Jumat, 05 Oktober 2012

Ngemut Simit Di Turki

Simit Asli Istanbul Turki
Seperti Donat Tetapi Kok Besar Sekali

Wong Ndeso
Mencoba Simit
Dibandingkan dengan orang Indonesia, orang Turki memang terlihat lebih besar dan gagah. Perawakan dan raut wajahnya merupakan percampuran antara Arab dan Eropa. Turki memang satu satunya negara yang wilayahnya separuh berada di Asia dan separuhnya lagi di Eropa. Soal ukuran badannya yang besar tadi, sebenarnya sejak awal saya sudah mengetahui dari melihat makanan tradisionalnya yang bernama Simit. Bentuknya seperti Donat, tetapi ukurannya sangat besar dengan lubang ditengah yang juga besar. Kira kira tangan orang dewasa Indonesia bisa masuk dan sangat menarik kalau dijadikan gelang tangan.


Simit Mewah Dijual Di Mall
Siapapun yang pertama kali melihat Simit dan menyaksikan cara menjualnya pasti tertarik untuk membeli. Ada yang dijual menggunakan kereta dorong, ada juga yang dijajakan dengan nampan besar dan diletakkan di kepala tetapi ada juga yang dimasukkan kedalam tongkat kayu sampai tinggi sekali. Alun alun didepan Aya Sophia dan Blue Mosque Istanbul merupakan salah satu tempat para pedagang menjajakan Simit kepada para turis. Tetapi, kalau ingin membeli Simit untuk dijadikan oleh oleh, juga tidak terlalu repot. Banyak sekali toko Simit di Istanbul, dan namanya Simit Sarayi (Istana Simit), ada juga yang bernama Simit Firini (Simit Dari Oven) dll.

Toko Oleh Oleh Simit Sarayi, Artinya :
Istana Simit
Photo : Internet (Unknown)

Soal rasa, hmm manis manis asin dan mirip dengan kulit Onde Onde karena ditaburi biji wijen. Sayangnya, kalau digigit, rasanya tidak seempuk Donat bahkan terasa sangat keras sekali. Tetapi bagi saya terasa luar biasa dan merupakan pengalaman yang lain daripada yang lain. Saat udara dingin dan sejuk seperti ini, ngemut Simit sepanjang jalan terasa nikmat sekali. Inilah pengalaman saya wisata sambil ngemut sepanjang jalan di Turki. Benar benar Kelas Dunia .....meskipun gigi sudah mulai ada yang lubang dan ompong dan tidak kuat lagi melawan kerasnya Simit.



Baca Juga :


1 komentar:

  1. Wkwkkwkw bwt nyumpel mulut adek kelas.

    Biasany klo ad temn turki le Indonesia suka bwa tuh. Klo ada adek kelas (mahasiswa umur 13 thn) dsumoelin aja byar gk ngoceh wkwkkw

    BalasHapus

Silahkan menuliskan komentar dengan bahasa yang jelas, sopan dan beradab.