Senin, 18 November 2013

Wasmi Telah Tiba Di Kuwait

Setiap Tahun Kalau Hujan Turun Artinya
Sudah Memasuki Musim Dingin

Saat Musim Dingin Tiba
Orang Kuwait Menyebut Dengan
Istilah Wasmi
Orang Indonesia ditanah air banyak sekali yang pandai merangkai kata. Terutama antara bulan November - February selalu bertebaran tulisan tulisan unik Gathuk Mathuk bernada dakwah di internet. Coba anda cari tulisan  di google terutama tulisan tulisan di Republika Online. Setiap ada kejadian hujan apalagi sampai banjir, atau turunnya salju di salah satu negara Arab, selalu saja mengatakan Fenomena Aneh Dan Langka dan disangkut pautkan dengan "Tanda Tanda Datangnya Hari Kiamat". Kebanyakan penulis, wartawan dan saudara saudara saya di tanah air memang tidak tahu kalau di bumi Arab sini juga sering turun hujan lebat. Dan mereka tidak tahu juga di beberapa negara Arab juga rutin turun salju. Jangan langsung menuduh saya tidak percaya datangnya hari kiamat, baca dulu Tempat Tempat Bersalju Di Timur Tengah Dan Afrika Utara.


Bersih Bersih Di Marina Mall
Gentengnya Nggak Pernah Diuji Dengan Air
Jadinya Yan Bocor Saat Hujan Turun

Banjir Dimana Mana
Bukan Kejadian Aneh Dan Langka
Beberapa jam lalu Kuwait dilanda hujan lebat sekitar 4 jam. Datangnya hujan hari ini meleset satu hari dari ramalan cuaca versi US. Celakanya beberapa hari sebelum datangnya hujan lebat ini tersebar peringatan bahaya melalui facebook dan membuat panik seluruh pembacanya di Kuwait dan membuat geram pejabat di Kuwait seperti ditulis di Kuwait Times dibawah ini. Gimana tidak geram, yang tahu iklim dan cuaca Kuwait tentu orang Kuwait sendiri, kalau ada bahaya tentunya yang memberi peringatan pemerintah Kuwait. Apalagi, peringatan US tersebut dikeluarkan hanya beberapa hari setelah Philipine dilanda Typhoon Haiyan yang menewaskan banyak orang. Siapa yang nggak akan panik


Avenue Mall Banjir
Genteng Kacanya Bocor Nggak Pernah Diuji Sih
Lain Kali Siram Dengan Air Untuk Bukti Bocor Nggak

Awan Gelap
Tapi Hujan Biasanya Hanya
4 Hari Saja
“How come a country like the US issued such a warning without using their media networks and perhaps their government spokesperson ? Why use social media ?” asked Fintas Astronomical Observatory Director Adel Al-Saadoun, slamming the alleged Facebook forecast after no rain fell in Kuwait yesterday. “Don’t believe such rubbish. The fact is, yes, we will have rains starting tonight until Thursday or early next week. This season is called Wasmi in Kuwait – it usually lasts from Oct 15 to Dec 6. Nothing unusual, so I urge everyone not to panic,” he added. “Yes there will be thunderstorms and lightning, but it is nothing compared to the picture painted in the alleged US weather forecast. The period from October to December is the best season to plant vegetables and flowering house plants,” Saadoun noted.



Bakalan Di Jual Nih Mobil Mobil
Yang Terendam Air Ini

Avenue Mall Kuwait
Gentengnya Melorot Kali
Kok Air Bisa Masuk Mall
Jadi, Wasmi itu adalah saat datangnya hujan pertama kali sebagai pertanda masuknya musim dingin. Biasanya setelah hujan turun, maka temperatur udara akan turun terus dengan cepat sekali. Sebelum hujan turun kemarin temperatur udara masih sekitar 24 Deg C, tetapi saat hujan mulai reda sekarang ini udara sudah anjlok menjadi 16 Deg C. Perkiraan saya, minggu terakhir Desember - Awal January sudah dekat dengan 0 Deg C. Artinya, sepatu boot, jaket musim dingin, kaus tangan dan peralatan ski di gudang harus segera dibersihkan. Main Skinya bukan di Kuwait karena di Kuwait nggak ada gunung yang bersalju. Yang ada Ski Resort di pegunungan Lebanon, Turki, Palestine Israel dan Western Sahara. Di pegunungan Heejaz Saudi nggak ada ski resort, tapi salju yang turun di gunung ini selalu membuat sibuk wartawan dan pendakwah 'gathuk mathuk'. Asal tulis dengan judul bombastis, pokoknya heboh dan tiras penjualan naik.


Sopir Dodol Bukannya Menghindari Banjir
Eh Malah Milih Yang Paling Dalam

Berhenti Di Tengah Jalan
Eh Malah Main Main Hujan

Sukarelawan Berusaha Mengalirkan Air
Ke Gorong Gorong Yang Tersumbat

Bukan Cari Jalan Yang Kering
Eh Malah Gembira Ria Menerjang Air

Mogok Di Tengah Jalan
Makanya Jangan Nerjang Air Yang Dalam
Hormati Pejalan Kaki
Main Jet Ski Di Jalan Depan Rumah
Naik Ban Ditarik Mobil

7 komentar:

  1. :) :)
    Memangnya dalam setahun berapa hari Kuwait turun hujan yg cukup lebat?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setahun sekitar 10 hari hujan, satu atau dua hari sangat dears setelah itu hujan rintik rintik tapi nggak Berhenti sepanjang hari. Temperatur udara turun terus dan ini tanda ya masuk musim dingin. Nanti sekitar April banyak terjadi badai pasir, juga sekitar 10 hari sebagai tanda datangnya musim panas. Di negara yang punya gunung tinggi seperti Lebanon, Israel/Palestine,Turki, Algeria, Tunisia dll ski resort buka sekitar 3 bulan nonstop.

      Hapus
  2. kisah yg mencerahkan…mksih sdh berbagi…

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih kembali. Jangan terlalu sering baca Republika, wartawan nya nggak ada yang pernah ke Timur Tengah. Kalaupun ada, datangnya saat musim panas saja. Jadi kalau buat judul berita selalu bombastis dan menganggap fenomena aneh dan langka.

      Hapus
  3. kepingin liat ah,
    bener ini pengatuan baru buat saya.
    terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan berkecil hati. Umumnya orang indonesia di tanah air tidak tahu karena tiap hari dijejali berita copy paste dari wartawan yang tidak pernah ke Timur Tengah. Mereka juga sok pinter dan punya tujuan mulla berdakwah tentang tanda tanda kiamat. Tetapi keliru me ngambil contoh. Salju turun diatas gunung saat musim dingin dan hujan lebat menjelang musim dingin dijadikan acuan fenomena aneh dan langka. Ya nggak nyambung dong.

      Hapus

Silahkan menuliskan komentar dengan bahasa yang jelas, sopan dan beradab.