Senin, 29 Oktober 2012

Rumah Makan Rasa Setan Di Gunung Setan

De Duivelsberg Pannekoeken Restaurant
Ditengah Hutan Perbatasan Belanda - Jerman

RM Enak Murah Selalu
Dicari Meskipun Di Hutan
Yang namanya rumah makan enak, dimanapun letaknya akan selalu dicari orang, apalagi kalau murah. Di Indonesia, saya sering dapat informasi mengenai warung enak yang letaknya cukup sulit dijangkau seperti dikampung kampung, gang sempit, bahkan ada yang ditengah sawah. Kalau bisa menemukan lokasinya yang sulit atau terpencil dan bisa mencicipi masakannya, rasanya puas sekali dan plong. Tetapi itu dulu, waktu saya masih tinggal di Indonesia dan sering blusak blusuk keluar masuk kampung untuk mencari makanan enak, murah dan terkenal diantara pecinta kuliner di tanah air.


Jalan Menuju Ke Jerman
Selepas Kota Nijmegen
Sekarang, saya tidak di Indonesia lagi, sehari hari di Kuwait tetapi kesenangan mencari rumah makan enak masih terbawa bawa sampai saat ini. Bedanya, sekarang untuk mencari warung enak bisa sampai dimana saja diseluruh penjuru dunia tergantung siapa yang memberi informasi. Dan kali ini, warung enak yang saya maksud berada ditengah tengah hutan sekitar Nijmegen, Netherland. Nama rumah makan tersebut adalah De Duivelsberg Pannekoeken Restaurant, kira kira 120 Km dari Amsterdam dan tidak terlalu jauh dari perbatasan Jerman. 


Jalan Tanah Di Hutan Gunung Setan
Masih Terang Saat Mulai Masuk

Jalan Tanah Sempit Dan Gelap Total
Hanya Ada Dua Pilihan - Maju Terus Atau Kelaparan


Menunggu Makanan Datang
Dari Amsterdam, lokasi warung enak De Duivelsberg hanya bisa dicapai dengan mobil saja. Tidak ada transportasi umum yang bisa mencapai tempat ini karena ditengah tengah hutan belantara yang dilindungi (Cagar Alam - Protected Forest Area). Sewa mobil sangat dianjurkan kalau ingin mencoba warung enak ditengah hutan ini. Kira kira dua jam saja dari Amsterdam.. Kalau anda punya GPS, lokasi tepatnya adalah N.51" 40.138' E.005" 56.635'. Tanpa GPS, jangan harap anda bisa nyampai di rumah makan top ini. Modal yang anda perlukan cuma satu, "Nekat Demi Perut". Tanpa modal dasar ini sudah bisa dipastikan anda bakal kelaparan di jalan. Lokasi koordinat bisa anda cari dari GPS anda.


Hmmm Yummy
Baunya Uenak Bikin Tambah Lapar
Menu yang disajikan benar benar makanan tradisional Belanda yang bernama Pannekoeken, dan katanya Panenkoeken De Duivelsberg ini masih dibuat sesuai resep aslinya. Cara mengolah bahan juga diturunkan oleh nenek moyang dan leluhur bangsa Belanda jaman dulu. Pilihan jenis Panenkoeken sangat banyak dan beragam, mulai dari yang berisi buah buahan, jamur, keju sampai daging. Ternyata setelah saya coba, nggak rugi dan nggak nyesel sama sekali saya masuk hutan diperbatasan Belanda dan Jerman ini.



Ternyata Pengunjungnya
Banyak Meskipun Di Hutan
Kalau ditanya, apakah masih punya keinginan untuk kembali ke restaurant ini di kemudian hari ?. Ah rasanya nggak dulu deh. Saya kemarin datang ke restaurant ini karena tidak tahu arti Duivelsberg. Setelah saya sampai rumah, saya baru tahu artinya Gunung Setan. Orang Belanda sering mengatakan lokasi restaurant tersebut sebagai Devil's Mountain Of Nijmegen, karena terletak dekat dengan kota Nijmegen. Kalau tahu artinya Gunung Setan, nggak bakalan saya datang ke restaurant ini. Apalagi jalan menuju tempat ini melalui Kuburan Tentara (War Army Cemetary) juga. Konon  pada saat perang dunia II tahun 1940an, daerah ini merupakan tempat pertempuran sengit yang dikenal dengan Operation Market Garden dengan korban meninggal ribuan tentara lebih. Ceritanya ada di Jonkerbos War Cemetary Nijmegen, Groesbeek Memorial, dll.

Masih Gembira Karena Belum Tahu
Nama Lokasi Di Gunung Setan

Bagian Luar Rumah Makan
Gunung Setan (Duivelsberg)


Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan menuliskan komentar dengan bahasa yang jelas, sopan dan beradab.