Minggu, 16 April 2017

Flea Market Truro - Cornwall, United Kingdom

Flea Market Truro
Lokasi Di Lantai Dasar Hall Of Cornwall Truro

Saya seringkali merasa tertipu kalau mengunjungi berbagai macam obyek wisata di Eropa hanya berdasarkan informasi dari website, ulasan wartawan pariwisata atau photo photo yang bertebaran di internet. Definisi orang Indonesia dengan bule Eropa tentang 'obyek wisata' itu berbeda jauh sekali. Indonesia itu negara yang sangat besar dengan penduduk yang sangat banyak. Semua obyek wisata di tanah air seperti Candi, Pantai dan Pasar semuanya berukuran raksasa. Yang berukuran kecil tidak pernah dipromosikan sebagai obyek wisata karena dianggap bukan obyek wisata yang layak dijual..


6-10 PKL Dimasukkan Kedalam Gedung
Lalu Diberi Nama Flea Market


Saya ambil contoh kota Truro, Cornwall - United Kingdom. Saya mengunjungi sebuah Flea Market. Sebuah nama yang seringkali diucapkan oleh orang orang Indonesia ketika baru pulang dari luar negeri. Biasanya kalimat 'mbelgedes' yang sering diucapkan buat ngibul di tanah air adalah 'Wow keren, sempat ngunjungi Flea Market di kawasan Downtown kan mbak !!!'.  Bingung kan, kalau kawan sekantor yang biasanya selalu berbahasa Jawa tiba tiba bertanya dan kosa katanya bertambah dengan bahasa Inggris : Flea Market dan Downtown.

Website, Ulasan Dan Comment Di FB, Tweeter Dan Internet
Gombal Semua

Flea Market itu sebenarnya cuma pasar loak yang menjual berbagai macam barang bekas. Di Truro, Cornwall, lokasinya ditengah pusat keramaian kota Lemon Quay (biar keren sebut saja Downtown). Tepatnya di lantai dasar gedung Hall For Cornwall (HfC), semacam Balai Desa kalau di tanah air. Jumlah pedagangnya hanya sekitar 6 - 10 lapak saja dan menempati lantai seluas lapangan badminton. Bayangkan, 6 - 10 orang pedagang kaki lima tapi website dan brosurnya gegap gempita dimana mana terutama internet. Coba cari sendiri promosi Flea Market ini di mbah google, facebook, instagram atau Tweeter.


Lapak PKL Cuma 6 Pedagang Kira Kira
Layak Nggak Disebut Market ?

Sempat saya tanya salah satu pedagang didalam 'pasar pasaran' ini, berapa ongkos sewa lapak per mejanya ? Ternyata per hari harus bayar GBP 13 untuk dagang mulai jam 09:00 sampai jam 17:00. Cara sewanya susah nggak ?.  Bisa booking lapak lewat telpon atau click 'Buy Now' di websitenya Hall For Cornwall. Kalau sudah Sold Out berarti nggak kebagian lapak dan harus pilih hari yang lain. Wow..... jual lapak online, harus buruan nge'click' supaya bisa dapat tempat jualan. Pantesan tiap hari pedagangnya gonta ganti terus. Inilah kelebihan Pedagang Kaki Lima UK dibanding dengan Indonesia. Tapi bagaimanapun juga, lebih enak dagang di tanah air. Bebas buka lapak dimanapun juga, tinggal letakkan barang dagangan didepan rumah, lapangan Monas atau didepan Istana Negara juga bisa. 

Barang Bekas Mulai Dari Perhiasan Plastik Sampai
Barang Made In China


CD Bajakan, Video Format VHS, Floppy Disk
Sekrup, Baut dan Sticker


Koleksi Perangko, Uang Kuno Dan
Buku Bekas Juga Ada

Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan menuliskan komentar dengan bahasa yang jelas, sopan dan beradab.