Minggu, 10 Mei 2020

Torino Italy Kota Kembarnya Yogyakarta


Pertigaan Jalan Iklannya Besar Besar
Mirip Pertigaan Demangan Yogya

Barangkali anda sering membaca ulasan majalah, koran atau televisi tentang kota Turin atau Torino, ibukota dari wilayah Piedmont Italy bagian utara. Hebat bukan ulasan media di Indonesia ?. Kenyataannya biasa biasa saja, sudah sering kita menyaksikan di tanah air dan tidak sehebat apa yang ditulis media di tanah air. Secara umum sebenarnya relatif sama dengan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Saya jelajahi hampir 150 Km, kira kira setara dengan jarak dari Adi Sucipto - Yogya - Magelang pp.  Tepatnya saya jelajahi mulai dari Turin International Airport - Turin - Cuorgne pp. Saya memang senang nyewa mobil dengan tujuan tidak jelas kemanapun saya suka.

Ini Pertigaan Jalan Di Turin Dekat Airport
Iklan Besar Kecil - Yang Penting Pemasukan

Sepanjang jalan yang bisa anda saksikan sama persis dengan apa yang sering anda saksikan di Magelang - Muntilan -Yogyakarta.  Ada gunung dan lembah di Cuorgne yang mirip dengan suasana di Muntilan. Rumah rumah disepanjang jalan mirip dengan di Indonesia, atapnya berbentuk trapesium atau limas menandakan daerah Turin banyak hujan. Setiap rumah ada pagarnya juga baik pagar besi, tembok maupun tanaman. Design pagar besi setiap rumah nggak ada bedanya dengan di Indonesia.

Iklannya Maju Sampai Ke Jalan
Ini Turin Guys

Tapi yang paling mirip adalah spanduk, banner, pamflet berbagai macam iklan yang jumlahnya setara atau bahkan jauh lebih banyak dari Yogyakarta. Sebelum saya berkunjung ke Turin, bayangan saya kota yang paling jorok banyak spanduk, pamflet dan banner iklan itu hanya Yogyakarta saja. Tapi sekarang pikiran saya berubah, ternyata Turin sama berantakannya dengan Yogyakarta masalah pemasangan papan iklan.

Tembok Tokopun Jadi Sasaran Iklan

Seandainya saya bisa bahasa Italy, iklan iklan yang dipasang sembarangan dengan berbagai macam ukuran dan bahan tersebut bisa jadi artinya 'Terima Kost Putri', 'Badut - Bisa Dipanggil', 'Ahli Bikin Sumur' , 'Ahli Sunat' dan lain lain. Iklan properti jelas banyak, Petunjuk ATM Bank, Bengkel mobil, Salon, Rumah Makan, Bimbingan Belajar dan masih banyak lagi. Pening saya baca iklan bertumpuk tumpuk disetiap persimpangan jalan dan disepanjang jalan.

Pemda Turin Kaya Raya Dari Iklan
Persis Yogyakarta

Kesannya memang jorok karena iklan dipasang sembarangan dengan ukuran besar sampai kecil. Ada yang dipasang di pohon, dinding toko, perempatan jalan, tiang listrik dan lain sebagainya. Susah saya menceritakannya, pokoknya sama joroknya dengan iklan iklan di Daerah Istimewa Yogyakarta.  Masih mending di Indonesia, banyak kota yang sudah mengenal tehnology TV Display besar yang di pasang di perempatan perempatan jalan untuk iklan.

Semrawut, Dimanapun Ada Tembok Atau Tiang
Bebas Dipasangi Iklan


Papan Nama Bengkel Service Sepeda Motor
Sama Dengan Yogyakarta


Ada Iklan Mirip Antangin Di Turin
Kuning Warnanya


Coba Hitung Ada Berapa Papan Iklan


Bentuk Rumah Mirip Di Indonesia
Ada Papan Iklan Besar


Ada Gang Buntu Juga Di Turin
Latar Belakang Gunung Seperti Muntilan


Setiap Pertigaan Ada Iklan


Rumah Dan Pagar Rumah Sama Dengan
Di Indonesia


Dari Jauh Saya Kira ATM BCA
Ternyata Ini Di Turin Italy


Iklan Lagi
Mungkin Iklan Cuci Mobil Dan Ganti Oli


Banyak Sekali  Iklan Dimana Mana
Ternyata Turin Sama Semrawutnya Dengan Yogya

Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan menuliskan komentar dengan bahasa yang jelas, sopan dan beradab.