Rabu, 27 September 2017

Toko Baru Murah Meriah Afkary Kuwait

Batu Kali Dijual Per Bungkus Isi 10 Biji
Dari China
Ada toko baru di daerah Al Rai, Kuwait, namanya Afkary Store. Tokonya sangat besar sekali dan sangat megah. Punya acount facebook dan instagram juga dengan nama @Afkaryexpo. Masuk ke toko ini, saya merasa sedemikian bangga sebagai bangsa Indonesia tapi juga merasa sedih. Saya bangga karena menyadari kekayaan alam Indonesia sedemikian besar.  Tapi saya juga sedih, rakyatnya tidak punya kemampuan memanfaatkan kekayaan alam tersebut seperti bangsa China.


Mereknya Tertulis Yantse Stone
Original Awas Produk Palsu

Orang orang China, datang jauh jauh dari negaranya untuk mempelajari barang apa saja yang tidak ada di Arab tetapi melimpah di China. Lalu berdagang, dijual semua kekayaan alamnya ke Arab. Orang Indonesia, sibuk demo berjilid jilid, datang ke Arab berkali kali tapi hanya fokus Umroh dan Haji saja. Tidak ada sedikitpu naluri untuk berdagang seperti orang China. Jangan kaget, produk China yang dijual di toko baru dan besar Afkary adalah :

Batu Kali
Dikantongi Kiloan

  • Batu Kali
    Di Arab tidak ada sungai sama sekali, jadi batu kali itu termasuk barang langka yang sulit ditemukan. Di Arab adanya cuma pasir melulu. Batu batu kali bulat ini dijual perkilo dengan kemasan cantik dan transparan. Di Indonesia, batu kali bulat seperti ini jualnya per gerobak atau per truk, bukan kiloan. Bisa kebayang kan, betapa mahalnya kalau seandainya saya ingin nguruk halaman rumah dengan batu kali satu truk.
Batu Gunung Dipecah Pecah Kecil
Jadinya Batu Geragal Untuk Bahan Bangunan
  • Batu Geragal
    Batu geragal itu sama saja dengan batu gunung yang diremuk jadi pecahan kecil kecil. Di Arab, bisa dikatakan tidak ada gunung berapi yang mengeluarkan bongkahan batu untuk dijadikan batu geragal. Di Indonesia batu geragal ini banyak dijual di toko bahan bangunan dan dijual per gerobak atau per truk juga. tetapi di Kuwait jualnya per kilogram. Capek deh, mau mbangun rumah tapi batu geragalnya harus diangkut satu per satu per kilogram.
Potongan Batang Pohon
Hanya Dipotong Tipis Tipis Tapi membuat Orang Arab
Terkagum Kagum

  • Potongan Ranting Pohon
    Di Indonesia, potongan ranting pohon dibuang dan dibakar. Di Arab, jenis pohon kebanyakan tidak punya ranting, contohnya pohon kurma, palem dan kaktus. Jadi, begitu orang Arab melihat ada toko menjual potongan ranting pohon per ikat, langsung diserbu dan larisnya bukan main.
Sampah Kayu
Hanya Diikat Dan Ditata Saja Sudah Jadi Karya Artistik
  • Gedek Bambu
    Orang Arab nggak pernah melihat Bambu.  Ketika bepergian ke China melihat ada orang jual Gedek Bambu, langsung diimport masuk ke Kuwait. Di Kuwait, gedek bambu tersebut naik pangkatnya dijual di toko Afkary.

Kayu Bekas Bongkaran Rumah
Dipotong Kecil Kecil Dan Laku Dijual di Arab

Sedih memang melihat kenyataan seperti ini. Kenapa orang Indonesia kok tidak ada yang mampu menganalisa pasar Arab dan tidak punya keberanian mengekspor batu kali dan sampah kayu seperti diatas. Indonesia punya banyak sekali sampah kayu, tapi cuma dibuang ke kali atau bahkan dibakar saja. Tapi nggak apa apa, meskipun saat ini bisanya cuman buang sampah ke sungai dan membakar kayu kayu di hutan, kenyataannya masih ada beberapa gelintir pengusaha Indonesia yang berani ekspor 'Arang' bekas kebakaran hutan seperti terlihat pada photo paling bawah.


Potongan Sampah Pohon
Daripada Dibuang Lebih Baik Dijadikan Tempat Lilin

Ranting Kayu Dijual per Ikat
Tali Ikatannya Sangat Bagus Dan Menarik

Pohon Tumbang, Batangnya Dipotong Potong
Dan Jadi Telenan Kayu


Contoh Pemanfaatan Sampah Kayu
Dijadikan Hasil Karya Yang Berguna

Sampah Potongan Kayu, Plastik Bekas
Semua Dijual Untuk Bahan Prakarya

Gedek Bambu Dan Krei Bambu
Naik Pangkat Dijual Di Toko Besar

Nah Ini Dia Jualan Orang Indonesia Di Arab
Arang Sisa Pembakaran Hutan

Baca Juga :



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan menuliskan komentar dengan bahasa yang jelas, sopan dan beradab.