya, kira kira seperti Pegunungan Bukit Barisan di Sumatera yang membentang dari utara sampai selatan melalui beberapa propinsi. Di empat negara Arab tersebut juga membentang pegunungan tinggi dari utara ke selatan sampai Dead Sea. Lihat Google Earth/Map.


Negara Arab Dan Sahara Jumlahnya Lebih Dari 30
Beberapa Negara Punya Gunung Tinggi Dan Bersalju

Saat musim dingin seperti sekarang ini, gunung gunungnya banyak yang bersalju. Ski Resort dengan hotel hotel bintang lima disana panen pengunjung. Karena lokasinya di Arab, bukan merupakan fenomena aneh kalau pengunjungnya banyak yang memakai pakaian tradisional Arab saat bermain salju. Kira kira sama dengan penduduk papua yang memakai koteka saat bermain salju di Puncak Jaya, atau orang Papua pakai sarung main salju di Cartenz. 

Golan Height
Israel Di Kejauhan Sana,
Kalau Malam Kelihatan Lampu

Orang Arab kalau rekreasi memang masih tetap memakai pakaian tradisionalnya. Nggak usah terlalu heran kalau ada photo orang Arab pakai pakaian tradisionalnya main lempar lemparan salju atau ada onta di salju. Pasti sedang berada di pegunungan ini.

Baca : Tempat Tempat Bersalju Dan Ski Resort Di Arab Dan Sahara


Proses Pembuatan Snowman, Eh Snowwomen Ding
Ini Salju Arab  Bulan February

Jauh dari Pegunungan Lebanon dan Golan Height ini juga ada  Pegunungan Atlas di Western Sahara - Afrika Utara. Kalau musim dingin juga bersalju dan ada ski resort disana. Negara negara di Sahara yang bersalju ini adalah Marocco, Tunisia dan Algeria. Tetapi tidak ada yang seheboh salju yang turun di kota Tabuk Saudi Arabia. 

Gimana Hasil Akhirnya
Snowwomen Ini Bikinnya
Pakai Salju Arab

Setiap tahun saat salju turun pertama kali dikota ini sekitar bulan Desember, koran koran di Indonesia dan penulis di internet hebohnya bukan main dan penuh dengan tulisan berjudul 'Fenomena Aneh'. Tetapi saat bulan February seperti sekarang ini, tidak ada satupun yang membuat tulisan tentang salju diatas Pegunungan Heejaz ini meskipun salju masih turun terus dan orang Arab masih bermain salju diatas gunung ditemani dengan ontanya. Bosen kaleee bikin tulisan heboh.

Silahkan baca juga tulisan heboh menyikapi salju yang turun di gunung kawasan ski resort dan kota sekitarnya melalui Mbah Google ini


Ski Dulu Di Kawasan Ski Resort
Sepanjang Pegunungan Israel
Lebanon/Syria


Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan menuliskan komentar dengan bahasa yang jelas, sopan dan beradab.