Sabtu, 26 Januari 2008

Pasar Ikan Al Quds (Al Kouts)

Ikannya Besar
Penjualnya Ramah Ramah

Al Quds adalah pasar ikan yang terletak di pinggir pantai didaerah Fahaheel. Koordinat Lokasi adalah N 29* 05.542' - E 048* 08.495'. Dari rumah saya tidak terlalu jauh, cukup jalan kaki saja sekitar 500 meter. Setiap week end Jumat dan Sabtu, sekitar jam 7 sampai jam 9 adalah saat saat ramai pasar ini karena pada jam jam tersebut diadakan lelang ikan.




Lelang Ikan

Bayangan saya tentang pasar ikan tak jauh beda dengan anda, bau amis, kumuh, perahu nelayan bertebaran tidak teratur, dan lain sebagainya seperti di sepanjang pantai utara antara Surabaya - Cirebon atau ditempat lelang ikan di Tegal. Tetapi begitu pertama kali saya mengunjungi Pasar Ikan ini langsung saya kagum. Pantainya bersih dan tidak ada bau amis sama sekali, dan yang lebih membuat saya kagum, kapal nelayannya sangat 'sederhana' (kata nelayan Kuwait di pasar ikan) yaitu berupa yacht atau semacam kapal pesiar mewah di Indonesia.


Kapal Nelayan
'Sederhana' Di Kuwait

Harga ikan, udang, cumi cumi cukup murah apalagi kalau kita ikut beli di tempat pelelangan. Cuma kalau beli di pelelangan harus banyak, sekitar satu ember, biasanya kami patungan berlima untuk membeli satu ember ikan, setelah itu diapartement dibagi rata dan pesta pora masak ikan. (by: Ardi)